Penerapan sikap sosial tanggungjawab pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII di MTsN Tumpang Kabupaten Malang

Aini, Septia Nur (2015) Penerapan sikap sosial tanggungjawab pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII di MTsN Tumpang Kabupaten Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
11130015.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Sikap tanggungjawab merupakan salah satu sikap sosial yang harus ditanamkan kepada siswa sesuai dengan tujuan pendidikan yang tidak hanya mempelajari ilmu pengetahuan saja, tetapi juga membangun karakter. Sikap tanggungjawab juga telah tercantum dalam kurikulum pendidikan yang termasuk dalam sikap sosial. Sikap sosial tanggungjawab adalah sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial, dan budaya), negara, dan Tuhan Yang Maha Esa. Penerapan sikap sosial dapat diintegrasikan dengan kegiatan belajar-mengajar di sekolah, salah satunya melalui pembelajaran IPS terpadu.

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui upaya guru dalam menerapkan sikap sosial tanggungjawab pada siswa kelas VII-A pada mata pelajaran IPS terpadu di MTsN. Tumpang Kabupaten Malang, (2) mengetahui penerapan sikap sosial tanggungjawab siswa kelas VII-A di MTsN. Tumpang Kabupaten Malang.

Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Instrumen kunci adalah peneliti sendiri, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data dan menarik kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) upaya yang dilakukan guru untuk menerapkan sikap sosial tanggungjawab siswa adalah dengan pendekatan persuasif yakni memberikan nasihat-nasihat yang dipadukan dengan materi IPS yang sedang dipelajari, pemberian tugas-tugas pelajaran dan non pelajaran, pemberian hukuman atau sanksi untuk siswa yang tidak bertanggungjawab melaksanakan tugasnya yang diharapkan dapat memberikan efek jera(2) penerapan sikap sosial siswa kelas VII-A sudah bagus dan tergolong tinggi, faktor yang diakui oleh siswa yang sangat mempengaruhi pembentukan sikap tanggungjawab adalah pembiasaan di sekolah yakni adanya tugas-tugas, nasihat dari guru yang dipadukan dengan materi pelajaran, dan adanya hukuman ketika tidak bertanggungjawab membuat siswa termotivasi untuk lebih bertanggungjawab.

ENGLISH:

The attitude of responsibility is one of the social attitudes that should be imparted to the students according to the educational goals not only learn science, but also builds character. The attitude of responsibility have also been included in the education curriculum are included in social attitudes. Social responsibility attitude is the attitude and behavior of people to carry out his duties, he should do, to ourselves, community, environment (natural, social, and cultural), country, and God Almighty. Implementation of social attitudes can be integrated with teaching and learning activities in schools, one of them through learning integrated social sciences.

The purpose of this study was to: (1) know the efforts of teachers in implementing socially responsible attitude to student in class VII-A in social studies integrated in MTsN.Tumpang Malang regency, (2) know application of social responsibility attitudes student of class VII-A in MTsN.Tumpang Malang regency.

To achieve the above objectives, the study used a qualitative approach with descriptive type. The key instrument is the researcher himself, and data collection techniques are observation, interview, and documentation. Data were analyzed by reducing irrelevant data, presented data and draw conclusions.

The results showed that: (1) the efforts of teachers to implement social attitudes responsibility of the student is the persuasive approach of providing advice, combined with the material IPS being studied, assignments teaching and non-teaching, punishment or sanctions for students who are not responsible for carrying out duties that are expected to provide a deterrent effect (2) the application of social attitudes class VII-A is good and relatively high, a factor recognized by students who greatly influence the formation of responsibility attitudes is the habituating of assignment in the class or out of class, giving an advice are integrated with lesson section, and there are punishment for the students who not responsible with their assignment, so it was make the students more to motivate their responsibility better.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Susilawati, Samsul
Keywords: Sikap Sosial Tanggungjawab; IPS Terpadu; Attitudes Social Responsibility; Integrated Social Sciences
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Indar Erdiana
Date Deposited: 25 Jun 2016 06:24
Last Modified: 25 Jun 2016 06:24
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/2968

Actions (login required)

View Item View Item