Pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di sekolah Ma’had Nahdhatul Ulum Yala Thailand

Deng, Nisar (2015) Pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di sekolah Ma’had Nahdhatul Ulum Yala Thailand. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
10110272.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengembangan kurikulum PAI yang diterapkan di sekolah ma’had nahdhatul ulum yala, Thailand, dengan pokok masalah: (1) Bagaimakah pelaksanaan kurikulum pendidikan Agama Islam di sekolah Ma’had Nahdhatul Ulum Yala, Thailand? (2) Bagaimakah pengembangan kurikulum pendidikan Agama Islam di sekolah Ma’had Nahdhatul Ulum Yala, Thailand?

Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Kemudian tekhnik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Proses implementasi kurikulum pendidikan Islam 2546 (2003, revisi 2012) di Ma'had Nahdlatul Ulum Yala terdiri dari beberapa tahap: (a) Perencanaan pembelajaran dengan membuat program tahunan, program semesteran, program rencana pembelajaran dan kalender pendidikan, (b) Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan cara melakukan Appersepsi yang dilakukan dengan pre test baik berupa tanya jawab, kuis, studi kasus dan sebagainya, pendekatan CTL, Metode pembelajaran PAI menggunakan metode ceramah, metode tanya jawab, metode demonstrasi, metode pemecahan masalah (problem solving), metode diskusi, metode modeling, metode permainan yang disesuaikan dengan materi yang diajarkan, media pembelajaran disediakan oleh sekolah dan hasil kreativitas guru PAI, (c) sedang evaluasi atau penilaian kelas yang dilakukan dengan sistem penilaian Proses dan Penilaian Hasil yang berorientasi pada tiga ranah kognitif afektif dan psikomotorik. (2) proses pengembangan kurikulum PAI di Sekolah Ma’had Nahdhatul Ulum Yala dapat disampaikan sebagai berikut: (a) tujuan pembelajaran di sekolah ma’had nahdhatul ulum yala ini tetap mendasari kurikulum PAI tahun 2546 (2003, revisi tahun 2012) dan tujuan pendidikan Nasional. Tetapi dalam pengembangan tujuan pembelajaran diserahkan kepada masing-masing sekolah (b)materi pembelajaran yang dijalani oleh sekolah ini tetap menjalani sesuai apa yang ada didalam kurikulum PAI tahun 2546 (2003, revisi tahun 2012) Tetapi pengembangannya pihak sekolah mengadakan mata pelajaran tambahan yang seluruh mata pelajaran tambahan itu adalah pengembangan dari standar mata pelajarang yang ada didalam kurikulum PAI tahun 2546 (2003, revisi tahun 2012), (c) Jenjang pembelajaran PAI di sekolah, diantaranya: jenjang ibtidaiyah I-IV mata pelajaran adalah pelajaran yang ada didalam kurikulum PAI , jenjang muthawashitah V-VII mata pelajaraadalah yang ada didalam kurikulum dan mata pelajaran tambahan yaitu dasar bahasa arab, jenjang tsanawiyah VIII-X mata pelajaran yang ada didalam kurikulum tetapi matertinya lebih spesifik, (d) Diantara mengevalusi pembelajaran yang dijalani oleh sekolah adalah: penilaian berbasis kelas, penilaian oleh sekolah, yaitu ujian tengag semester (UTS), ujian akhir semester (UAS), penilaian oleh pemerintah, yaitu ujian nasional (UN)

ENGLISH:

The study aims to find out the curriculum development of Islamic Education in ma’had nahdhatul ulum yala, Thailand. The problems of the study consist of: (1) How is the implementation of Islamic Education curriculum in Ma’had Nahdhatul Ulum Yala, Thailand? (2) How is the curriculum development of Islamic Education in Ma’had Nahdhatul Ulum Yala, Thailand?

The study uses a qualitative approach in which the data collection employs the method of observation, interview, and documentation. Data analysis consists of data reduction, presentation and verification.

The result of the study shows that (1) The process of Islamic education curriculum implementation of 2546 (2003, the revision of 2012 curriculum) in Ma’had Nahdhatul Ulum Yala consists of some stages: (a) The planning is done by making annual program, semester program, learning planning program, and academic calendar, (b) The implementation of learning process is done by using apperception – pretest by question-answer session, quiz, case study and CTL approach. The teacher employs methods such as lecturing, question-answer, demonstration, problem solving, discussion, modelling, material-related games using provided media and teacher creativity, (c) The class evaluation or assessment refers to process and result assessment system by considering cognitive, affective, and psychomotor domains. (2) the process of curriculum development in Ma’had Nahdhatul Ulum Yala: (a) the learning objective of ma’had nahdhatul ulum yala is based on the Islamic education curriculum of 2546 (2003, the revision of 2012 curriculum) and the national education objective. However, its development depends on each school (b) the school learning material is based on Islamic education curriculum of 2546 (2003, the revision of 2012 curriculum). The school gives additional courses from the development of standard subjects in Islamic education curriculum of 2546 (2003, the revision of 2012 curriculum), (c) The level of Islamic education are: the subjects of I-IV ibtidaiyah level are all of the subjects in Islamic education curriculum, the subjects of V-VII muthawashitah level are those in the curriculum and additional subjects such as Arabic, and the subjects of VIII-X tsanawiyah are those in the curriculum with more specific materials, (d) In evaluating the learning process, they uses: class based evaluation, school evaluation, midterm test, final test, and national examination as an evaluation from the government.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Amrullah, Abdul Malik Karim
Keywords: Pelaksanaan; Pegembangan; Kurikulum Pendidikan Agama Islam;
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Heni Kurnia Ningsih
Date Deposited: 25 Jun 2016 06:10
Last Modified: 25 Jun 2016 06:10
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/2940

Actions (login required)

View Item View Item