Mufidah, Luluk (2015) The efforts of KH. M. Baidowi Muslich in developing education system at Pondok Pesantren Anwarul Huda Karangbesuki Sukun Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
11110126.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (16MB) | Preview |
Abstract
ENGLISH:
The presence of pondok pesantren for student’s university in Malang city has strategic impact, because student is the next generation of a nation and the leader of tomorrow. They have to get intellectual and morality guiding. Kyai is giving big effect in the process of developing pondok pesantren. Kyai have to be wise, general overview thinking in many aspect of life. The role of kyai will be a measurement for the progression of pondok pesantren. Based on that background, the formulation problems are (1) What are the backgrounds of KH. Muhammad Baidhowi Muslich in developing education system at Pondok Pesantren Anwarul Huda Karangbesuki Sukun Malang and (2) What are the forms of educational development conducted by KH. M. Baidhowi Muslich in Pondok Pesantren Anwarul Huda Karangbesuki Sukun Malang? (3) How is the curriculum of education at Pondok Pesantren Anwarul Huda ?
The purpose of this research is knowing the efforts of KH. M. Baidowi Muslich in developing education system at pondok pesantren Anwarul Huda Karangbesuki Sukun Malang.
This research uses qualitative approach, the type of data is primary and secondary data. Collecting data method are observation, interview and documentation. And the data analyses are data reduction, display data and verification
The conclusion of this research are (1) the motifs of KH. M. Baidowi Muslich to builds pondok pesantren is to create human ibadurrochman (2) ibadurrochman character guidance implemented into the purposes of pondok pesantren, the lesson matter, learning strategies and evaluation system at Pondok Pesantren Anwarul Huda. (3) The hidden curriculum at PPAH implemented in the student daily activity.
The suggestion in this research are (1) for pondok pesantren in general have to make preparation to face the raising student interest to learn in pesantren (2) for PPAH and The Leader of PPAH, they have to always make innovation in process of faith (3) santri PPAH who have commitment in order to have desire and obedient the role of pondok pesantren.
INDONESIA:
Kehadiran pondok pesantren yang diperuntukkan bagi mahasiswa di Kota Malang memiliki peran strategis bagi mahasiswa, karena mahasiswa merupakan generasi penerus bangsa dan calon pemimpin masa depan yang harus mendapatkan bimbingan dan binaan baik dari segi intelektualitas dan moralitas. Berkembangnya pondok pesantren tidak terlepas dari peran Kyai. Kyai di tuntut memiliki kebijaksanaan, wawasan, dan terampil baik dalam menyatakan sikap maupun pandangan. Peran kyai merupakan tolok ukur keberhasilan di sebuah pesantren. Berdasarkan latar belakang tersebut, masalah-masalah dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut; apakah latar belakang KH. M. Baidowi Muslich dalam mengembangkan pendidikan di Pondok Pesantren Anwarul Huda dan bagaimanakah bentuk pengembangan pendidikan yang dilakukan oleh KH. M. Baidowi Muslich di Pondok Pesantren Anwarul Huda.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan oleh KH. M. Baidowi Muslich dalam mengembangkan system pendidikan di Pondok Pesantren Anwarul Huda Karangbesuki Sukun Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data dilakukan dengan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Latar belakang KH. M. Baidowi Muslich mendirikan pondok pesantren adalah untuk mencetak generasi-generasi ibadurrochman (2) pembinaan karakter ibadurrochman pada santri diimplementasikan oleh KH. M. Baidowi Muslich dalam tujuan pendidikan, materi pembelajaran, strategi pembelajaran dan system evaluasi di Pondok Pesantren Anwarul Huda. (3) kurikulum yang tidak nampak di tunjukkan dalam kegiatan harian santri.
Saran dalam penelitian ini adalah (1) bagi pondok pesantren secara menyeluruh harus menyiapkan diri untuk menghadapi meningkatnya minat untuk belajar di pesantren (2) untuk PPAH dan Pengasuh harus senantiasa melakukan inovasi dalam membina akhlak santri dan masyarakat sekitar pondok pesantren (3) Santri yang tinggal di pesantren harus yang benar-benar berkomitmen agar memiliki kemauan untuk taat dan patuh terhadap seluruh peraturan pesantren.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Kawakip, Akhmad Nurul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | KH. M. Baidowi Muslich; Pengembangan Pendidikan Pondok Pesantren; Education development of Pondok Pesantren | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 25 Jun 2016 13:13 | ||||||
Last Modified: | 17 Jul 2023 09:45 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/2978 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |