Khusaini, Khusaini (2015) Peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menanggulangi kenakalan siswa di SMKN 4 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
08110212.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
INDONESIA:
Dalam dunia pendidikan, kenakalan siswa merupakan sebuah fenomena yang selalu menarik untuk dibahas. Bagaimana tidak siswa yang merupakan generasi penerus bangsa akan menentukan maju tidaknya suatu bangsa. Oleh karena itu perlu adanya pembinaan yang terarah bagi pelajar sebagai generasi penerus bangsa, sehingga mereka dapat memenuhi harapan yang dicita-citakan. Sampai saat ini pendidikan agama Islam masih dianggap belum mampu mengatasi berbagai pengaruh negatif yang timbul dan berpengaruh pada generasi muda sekarang ini. Guru Pendidikan Agama Islam sangat berperan untuk mengatasi berbagai masalah kenakalan remaja yang terjadi pada siswa, sehingga generasi muda di masa yang akan datang lebih baik dan tidak mudah terjerumus dalam perbuatan yang merugikan dirinya sendiri.
Oleh karena itu berdasarkan dari latar belakang diatas maka peneliti mengambil sebuah rumusan yaitu, 1). Bagaimana Peran Guru PAI dalam menanggulangi kenakalan siswa di SMKN 4 Malang? 2). Apa Saja jenis kenakalan Siswa di SMKN 4 Malang dan apa faktor penyebabnya? 3). Bagaimana dampak adanya Peran Guru PAI dalam menanggulangi kenakalan siswa di SMKN 4 Malang?
Penelitian yang peneliti lakukan adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif.1). Peran Guru PAI Dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa di SMKN 4 MALANGsesuai wawancara, observasi dan Pengamatan yang dilakukan Peneliti kepada Guru PAI meyebutkan bahwa peran yang dilakukan adalah seperti melakukan penyuluhan terhadap siswa, memberikan nasehat, tutur kata yang baik, dan juga melakukan hal serta tindakan yang mempunyai tauladan yang baik kepada siswa.Peran yang dilakukan oleh Guru PAI SMK Negeri 4 Malang sudah sesuai dengan peran Guru PAI sebagai pengajar, yaitu memberitahukan pengetahuan keagamaan, sedangkan sebagai pendidik yaitu mengadakan pembinaan, pembentukan kepribadian, pembinaan akhlak, menumbuhkan dan mengembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada peserta didik. berbagai peran penanggulangan secara preventive, represif dan kuratif telah dilakukan oleh Guru PAI SMK Negeri 4 Malang. 2). Bentuk kenakalan siswa di SMKN 4 Malang sebagai berikut: a. Melanggar ketentuan seragam sekolah, b. Tidak masuk sekolah tanpa izin/keterangan, c. Pulang belum waktunya, d. Tidak mengikuti upacara, e. Kelengkapan seragam kurang, f. Di kantin waktu jam pelajaran, g. Berambut panjang bagi laki – laki /dicat, h. Ramai saat pelajaran berlangsung, i. Merokok, j. Tidak mengerjakan tugas, k. Tidak mengikuti pelajaran. Adapun faktor penyebab kenakalan siswa di SMKN 4 Malang adalah : 1)Lingkungan keluarga : Broken home/perceraian orang tua, kurang perhatian dan kurang kasih sayang dari orang tua, 2)Lingkungan masyarakat : Salah dalam memilih teman bermain, pengaruh pergaulan yang sudah terlalu bebas. 3). Dampak adanya peran Guru PAI dalam menanggulangi kenakalan siswa di SMKN 4 MALANG adalah berkurangnya intensitas siswa yang melanggar peraturan sekolah, jenis pelanggaran sudah tidak terlalu berbahaya dan tidak signifikan seperti tahun-tahun sebelumnya semua karena komite sekolah khususnya Guru PAI yang selalu berperan untuk menanggulangi kenakalan remaja yang berimbas kepada output siswa SMK Negeri 4 Malang menjadi lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.
ENGLISH:
The student delinquency In education is a phenomenon that is always interesting to discuss. How not to students who are the future generation will determine whether or not a nation forward. Hence the need for directional guidance for students as the next generation, so that they can meet the expectations of the aspired.
Until now, Islamic religious education is still considered not able to overcome the negative effects that arise and affect the younger generation today. Islamic Education teacher was instrumental to overcome various problems of juvenile delinquency that occurred in students, so that the young generation in the future better and not easily fall into actions that harm himself.
Therefore, based on the above background, the researchers took a formulation that is, 1). How Role of Teachers in tackling delinquency PAI students at State Vocational High School 4 Malang? 2). What are the types of delinquency Students at State Vocational High School 4 Malang and what factors cause? 3). How can the impact of the Role of Teachers in tackling delinquency PAI students at State Vocational High School 4 Malang?
The study, the researchers did was descriptive research kualitatif.1). Teacher's Role in Tackling Delinquency PAI Students at State Vocational High School 4 Malang accordance interviews, observations and observations made to Master PAI researcher mentioned that the role could be done as doing outreach to students, providing advice, good speech, and also do things as well as actions have a good role model to students. The role performed by the teacher PAI State Vocational High School 4 Malang is in conformity with the teacher's role as a teacher PAI, which tells of religious knowledge, while as educators is to hold coaching, formation of personality, character development, cultivate and develop faith and devotion to learners. various countermeasures role in preventive, repressive and curative had been done by Master PAI State Vocational High School 4 Malang. 2). Forms of student misbehavior in SMKN 4 Malang as follows: a. Violating the provision of school uniforms, b. Absent from school without permission/description, c. Return yet time, d. Not following the ceremony, e. Completeness less uniform, f. The canteen time hour lesson, g. Long hair for men - men/painted, h. Crowded during lessons, i. Smoking, j. Do not do chores, k. Do not follow the lessons. Whereas the causes of delinquency student at State Vocational High School 4 Malang are: 1) Environmental families: Broken home/divorce of parents, lack of attention and lack of affection from parents, 2) Environmental community: One in choosing playmates, the influence of relationships that have been too free , 3). The impact of the teacher's role in tackling delinquency PAI students at State Vocational High School Malang is the reduction in the intensity of students who violate school rules, the type of offense is not too dangerous and not as significant as in previous years all because school committees particularly PAI teacher who always act to tackle juvenile delinquency which impact on student output State Vocational High School 4 Malang to be better than in previous years.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Marno, Marno | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Peran Guru Pendidikan Agama Islam; Kenakalan Siswa; Islamic Education Teachers Role; Students Delinquency | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 25 Jun 2016 13:01 | ||||||
Last Modified: | 25 Jun 2016 13:01 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/2922 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |