Strategi guru dalam penanaman nilai-nilai keagamaan sebagai upaya pembinaan akhlakul karimah siswa di Gondanglegi Malang

Maryati, Sri (2016) Strategi guru dalam penanaman nilai-nilai keagamaan sebagai upaya pembinaan akhlakul karimah siswa di Gondanglegi Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
11110056.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (17MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Munculnya fenomena tentang menurunnya kualitas akhlak dimana-mana, seperti perampokan, pemerkosaan, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu semakin berkembangnya ilmu pengetahuan yang disalah gunakan menjadi pemicu kejahatan lainnya. Dengan perkembangan tersebut menimbulkan dampak yang sangat berpengaruh terutaman dampak negative bagi semua kalangan. terutama untuk para siswa. Dalam mengatasi hal tersebut dibutuhkan strategi yang sesuai dan efektif. Di MAN Gondanglegi Malang guru telah melakukan strategi guna untuk menanamkan nilai-nilai keagamaan mecapai tujuan dari pembinaan akhlakul karimah.

Rumusan masalah penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana strategi penanaman nilai-nilai keagamaan dalam upaya pembinaan akhlakul karimah siswa di MAN Gondanglegi Malangi?, 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat strategi penanaman nilai-nilai keagamaan dalam upaya pembinaan akhlakul karimah siswa di MAN Gondanglegi Malang?,

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan (1) Wawancara, (2) Observasi, (3) Dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan tiga tahap analisis yaitu (1) Reduksi data, (2) Penyajian data, (3) Penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data penulis menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi dan pengecekan teman sejawat.

Adapun hasil penelitian yang telah dicapai oleh peneliti adalah: (1) Startegi yang digunakan dalam penerapan nilai-nilai keagamaan di MAN Gondanglegi Malang yaitu Pembiasaan, Metode uswah (keteladanan), Strategi Koreksi dan Pengawasa dan Metode tsawab (Hukuman). (2) Beberapa faktor pendukung penerapan strategi nilai-nilai keagamaan dalam upaya pembinaan kahlakul karimah siswa di MAN Gondanglegi Malang, diantaranya: Adanya visi dan misi yang jelas dari MAN Gondanglegi, Kerjasama yang terjalin antara sesama guru di sekolah serta sarana dan prasarana yang sudah memadai. Adapun kegiatan yang menunjang dalam pembinaan akhlakul karimah siswa di MAN Gondanglegi Malang antara lain shalat berjamaah khususnya shalat dhuhur dan shalat dhuha disetiap hari jumat, pemberian kultum ketika shalat jamaah, Standar kompetensi ubudiyah berupa buku kompetensi kecakapan membaca surah pendek dan doa, do’a-do’a, Melakukan kegiatan BTQ (Baca Tulis Qur’an) dan Mengadakan istighasah, tahlil, Pengajian Riyadhul Jannah (RJ). Sedangkan faktor penghambatnya adalah Keterbatasan waktu yang ada, Latar belakang dari setiap siswa yang berbeda-beda. sehingga sulit untuk menanamkan nilai-niai keagamaan kedalam hati, Kurang adanya keseimbangan antara lingkungan sekolah, lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat sehingga mengakibatkan tidak terimplementasikannya penanaman nilai-nilai keagamaan yang diterapkan disekolah serta Keadaan siswa yang bervariasi. Adapun solusi yang diambil untuk mengatasi hambatan dalam pelaksanaan strategi penanaman nilai-nilai keagamaan sebagai upaya pembinaan akhlakul karimah siswa yaitu: Memberikan penjelasan tentang baik buruknya tindakan yang akan diambil oleh siswa dan Membekali siswa tidak hanya pengetahuan tetapi juga pendidikan moral.

ENGLISH:

The emergence of the phenomenon of the declining quality of morality is in everywhere, such as robbery, rape, and etc. Hence the misused growing knowledge becomes other crimes. These developments result in a very influential especially negative impact for all people. especially for the students. In addressing, required appropriate and effective strategies. MAN Gondanglegi Malang teacher has been pursuing a strategy in order to instill religious values ​​to achieve the goal of coaching akhlakul karimah.

The research problems are: 1) How does the strategies religious values development ​​in students 'development efforts of akhlakul karimah in MAN Gondanglegi Malang?, 2) What are the supporting and planting factors of religious values strategies ​​in students' development efforts of akhlakul karimah in MAN Gondanglegi Poor?,

This study used a qualitative approach with descriptive methods. Data collection technique used (1) interview, (2) observation, (3) Documentation. While the data analysis used descriptive analysis with three stages of analysis: (1) data reduction, (2) Presentation of data, (3) Withdrawal conclusion. To check the validity of the data the author used observations persistence, triangulation and checking peers.

The research results had been achieved by researcher were: (1) Strategy used in the application of religious values ​​in MAN Gondanglegi Malang, namely habituation, uswah method (exemplary), and Correction Strategies and Methods tsawab (Punishment). (2) Some of the supporting factors of the implementation strategy of religious values ​​in development efforts of akhlakul karimah of students at MAN Gondanglegi Malang, included: The existence of a vision and a clear mission of MAN Gondanglegi, cooperation that existed among teachers in the schools and adequate facilities , The activities that support the development of akhlakul karimah of students in MAN Malang Gondanglegi , these were prayers together, especially prayers dhuhur and prayer Duha every Friday, giving Kultum when praying, ubudiyah competency standards in the form of skills competency book reading short chapters, prayers, conducting BTQ (Read and Write Al-Quran) and holding istighasah, tahlil, Riyadul Jannah grouping (RJ), and prayer Duha at Friday. While inhibiting factor was the limitation of the time, The different background of each student. so it was difficult to instill the religious values into the heart, less balance between school environment, family and community environment were not implemented the planting of religious values ​​that applied in school and students' varying circumstances. The solution was taken to overcome obstacles in the implementation of the strategy of religious values development ​​as development efforts of akhlakul karimah students were: to provide an explanation of the bad and good action to be taken by the students and equip students, not only in knowledge but also moral education.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Yasin, Ahmad Fatah
Keywords: Strategi Guru; Penanaman; Nilai-nilai Keagamaan; Akhlakul Karimah;
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Heni Kurnia Ningsih
Date Deposited: 25 Jun 2016 06:07
Last Modified: 25 Jun 2016 06:07
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/2963

Actions (login required)

View Item View Item