Choirunisa', Fania Oktavi (2021) Relevansi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam Surah Ali Imran : 159-160 perspektif Tafsir al Misbah dengan masyarakat modern. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
17110133.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (893kB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Nilai nilai pendidikan akhlak di kalangan masyarakat mengalami kemerosotan, baik di kalangan pelajar, maupun masyarakat umum. Fenomena tersebut menunjukkan bahwa pendidikan yang berlangsung hingga saat ini belum mampu memberikan kontribusi pada manusia untuk meningkatkan derajatnya sebgaimana yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Hal ini terjadi karena kurangnya kesadaran masyarakat terutama umat Islam untuk mempelajari Al-Qur’an dan Hadits sebagai pedoman hidup. Berangkat dari sinilah penulis tertarik untuk mengkaji lebih dalam mengenai nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam Al-Qur’an terkhusus dalam Surah Ali Imran : 159-160. Kemudian agar pembahasan lebih mudah untuk dipahami, penulis mengambil perspektif Tafsir al Misbah karya M. Quraish Shihab. Fokus penelitian ini adalah apa saja nilai-nilai pendidikan akhlak dalam surah Ali Imran : 159-160 perspektif Tafsir al Misbah? Dan bagaiman relevansi nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam surah Ali Imran : 159-160 perspektif Tafsir al Misbah dengan masyarakat modern?
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Sumber data primernya adalah kitab Tafsir al Misbah yang membahas tafsir Qur’an Surah Ali Imran 159-160. Sedangkan data sekundernya berupa buku, jurnal, artikel, maupun karya-karya tulis ilmiah lainnya yang berhubungan dengan pokok penelitian ini. Untuk menganalisis data yang terkumpul, diklarifikasikan sesuai dengan kebutuhan dan analisis dengan cara yang tepat. Analisis data dilakukan dengan menggunakan content analysis yang disesuaikan dengan kebutuhan dan cara yang tepat.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam surah Ali Imran : 159-160 perspektif Tafsir al Misbah adalah akhlak kepada masyarakat yang berupa lemah lembut, pemaaf, dan musyarawah. Kemudian juga terdapat nilai akhlak kepada Allah yang berupa tawakal. Nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam Surah Ali Imran :159-160 perspektif tafsir al Misbah masih sangat relevan dengan kehidupan masyarakat sekarang sebagai acuan berperilaku untuk menyikapi hal-hal kekinian yang didalamnya juga terdapat nilai-nilai diluar syariat dan kewajaran yang menimbulkan kemerosotan akhlak dalam masyarakat.
ENGLISH:
The values moral education in the community has decreased, both among students and in the general public community. This phenomenon shows that education has taken place until now has not been able to contribute to humans to increase their degree as exemplified by the Prophet Muhammad. This happens because of the lack of public awareness, especially Muslims, to study the Al-Qur'an and Hadith as a guide for life. Starting from this, the author is interested in examining more deeply the values of moral education contained in the Qur'an, especially in Surah Al Imran: 159-160. Then, for make the discussion easier to understand, the wraiter takes the perspective Tafsir al Misbah creation M. Quraish Shihab. The research focus of this research is what are the values of moral education in Surah Ali Imran: 159-160 from the perspective of Tafsir al Misbah? And how is the relevance of the values of moral education contained in Surah Ali Imran: 159-160 from the perspective of Tafsir al Misbah with modern society?
The research is library research. The primary data source is the book Tafsir al Misbah which discusses interpretation the Qur'an Surah Ali Imran 159-160. Meanwhile, secondary data are books, journals, articles, and other scientific papers related to the subject of this research. To analyze the collected data, it is clarified according to needs and analyzed in an appropriate manner. In analyzing the data, the technique used is content analysis.
The results this research indicate that the values moral education contained in the Surah Ali Imron: 159-160 Tafsir al Misbah perspective include: morals to the community in the form of gentle, forgiving, and Duscusion. Then there is also a moral value to Allah in the form of tawakal. Educational values the morals contained in Surah Ali Imran :159-160 perspective of al-Misbah interpretation is still very relevant to people's lives today as a reference for behavior to address things in the present, in which there are also values outside the Shari'a and fairness that cause a decline in morals in society.
ARABIC:
خلفية البحث على ظاهرة تدهور قيمة التربية الأخلاقية في المجتمع. هذه الظاهرة تدل على أن التعليم الآن لم يستطع أن يساهم للإنسان في زيادة درجته كما تجلى في النبي محمد. يحدث هذا بسبب نقص الوعي العام, وخاصة المسلمين, بدراسة القرآن والحديث كدليل للحياة. انطلاقًا من هذا, يهتم الباحثة بفحص قيم التربية الأخلاقية الواردة في القرآن بعمق, وخاصة في سورة العمران: 159 – 160 ثم من لتسهيل فهم الباحثة تأخذ منظور تفسير المصباح للمخرج محمد قريش شهاب محور هذا البحث . ما هي قيم التربية الأخلاقية في سورة علي عمران: 159-160 من منظور تفسير المصباح؟ وما مدى ارتباط قيم التربية الأخلاقية الواردة في سورة علي عمران: 159-160 من منظور تفسير المصباح بالمجتمع الحديث؟
البحث بحثية مكتبية. مصادر البيانات الأساسي هو كتاب تفسير المصباح يناقش التفسير القرآني لسورة العمران159 – 160. البيانات الثانوية في شكل كتب ومجلة ومقبلة وأوراق علمية أخرى تتعلق بموضوع هذا البحث. لتحليل البيانات جمعها, لتوضيحها وفقًا للاحتياجات وتحليلها بطريقة مناسبة. في تحليل البيانات, الأسلوب المستخدم هو تحليل المحتوى.
نتائج البحث أن قيم التربية الأخلاقية الواردة في سورة الععمران: 159-160 على منظور تفسير المصباح تشمل: أخلاق المجتمع في صورة اللطيف والمتسامح والمصيروة. هناك قيمة أخلاقية عند الله في التوكل القيم التربوية الأخلاق الواردة في سورة علي عمران: منظور 159-160 لتفسير المصباح لا يزال وثيق الصلة بحياة الناس اليوم كمرجع للسلوك للرد في الوقت الحاضر ، حيث توجد أيضًا قيم خارج الشريعة والعدالة تؤدي إلى تدهور الأخلاق في المجتمع
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Masruri, M. Hadi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Nilai Pendidikan Akhlak; Masyarakat Modern Tafsir al Misbah; QS. Ali Imran : 159-160 | ||||||
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fania Oktavi Choirunisa' | ||||||
Date Deposited: | 08 Jul 2021 12:04 | ||||||
Last Modified: | 08 Jul 2021 12:04 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/28727 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |