Rizqi, Muhammad Bachtiar (2015) Pengembangan media pembelajaran autoplay dan quiz creator pada mata pelajaran IPS materi penjajahan belanda untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas V di SDI Al-Faqih Baran Sukoanyar Pakis Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
11140060.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pengembangan media pemblajaran autoplay dan quiz crator pada mata pelajaran IPS materi penjajahan belanda merupakan salah satu sarana guna membantu meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran, karena siswa memperoleh peningkatan dalam memahami pelajaran menjadi lebih mengerti sehingga materi pelajaran yang disampaikan oleh guru dapat dipahami dan diingat dengan baik oleh siswa. Selain itu pentingnya pengembangan media pembelajaran pada materi IPS materi penjajahan belanda karena pada materi ini siswa sulit untuk memahami pelajaran karena media pendukung yang digunakan oleh guru kurang begitu variatif cenderung mebuat siswa kurang bersemangat dalam mengikuti pelajaran. Media pembelajaran yang digunakan adalah aplikasi autoplay dan quiz creator pada mata pelajaran IPS materi penjajahan belanda kelas V SD/MI.
Tujuan peneliti mengembangkan media pembelajaran ini adalah: (1) Mengetahui prosedur pembuatan media pembelajaran autoplay dan quiz (2) Mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran autoplay dan quiz creator (3) Mengetahui kemenarikan dan keefektifan media pembelajaran autoplay dan quiz creator terhadap pemahaman siswa.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D), dengan model pengembangan Walter Dick and Lou Carey yang memiliki 10 langkah dalam prosedur rancangan dan pengembangannya. Subyek penilaian produk untuk kelayakan media pembejaran terbatas pada 3 ahli yaitu ahli materi, ahli desain, dan ahli pembelajaran IPS kelas V, sasaran ujicoba pada produk adalah seluruh siswa kelas V SDI Al-Faqih baran sukoanyar pakis malang yang berjumlah 30 siswa.
Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran autoplay dan quiz creator mata pelajaran IPS materi penjajahan belanda memenuhi kriteria valid dengan hasil uji ahli materi mencapai tingkat kevalidan 80%, ahli desain mencapai 75%, ahli pembelajaran IPS kelas V mencapai 88%, dan hasil uji coba lapangan mencapai 75%. Nilai rarta-rata pretest kelas V adalah 24,3 dan nilai postest siswa kelas V adalah 79,875. Pada uji-t diperoleh thitung sebesar 4,745 dengan tingkat kemaknaan 0,05 dengan derajat kebebasan 29 adalah 1,697, jadi thitung 4,745 > ttabel 1,697. Hasil hipotesis menunjukkan bahwa ha diterima, karena thitung lebih besar dari ttabel. dapat ditari kesimpulan bahwa adanya perbedaan yang signifikan terhadap pemahaman siswa kelas V SDI Al-Faqih baran sukoanyar pakis malang yang menggunakan media pembelajaran autoplay dan quiz creator mata pelajaran IPS materi penjajahan belanda hasil pengembangan. Disarankan untuk melakukan pengembangan media pembelajaran lebih lanjut pada materi materi atau mata pelajaran yang lain
ENGLISH:
Development of instructional media autoplay and quiz creator in social studies material occupation of the Netherlands is one means to help improve the understanding of the students in learning, because students gain an increase in understanding the lesson becomes better understood so that the subject matter presented by the teacher can be understood and remembered well by students. Besides the importance of the development of instructional media on material IPS Dutch colonial materials because these materials are hard to understand the lesson because the supporting media used by teachers tend to be less varied mebuat students are less enthusiastic about the course. Instructional media used are autoplay application and quiz creator in social studies classroom materials Dutch colonial V SD / MI.
The researchers' goal is to develop learning media: (1) Determine the procedures for producing instructional media and quiz autoplay (2) Determine the feasibility of instructional media and quiz creator autoplay (3) Knowing the attractiveness and effectiveness of instructional media and quiz creator autoplay for student understanding.
The method used in this research is the Research and Development (R & D), with a model of the development of Walter Dick and Lou Carey which has 10 steps in the procedure design and development. Subjects assessment pembejaran media products for eligibility is limited to three experts that materials experts, expert design, and expert teaching fifth grade social studies, targeted tests on products are all students of class V SDI Al-Faqih barrage sukoanyar poor fern totaling 30 students.
Results of research and development of instructional media autoplay and quiz creator social studies materials Dutch colonial valid criteria with test results matter experts reached the level of validity of 80%, a design reaches 75%, expert teaching social studies class V reaches 88%, and the results of field trials reach 75%. Rarta value average is 24.3 V class pretest and posttest value of fifth grade students is 79.875. In the t-test obtained t of 4.745 with a significance level of 0.05 with 29 degrees of freedom is 1.697, so thitung 4.745> 1.697 ttabel. Results show that the hypothesis received ha, because thitung greater than ttable. can ditari conclusion that there are significant differences on the understanding of fifth grade students SDI Al-Faqih barrage sukoanyar fern unfortunate use of instructional media and quiz creator autoplay social studies materials Dutch colonial development results. It is advisable to conduct further development of instructional media on the matter materials or other subjects.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zuhriyah, Indah Aminatuz | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Media Pembelajaran; IPS; Penjajahan Belanda; Media Education; Social Studies; the Dutch Occupation; | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Ratih Novitasari | ||||||
Date Deposited: | 25 Jun 2016 12:58 | ||||||
Last Modified: | 25 Jun 2016 12:58 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/2913 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |