Responsive Banner

Manajemen pengembangan kurikulum mata pelajaran IPS di MTs Negeri Blitar

Mengke’pe’, Amy Dara Istikoma (2015) Manajemen pengembangan kurikulum mata pelajaran IPS di MTs Negeri Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
11130005.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Masalah manajemen pengembangan kurikulum dipandang sebagai suatu tindak profesional di mana dalam pengembangan kurikulum diperlukan suatu keahlian manajerial. Keahlian manajerial diartikan sebagai kemampuan untuk merencanakan, mengorganisasi, mengelola, dan mengontrol kurikulum. Dengan pengelolaan manajemen yang baik maka akan berdampak terhadap keberhasilan dalam pelaksanaan kurikulum itu sendiri. Sehingga dalam mengembangkan kurikulum di sekolah diperlukan pengelolaan sistem manajemen yang baik.

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan proses perencanaan pengembangan kurikulum di MTs Negeri Blitar, (2) mendeskripsikan proses pengorganisasian pengembangan kurikulum Mata Pelajaran IPS di MTs Negeri Blitar, (3) mendeskripsikan proses penyusunan staf pengembangan kurikulum Mata Pelajaran IPS di MTs Negeri Blitar, (4) mendeskripsikan proses implementasi pengembangan kurikulum Mata Pelajaran IPS di MTs Negeri Blitar,
(5) mendeskripsikan proses kontrol pengembangan kurikulum Mata Pelajaran IPS di MTs Negeri Blitar.

Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Instrumen kunci adalah peneliti sendiri, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data dan menarik kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses perencaaan pengembangan kurikulum di MTs Negeri Blitar dilaksanakan dengan menetapkan tujuan yang ingin dicapai dengan berdasarkan visi dan misi madrasah serta mempertimbangkan aspek perkembangan Ilmu Pengetahuan dan teknologi dan dalam proses perencanaan ini juga melibatkan komite sekolah dan stake holder; (2) proses pengorganisasian pengembangan kurikulum mata pelajaran IPS di MTsN Blitar melalui dua pendekatan yaitu dalam konteks manajemen maupun dalam konteks akademik; (3) proses penyusunan staf pengembangan kurikulum mata pelajaran IPS di MTsN Blitar melalui proses penunjukan langsung oleh Bapak Kepala Madrasah; (4) proses implementasi pengembangan kurikulum mata pelajaran IPS di MTsN Blitar mengalami berbagai hambatan di antaranya adalah masalah kualitas SDM, waktu yang diperlukan untuk proses pengembangan, dan penetapan pelaksanaan kurikulum yang baru yaitu kurikulum 2013 yang akhirnya berimbas pada ketersediaan bahan ajar berupa buku yang masih kurang memadai serta intensitas pertemuan anggota tim MGMP Lokal Madrasah untuk melakukan musyawarah yang belum maksimal; (5) proses kontrol pengembangan kurikulum mata pelajaran IPS di MTsN Blitar dilakukan secara langsung maupun tidak langsung. Secara langsung adalah melalui pembinaan yang dilakukan oleh Bapak Kepala Madrasah, sedangkan secara tidak langsung adalah dengan melihat hasil evaluasi yang diadakan sebelum membuat perencanaan untuk tahun yang akan datang.

ENGLISH:

Problem about curriculum development management is viewed as an acts professional whereabouts in curriculum development is required a manajerial's membership. Membership in manajerial constitutes an ability to plot, organize, bring off, and controls curriculum. Bringing off management with every consideration, will impacted to success in curriculum implementation. So in develop curriculum at schooled needed to manage the good system management.

The purpose of this study was to: (1) describe the planning process in curriculum development in MTsN Blitar, (2) describe the organizing process in curriculum development Social Sciences Lesson in MTsN Blitar, (3) describe the staffing process in curriculum development Social Sciences Lesson in MTsN Blitar, (4) describe the implementation process in curriculum development Social Sciences Lesson in MTsN Blitar, (5) describe the control process in curriculum development Social Sciences Lesson in MTsN Blitar.

To achieve the above objectives, the study used a qualitative approach with descriptive type. The key instrument is the researcher himself, and data collection techniques are observation, interview, and documentation. Data were analyzed by reducing irrelevant data, presented data and draw conclusions.

The results showed that: (1) the planning process curriculum development is done with establish aim that wants to be reached bases madrasah's vision and mission and regards Science And Technology developing aspect and deep this planning process also involve school's committee and stake holder; (2) the organizing process in curriculum development Social Sciences Lesson in MTsN Blitar via two approachings which is in the context managements and also in the context academic; (3) the staffing process in curriculum development Social Sciences Lesson in MTsN Blitar via direct pointing process by principal of Madrasah; (4) the implementation process in curriculum development Social Sciences Lesson in MTsN Blitar experiences various interference amongst those is SDM'S quality problem, time required just for development process, and curriculum performing establishment a new one which is curriculum 2013 eventual ones get glimpses on availibility of material teaches as book that stills reducing be equal to and membered appointment intensity of the team MGMP Local for Madrasah to do deliberation that was not maximal; (5) the control process in curriculum development Social Sciences Lesson in MTsN Blitar done directly and also indirect. Directly is pass through construction that did by principal Madrasah, meanwhile at second hand is with see arranged evaluation result before blocking out for next year.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Padil, Moh
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDPadil, MohUNSPECIFIED
Keywords: Manajemen Pengembangan Kurikulum; Mata Pelajaran IPS; Curriculums Developmental Management; Social Sciences
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Indar Erdiana
Date Deposited: 25 Jun 2016 13:07
Last Modified: 25 Jun 2016 13:07
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/2957

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item