Absor, Muhammad Khoirul (2015) Pengembangan media pembelajaran berbasis videoscribe pada tema indahnya negeriku subtema keanekaragaman hewan dan tumbuhan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 di MI Perwanida Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
11140094.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
INDONESIA:
Media merupakan suatu cara menyampaikan materi pelajaran yang didesain untuk membantu peserta didik mencapai tujuan pembelajaran. Untuk mencapai tujuan pembelajaran Media harus mampu menampilkan pembelajaran tematik. Media juga harus mampu menggabungkan beberapa mata pelajaran menjadi satu. Salah satu media pembelajaran adalah Videoscibe. Videoscibe merupakan media yang mampu menampilkan meteri secara menarik dan menyenangkan.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui desain pengembangan media pembelajaran berbasis videoscribe pada tema indahnya negeriku pada subtema keanekaragaman hewan dan tumbuhan kelas 4 di MI Perwanida Blitar (2) Mengetahui hasil belajar dengan menggunakan pengembangan media pembelajaran berbasis videoscribe pada tema indahnya negeriku pada subtema keanekaragaman hewan dan tumbuhan pada siswa di MI Perwanida Blitar.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Penjelasan tingkat kemenarikan media menggunakan angket yang diuji di MI Perwanida siswa kelas IV Zulkifli. Sedangkan dalam menjelaskan perbedaan sebelum dan sesudah menggunaan media pembelajaran videoscribe terhadap pemahaman hasil belajar ini, menggunakan desain One-Group Pre Test-Post Test Desain..
Pengembangan produk ini menghasilkan sebuah Media Pembelajaran Berbasis Videoscribe Pada Tema Indahnya Negeriku Subtema Keanekaragaman Hewan Dan Tumbuhan Kelas 4 . Produk ini pun diuji kepada 3 ahli validasi yaitu: (1) ahli desain mendapatkan prosentase sebesar 94%; (2) ahli isi mendapatkan prosentase sebesar 90%; dan (3) ahli pembelajaran sebesar 88%. Tingkat kemenarikan produk ini ditunjukkan dengan adanya nilai angket sebesar 90%. Serta adanya berbedaan sebelum dan sesudah menggunakan media videoscribe terhadap hasil belajar siswa. Ini terlihat pada uji t terdapat terdapat perbedaan sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran berbasis Videoscribe. Hal ini menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan memiliki nilai signifikasi yang tinggi, sehingga produk layak digunakan dalam mendukung kegiatan belajar mengajar.
ENGLISH:
The media is a way of delivering course material is designed to help learners achieve learning objectives. To achieve the goal of learning media should be able to display thematic learning. Media also must be able to combine multiple subjects into one. One of the learning media is Videoscibe. Videoscibe is a medium that is capable of displaying meteri in an interesting and fun..
The purpose of this study are: (1) Determine the design of the development of media- based learning videoscribe on the theme of the beauty of my country in subtema diversity of animal and plant grade 4 in MI Perwanida Blitar (2) Knowing the result of learning by using media development based learning videoscribe on the theme of the beauty of my country in the sub-themes diversity of animals and plants on the students in MI Perwanida Blitar.
This study uses research and development (Research and Development) using Borg and Gall model of development. Explanation level of attractiveness of the media using a questionnaire that was tested in MI Perwanida fourth grade students Zulkifli. While in explaining the differences before and after learning media uses videoscribe to the understanding of the results of this study, using a design One-Group Pre-Test Post Test Design .
The development of this product resulted in a Media-Based Learning Videoscribe In Beautiful Theme Subtheme mycountry Domesticated Animal And Plant Class 4. This product was tested to 3 expert validation, namely: (1) design experts get a percentage of 94%; (2) The content expert to get a percentage of 90%; and (3) learning experts by 88%. The level of attractiveness of the product is indicated by the value of the questionnaire of 90%. As well as the differences before and after using the media videoscribe on student learning outcomes. It looks at the t test there are differences before and after using media-based learning Videoscribe. This indicates that the product developed has the significance of high value, so that the products fit for use in supporting teaching and learning activities.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Asmaningtias, Yeni Tri | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pengembangan; Media; Videoscribe; Tema Indahnya Negeriku Subtema Keanekaragaman Hewan dan Tumbuhan; Development; Media; Videoscribe; Theme Beautiful my country Subtheme Animal and Plant Diversity; | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Ratih Novitasari | ||||||
Date Deposited: | 25 Jun 2016 13:11 | ||||||
Last Modified: | 25 Jun 2016 13:11 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/2931 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |