Responsive Banner

Pengembangan media replika fungsi organ peredaran darah manusia untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas V pada materi alat peredaran darah di SDN Langlang Singosari Malang

Ma’ruf, A. Darmawan (2015) Pengembangan media replika fungsi organ peredaran darah manusia untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas V pada materi alat peredaran darah di SDN Langlang Singosari Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
11140099.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Sains memiliki empat unsur utama, yaitu sikap, proses, produk dan aplikasi, sehingga proses pembelajarannya menekankan pada pemberian pengalaman secara langsung untuk mengembangkan kompetensi agar peserta didik dapat menjelajahi dan memahami alam sekitar secara alamiah. Untuk mewujudkan pembelajaran tersebut maka dibutuhkan pengembangan bahan ajar berupa media pembelajaran yang gunanya untuk mempermudah siswa dalam memahami konsep materi melalui pengamatan khususnya pada materi alat peredaran darah. Tujuan Penelitian ini adalah (1) menghasilkan produk berupa media pembelajaran berupa replika (2) mengetahui kemenarikan media pembelajaran (3) mengetahui pengaruh media terhadap peningkatan pemahaman konsep siswa.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan Research and Development (R & D), dengan model Walter Dick and Lou Carey yang memiliki sepuluh langkah dalam prosedur pengembangannya. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Langlang Singosari Malang dengan mengambil kelas V yang berjumlah 21 siswa.

Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa media pembelajaran sains dengan menggunakan media replika mendapat penilaian kualifikasi yang baik, karena berdasarkan hasil validasi diperoleh nilai dari guru mata pelajaran sebesar 88% yang berarti media pembelajaran sains tergolong valid dan tidak revisi, dari uji coba lapangan media pembelajaran sains diperoleh nilai 94% yang berarti mendapat kualifikasi sangat valid dari semua subyek validasi uji coba lapangan. Dari ahli materi mendapat nilai 92% dan berada pada kualifikasi sangat valid sehingga tidak revisi, sedangkan dari ahli desain media mendapat nilai 85% dan berada pada kualifikasi valid, sehingga media pembelajaran tidak revisi. Dengan perhitungan menggunakan uji t dengan tingkat kepercayaan 0,05 diperoleh hasil
thitun 2 ≥ t2 tabel yaitu 6,7364 ≥ 1,725 artinya Ho ditolak dan Ha diterima.

Jadi, media pembelajaran replika organ peredaran darah terbukti secara signifikan dapat meningkatkan pemahaman konsep belajar siswa kelas V SDN Langlang Singosari Malang. Dengan melihat rerata diketahui X2 lebih dari X1 (90,24 > 72,86) juga menunjukkan bahwa post tes lebih tinggi dari pada pre-test. Kesimpulannya terdapat perbedaan yang signifikan terhadap pemahaman konsep siswa kelas V sesudah menggunakan media pembelajaran sains berupa media replika di SDN Langlang Singosari Malang.

ENGLISH:

Science has four general elements, they are: attitude, process, product and application. So that its learning process is focused on giving experience directly for advancing competency. More over to explore and understand the environment around naturally. To realize this course we need to develop a proper studies in order to facilitate students’ understanding material blood circulation at human easily. The purpose of this research are: (1) to produce a proper media study named replica, (2) to know the media appeal and (3) to know the media influence in increasing students’ understanding of concept.

This research uses Research and Development (R & D), with Walter Dick and Lou Carey model which has ten procedure steps in its development. This research is held in the State Elementary School Langlang Singosari Malang and take twenty one students at fifth grade as a sample.

Based on the result of research can be obtained that science proper media named replica gets very qualified score because based on validation is received 88% score from field teacher, it means that science media is qualified and no revision. From the try out field is received 94%, it means very qualified score from all of try out field validation subjects. Furthermore, from the material expert gets 92% score. Once more it is in a very qualified score and no revision. More over from media design expert gets 85%, it is in the position of qualified too. So there is no revision. By using t examination calculating by believe level on 0.05 that is getting a result: t count² ≥ t² table is 6,7364 ≥ 1,725 means Ho is refused and Ha is received.

So, in the conclusion of blood organ replica is very significant in raising students’ concept understanding in the State Elementary School langlang Singosari for student in fifth grade. By knowing the average of X2 bigger than X1 (90,24 > 72,86). It shows that post-test score is higher than pre-test score. In the conclusion, there is a significant students’ understanding concept before using science proper media named replica for fifth grade student at State Elementary School Langlang Singosari Malang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Widodo, Bintoro
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDWidodo, BintoroUNSPECIFIED
Keywords: Media Pembelajaran; Replika; Alat Peredaran Darah; Teaching Media; Replica; Circulation of Blood Equipment
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ratih Novitasari
Date Deposited: 25 Jun 2016 13:09
Last Modified: 25 Jun 2016 13:09
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/2935

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item