Umalee, Miss Hureeyah (2015) Proses pembelajaran fiqih di Kelas II MTs Ma’had Al-Khairiyah: Sekolah Phattana Islam Wittaya Yala, Thailand Selatan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10110277.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (14MB) |
Abstract
INDONESIA:
Pembelajaran fiqih tidak hanya sebatas pengetahuan dan pemahaman saja, tetapi dituntut pula untuk mengamalkan bahkan sebagian materi wajib dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian siswa dalam menerima pengalaman belajar serta mendalami materi-materi pengajaran banyak membutuhkan hal-hal, kejadian-kejadian pengalaman lansung, mudah diamati dan langsung dihadapi sehingga pengalaman-pengalaman tersebut akan lebih mengesan dan mudah dipahami. Sehingga interaksi belajar mengajar tidak hanya dengan metode ceramah saja, tetapi disesuaikan dengan materi dan kebutuhan untuk pencapaian tujuan seorang guru dalam memilih dan menerapkan strategi pembelajaran. Sehubungan dengan hal tersebut seorang guru di dalam menerapkan strategi pembelajaran harus memperhatikan komponen-komponen pembelajaran yang lainnya.Komponen-komponen pembelajaran tersebut meliputi tujuan, materi, metode, pendekatan serta system evaluasi pembelajarannya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran Fiqih di kelas II MTs Ma’had Al-Khairiyah (Sekolah Phattana Islam Wittaya) Yala, Thailand Selatan, (2) mengetahui hasil pembelajaran Fiqih di kelas II MTs Ma’had Al-Khairiyah (Sekolah Phattana Islam Wittaya) Yala, Thailand Selatan, dan (3) mengetahui faktor penghambat dan solusi dari faktor penghambat dalam proses pembelajaran Fiqih di kelas II MTs Ma’had Al-Khairiyah (Sekolah Phattana Islam Wittaya) Yala, Thailand Selatan.
Untuk mengetahui tujuan diatas, digunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi.Data yang dapat dianalisis selama pengumpulan data berlangsung, dan setelah sumua data terkumpul, membuat laporan penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) dalam proses pembelajaran fiqih di kelas II MTs Ma’had Al-Khairiyah (Sekolah Phattana Islam Wittaya) Yala, Thailand Selatanterdiri dari: (a) perencanaan, karena sebelum malaksanakan pembelajaran di kelas, guru harus membuat perencannaan mengajar untuk mempermudah dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan, dan (b) pelaksanaan, karena pelaksanaan merupakan aplikasi dari perencanaan yang telah dibuat oleh guru sebelumnya. Dalam pelaksanaan pembelajaran guru menggunakan metode bervariasi, (2) hasil pembelajaran fiqih di kelas II MTs Ma’had Al-Khairiyah (Sekolah Phattana Islam Wittaya) Yala, Thailand Selatan sudah tergolong bagus karena karena guru di dalam menerangkan materi pelajaran mudah dipahami oleh para siswa. Selain itu guru didalam menjelaskan pembelajaran dengan suara yang lantang, dan (3) faktor penghambat dan solusi dari faktor penghambat dalam proses pembelajaran fiqih di kelas II MTs Ma’had Al-Khairiyah (Sekolah Phattana Islam Wittaya) Yala, Thailand Selatan adalah (a) siswa, karena buku pengantar yang menggunakan bahasa Arab membuat siswa yang tidak minat bahasa Arab kurang memperhatikan karena sulit memahami dan solusinya adalah guru menyuruh siswa untuk belajar di rumah sebelum mata pelajaran diberikan, guru memberikan motivasi kepada siswa untuk lebih giat belajar bahasa asing, dan guru menggunakan media audio visual. (b) waktu, kurangnya alokasi waktu juga merupakan faktor penghambat dalam pembelajaran fiqih karena dalam penyampaian pelajaran fiqih itu dibutuhkan penjabaran yang luas dan terperinci, solusinya adalah dengan mengadakan jam ekstra atau tambahan di hari libur, yaitu hari sabtu.
ENGLISH:
Learning of fiqh is not only about knowledge and understanding of the course, but demands demanded to practice even some material that must be carried out in everyday life. Thus, students in a learning experience as well steeped receive teaching materials need a lot of relevant, incidents of direct experience, easily observed and immediately faced so that these experiences will be the detection and easy to understand. For the teaching and learning interactions is not only with the lecture method, but adapted to the material and the need for the purpose of achievement the selected teacher in implementing learning strategies. Relative to the teacher in implementing learning strategies must consider the components of learning others. Learning component including objectives, materials, methods, approaches and learning evaluation system.
The pupose from this thesis are : (1) determine the implementation of Fiqh learning Class II MTs in Ma'had Al-Khairiyah (Phattana Islam Wittaya School) Yala, Southern Thailand, (2) determine the fiqh learning Class II MTs in Ma'had Al-Khairiyah (Phattana Islam Wittaya School) Yala, Southern ThailandClass II MTs in Ma'had Al-Khairiyah (Phattana Islam Wittaya School) Yala, Southern Thailand, and (3) determine a limiting factor and solution of inhibiting factors in the fiqh learning process Class II MTs in Ma'had Al-Khairiyah (Phattana Islam Wittaya School) Yala, southern Thailand.
To determine these objectives, qualitative research used descriptive research, the research procedure that produces descriptive data in the form of words written or spoken of people and behaviors that can be observed. Data collection techniques used were interviews, observation, and documentation. Data that can be analyzed for data collection takes place, and after all the data collected, a research report can be made.
The results of this research shows that : (1) in the learning process of fiqh class II MTs in Ma'had Al-Khairiyah (Phattana Islam Wittaya School) Yala, Southern Thailand consists of : (a) planning, the reason is that before acted upon learning in the classroom, the teacher should make lesson plan to facilitate in achieving the learning objectives that have been set, and (b) conducted, because the implementation of a planning application that was created by the previous teacher. In the implementation of teacher learning using various methods, (2) determine the learning of fiqh class II MTs in Ma'had Al-Khairiyah (Phattana Islam Wittaya School) Yala, Southern Thailand has been quite good because as a teacher in explaining the subject matter can easily understood by the students. Besides, the teachers explain learning in a loud voice, and (3) inhibiting factors and solutions of inhibiting factors in the learning process of fiqh class II MTs in Ma'had Al-Khairiyah (Phattana Islam Wittaya School) Yala, southern Thailand are : (a) students, as an introduction of a book that uses the Arabic language students who did not make the Arabic less interesting less attention because it is difficult to understand and the solution is that the teacher asks the students to study at home before subjects are given, teachers motivate students to be more active in learning foreign language, and teachers use audio-visual media. (b) duration, the lack of time allocation is also an inhibiting factor in learning the lessons of fiqh for the delivery of fiqh was needed extensive and detailed for elaboration, the solution is to conduct extra hours or extra holidays, which is Saturday.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Padil, Moh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Proses pembelajaran; Fiqih; Ma’had Al-Khairiyah; Learning process; Fiqh; Ma’had Al-Khairiyah | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 25 Jun 2016 13:09 | ||||||
Last Modified: | 25 Jun 2016 13:09 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/2946 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |