Responsive Banner

Perang tank dengan menggunakan algoritma Fuzzy Sugeno sebagai pengatur perilaku NPC

Pramanda, Willdan (2015) Perang tank dengan menggunakan algoritma Fuzzy Sugeno sebagai pengatur perilaku NPC. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
11650077.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

INDONESIA :

Bermain game merupakan sebuah terobosan baru dalam bidang pendidikan. Hal ini yang menyebabkan perlunya peningkatan aplikasi-aplikasi game yang bertujuan sebagai media pembelajaran yang menyenangkan bagi anak-anak. Game dengan unsur edukasi sangat baik untuk anak anak maupun remaja.

Pada Saat ini pembelajaran tentang Ilmu Fiqih di dunia anak-anak bisa disebut kurang, karena kebanyakan dari mereka lebih senang bermain-main, yang belajar disekolah umum hanya belajar sebatas Ilmu Agama, belum di bahas lebih dalam tentang Ilmu Fiqih. Akibatnya adalah saat ini anak-anak belum tahu pasti tentang kewajiban mereka sebagai seorang muslim itu apa, karena seharusnya pemberian materi tentang Ilmu Fiqih harus dimulai sejak dini, sehingga anak-anak bisa mengimplementasikan sejak dini.

Dengan latar belakang tersebut maka dibutuhkan sarana / media untuk pembelajaran bagi anak anak. Penelitian ini menjelaskan bagaimana merancang perilaku NPC pada suatu game dan juga menjelaskan bagaimana membangun Perang yang bernuansa edukasi. Perang Tank adalah permainan edukasi berjenis arcade berbasis desktop yang dibangun dengan memanfaatkan Unity3D. Pemain bertugas untuk menyelesaikan misi yang sarat akan nilai pengenalan terhadap ilmu Fiqih. Karakter musuh mengimplementasikan sistem kecerdasan buatan yang akan menghasilkan keputusan terhadap pemain.Implementasi kecerdasan buatan pada penelitian ini diterapkan pada NPC dengan memanfaatkan metode Fuzzy Sugeno . Metode Fuzzy Sugeno digunakan sebagai pembangkit perilaku musuh terhadap Pemain. Penelitian ini difokuskan pada platform desktop.

ENGLISH :

Game teaches many skills and can be used as one alternative education. Playing Games is a new breakthrough in the field of education. This is why the need for an increase in applications like Games as a media of learning fun for children. Game with education is very good for children and for adolescent.

Nowadays learning about Fiqh in the world of children can be called less, because most of them prefer to tinker, who studied public schools only learn the extent of Religious knowledge, have not been discussed more deeply about Fiqh. The result is that today's children do not know exactly about their obligations as a Muslim . This very good because the supposed granting of Fiqh materials should start early, so the kids can implementearly.

With this background, the needed media for learning for children. This paper describes how to design the behavior of NPCs in a Game and also explains how to build a education Game. Tank War is a Game of arcade-based education that can run in desktop built by using Unity3D. Players tasked to complete the mission that introduction to the Fiqih. The enemy characters implement artificial intelligence system that will result in a decision to the players.Implementation of artificial intelligence in this study applied to the NPC by using Fuzzy Sugeno algoritm. Fuzzy Sugeno algoritm is used as a generator of enemy behavior towards players. This study focused on desktop platforms.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Hariyadi, M. Amin and Fatchurrochman, Fatchurrochman
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDHariyadi, M. AminUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDFatchurrochman, FatchurrochmanUNSPECIFIED
Keywords: Fuzzy Sugeno; NPC ; Tank
Departement: Fakultas Sains dan Teknologi > Jurusan Teknik Informatika
Depositing User: Alexander Malik
Date Deposited: 27 Jun 2016 12:36
Last Modified: 27 Jun 2016 12:36
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/2937

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item