Heemboo, Muhammad Paosee (2015) Desain pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Ma’had Darul Ma’arif Patani Thailand Selatan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10110274.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan agama Islam berusaha secara maksimal untuk menentukan kepribadian siswa berdasarkan ketentuan-ketentuan yang telah digariskan dalam Al-Qur`an dan As-Sunnah. Hal ini berarti bahwa pendidikan agama Islam memerlukan metode pembelajaran yang cocok dan harus mendapat perhatian serius dari para guru agama karena memiliki pengaruh yang sangat berarti atas keberhasilannya. Dalam mentransfer pengetahuan agama kepada siswa dibutuhkan desain atau metode pembelajaran agar para siswa mampu menangkap pesan yang hendak disampaikan. Karena pentingnya pembelajaran agama Islam di Pattani, memperhatikan desain pembelajaran yang sesuai menjadi prioritas yang sangat diperlukan.
Penelitian ini berusaha menganalisis desain pembelajaran pendidikan agama Islam di Ma’had Darul Ma’arif Patani Thailand Selatan dan metode pembelajaran pendidikan agama Islam yang digunakan di Ma’had Darul Ma’arif Pattani Thailand Selatan serta bentuk evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam di Ma’had Darul Ma’rif Patani Thailand Selatan. Untuk menjawab permasalahn diatas, digunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan prilaku yang dapat diamati. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang dapat dianalisis selama pengumpulan data berlangsung, dan setelah semua data terkumpul, membuat laporan penelitian.
Hasil penelitian di lapangan menunjukan bahwasanya : 1) Desain pembelajaran pendidikan agama Islam di Ma’had Darul Ma’arif berjalan dengan baik, ini terlihat pada ketepatan guru dalam memilih model pembelajaran yang meliputi ketepatan dalam melakukan pendekatan, metode, memilih bahan ajar, menyediakan media seperti buku pelajaran, pola interaksi dengan siswa dan pengelolaan kelas yang mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan. 2) metode pembelajaran yang digunakan para guru Ma’had Darul Ma’arif Patani Thailand Selatan adalah metode yang bervariasi seperti metode ceramah, diskusi, demonstrasi dan hafalan. Para guru juga memilih dan menggunakan metode yang sesuai dengan materi, kondisi dan situasi di kelas sehingga peserta didik mudah paham apa yang telah disampaikan oleh guru. 3) Ma’had Darul Ma’arif mengadakan evaluasi terhadap siswa dengan dua macam test yakni test sumatif dan formatif.
ENGLISH:
Islamic education endeavor to determine student’s personality maximally based on Qur’an and Hadits. It means that the teaching of Islamic education need an appropriate learning method and to be considered by teachers because of the big effect of it. It is need a design or method in order to transfer a religious understanding till the students easily understand what teachers want to explain. By the importance of Islamic education learning in Pattani, paying an attention toward learning design can be a great priority.
This research tries to analyze a learning design of Islamic Education in Darul Ma’arif Boarding School Pattani Southern Thailand and its methods and the form of evaluation. To answer those questions, researcher used qualitative research with descriptive type. The interview, observation and documentation used as the technique for collecting data, while the data can be analyzed in the process of collecting data and writing the report as the last step.
The result shows: 1) the design of Islamic Education Learning in Darul Ma’arif Islamic Boarding School is running well, it is because an appropriate learning model such us an appropriate approach, method and teaching materials includes providing media like book, a good pattern of interaction between teacher and students and class management that can create a better and fun learning condition. 2) there are several methods used by teachers in Darul Ma’arif Islamic Boarding School such us lecturing method, discussion, presentation and memorization. The teachers also use a method that appropriate with the material and class condition, so that the students easily understand the information or knowledge provided by teachers. 3) Darul Ma’arif Islamic Boarding School held two type of test, those are summative and formative test.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yaqien, Nurul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Desain Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam; Ma’had Darul Ma’arif; Learning Design; Islamic Education; Darul Ma’arif Islamic Boarding School | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 25 Jun 2016 13:10 | ||||||
Last Modified: | 25 Jun 2016 13:10 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/2941 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |