Nordiansyah, Mochammad Revandi (2021) Pengembangan modul pembelajaran PAI dan Budi Pekerti menggunakan media flipbook aplikasi Kvisoft Flipbook Maker untuk meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 06 Dau-Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
14110178.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pengembangan modul pembelajaran PAI dan Budi Pekerti berbasis Flibook aplikasi Kvisoft Flipbook Maker ini didasarkan pada hasil observasi dan wawancara peneliti pada saat sesi microteaching atau magang yang menunjukkan bahwa penyampaian materi mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti hanya berfokus pada ceramah satu arah antara guru dan murid. Hal tersebut mencerminkan bahwa pemanfaatan teknologi dan keterlibatan media elektronik belum terlalu diperhatikan dalam mata pelajara ini. Padahal, mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti adalah mata pelajaran penting yang membutuhkan High-Order thinking dalam menginternalisasikan nilai-nilai yang diajarkan dalam mata pelajaran tersebut. Di sini lah peneliti melihat bahwa mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti juga membutuhkan keterlibatan inovasi desain yang memfasilitasi imajinasi siswa untuk mendukung ketercapaian kompetensi pembelajaran.
Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Metode penelitian dan pengembanga (Research and Development) adalah sebuah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan suatu produk atau menyempurnakan produk yang sudah ada sehingga dapat dipertanggungjawabkan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh dari angket yang diberikan kepada siswa dan hasil pre-test & post-test siswa. Penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif untuk mengukur persepsi modul terhadap mahasiswa dan hasil belajar siswa SMP. Berdasarkan hasil analisis angket penilaian siswa terhadap modul, siswa menilai bahwa modul ini cukup sesuai dengan bahan ajar hasil pengembangan. Hasil ini dilihat dari tingkat kevalidan bahan ajar hasil pengembangan sebesar 70%. Berdasarkan analisis hasil belajar melalui pretest dan posttest, dihasilkan nilai rata-rata pretest sebesar 48.8 (17% siswa memenuhi batas ketuntasan) dan nilai rata-rata posttest sebesar 68.7 (43% siswa memenuhi batas ketuntasan). Hasil analisis paired sample t-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan (t[29] = -9.9; p < .001) antara nilai hasil pretest (M = 48.8; SD = 15.57) dan nilai hasil posttest (M = 68.7; SD = 9.43. Kesimpulannya, modul yang digunakan oleh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 06 DAU - Malang efektif dan berkontribusi pada peningkatan hasil belajar siswa.
ENGLISH:
The development of PAI and Character learning modules based on the Kvisoft Flipbook Maker application is based on the results of observations and interviews of researchers during microteaching sessions or internships which show that the delivery of PAI and Character subject matter only focuses on one-way lectures between teachers and students. This reflects that the use of technology and the involvement of electronic media have not been given too much attention in this subject. In fact, PAI and Character subjects are important subjects that require High-Order thinking in internalizing the values taught in these subjects. This is where the researchers see that PAI and Character subjects also require the involvement of design innovations that facilitate students' imaginations to support the achievement of learning competencies.
In this study using research and development methods (Research and Development). The research and development method (Research and Development) is a research method used to produce a product or improve an existing product so that it can be accounted for. The type of data used in this research is quantitative data. Quantitative data were obtained from questionnaires given to students and the results of students' pre-test & post-test. This study uses descriptive statistical analysis to measure the module's perceptions of students and junior high school students' learning outcomes. Based on the results of the student assessment questionnaire analysis of the module, students assessed that this module was sufficiently in accordance with the teaching materials developed. This result is seen from the level of validity of teaching materials developed by 70%. Based on the analysis of learning outcomes through the pretest and posttest, the resulting pretest average score was 48.8 (17% of students met the completeness limit) and the posttest average score was 68.7 (43% of students met the completeness limit). The results of the paired sample t-test analysis showed that there was a significant difference (t [29] = -9.9;
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Marno, Marno | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Modul Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti; Flipbook Media; Prestasi Belajar | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Mochammad Revandi Nordiansyah | ||||||
Date Deposited: | 21 Jul 2021 14:57 | ||||||
Last Modified: | 21 Jul 2021 14:57 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/29482 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |