Pengaruh celebrity endorser terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Pond’s White Beauty: Studi kasus pada mahasiswi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Afifah, Oktavia Nur (2016) Pengaruh celebrity endorser terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Pond’s White Beauty: Studi kasus pada mahasiswi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
12510164.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Wanita sangat memperhatikan penampilan terutama untuk kulit wajah. Jerawat, flek hitam, kulit kusam, dan noda hitam merupakan penghalang untuk wanita tampil cantik. Kecantikan yang sempurna akan di dapatkan wanita jika ia memiliki wajah cerah, tidak pucat, dan merona. Keinginan wanita untuk tampil cantik ini dimanfaatkan oleh para produsen untuk memproduksi berbagai macam kosmetik. Oleh karena itulah setiap perusahaan harus menggunakan strategi pemasaran yang tepat agar dapat memenangkan persaingan, salah satunya adalah melalui periklanan. Perusahaan harus memiliki cara kreatif dalam beriklan agar dapat menarik perhatian konsumen dan menciptakan keputusan pembelian terhadap produk. Salah satu cara kreatif dalam beriklan adalah dengan menggunakan celebrity endorser. Selebriti akan memberikan manfaat kepada perusahaan karena selebriti memiliki kredibilitas, kecocokan, dan daya tarik. Dari keempat unsur tersebut, maka kecocokan adalah yang paling penting bagi konsumen

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Kuantitatif, Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah dengan pendekatan survey, yaitu penelitian yang mengambil sampel dari populasi dan menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpulan data. Penelitian ini dilakukan terhadap 103 responden mahasiswi yang menggunakan kosmetik Pond’s White Beauty di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Tekinik analisis data yang digunakan yakni (1) uji validitas dan reabilitas dari item-item kuesioner, (2) uji regresi linier berganda dan kemudian dilakukan pengujian hipotesis yakni secara simultan (uji F), secara persial (uji t) dan variabel yang dominan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan antara celebrity endorser dan keputusan pembelian kosmetik Pond’s White Beauty melalui pengujian hipotesis.

Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh bahwa secara simultan variabel celebrity endorser memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 45,779. Dan jika dilihat dari Adjusted R Square yakni sebesar 56,8%, sedangkan berdasarkan uji t (secara persial) komponen variabel celebrity endorser yang mempengaruhi keputusan pembelian adalah kredibilitas, daya tarik dan kecocokan. Dilihat dari koefisien regresi B maka dapat disimpulkan bahwa komponen variabel celebrity endorser yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian adalah variabel kecocokan yakni sebesar 0,000.

ENGLISH:

Women are very concerned about the appearance, especially face. Acne, dark spots, dull skin, and black spots are a barrier to woman to look beautiful. Women feel perfect when they have bright face, not pale, and blushed. The desire of women to appear this gorgeous is utilized by manufacturers to produce various kinds cosmetics. Therefore, every company need to use proper marketing strategy to win the competition, one of which is through advertising. Companies must have a creative way in advertisement to attract the attention of consumers that enable it to create a purchase decision on the products. One creative way to advertise is to use celebrity endorser. Celebrities will provide benefits to the company since they have the popularity, talent, appeal, and credibility. Of these four elements, the credibility is the most important for the consumers. Celebrity’s credibility will increasingly be hesitated when they advertise for many brand products.

This study is quantitative research with survey research design which is a research method that takes a sample of the population and uses a questionnaire as a tool of the data collection. This study was conducted on 103 University students as its respondents who use cosmetics Pond's White Beauty of State Islamic University Maulana Malik Ibrahim, Malang. The analysis technique used in this study namely (1) validity and reliability of the questionnaire items, (2) multiple linear regression test and then test the hypothesis simultaniously (F test), partially (t test) and dominant variable. This research aims to explain the relationship between celebrity endorser and purchasing decisions on Pond's White Beauty cosmetic through hypothesis testing.

The results of the study showed that simultaneously, the variable celebrity endorser influenced the purchasing decisions by 45.779. Seen from Adjusted R Square as 56,8%, while by t test (partially) the variable component Celebrity Endorser that influenced the purchasing decisions are credibility, attractiveness and suitability. Judging from the regression coefficient B, it can be concluded that the variable component Celebrity Endorser that had the dominant influence on purchasing decisions was suitability variable as 0,000.

ARABIC:

ان لكل النساء ان يهتموا سيماءا وخاصة لجلد الوجه. وان حب الشباب، زوان، جلد المنحسة و بقاء هم المانع لينالوا جمالهم عند النساء. وان جمالا تماما للنساء إذا وجههن وهاجا كسمش، لا باهث. ورغبة النساء تريدون ان تبدوا جميلة وان هذا الحال كثير من الصانع ان يحصلوا مسْتَحْضَرَات التَجْمِيْل. لذلك لكل المصنوعات لا بد ليستخدموا الاستراتيجية التسويق السديد والمناسب لكي ان يغلبوا المنافسة واحد منها وهي من حلال الاعلانات. ولكل المصنوعات لا بد ان يكون الاستاتيجية المجدية والمتنوعة ليجتذب المستهلك لشرائها واحد من الاعلانات المستخدمة وهي باستخدام "celebrity endorser" . وان الممثلة لاستفادة على المصنوعات لان لديهم درجة مشهوية، موهبة ، قوة شائية ومصداقية. ومن تلك العناص المذكورة ان مصداقية هي شيء مهم جدا للمستهلك.

واما المدخل المستخدمة في هذا البحث وهي بالنوع الكمي باستخدام دراسة الاستطلاع وهي تأخيذ العينات المجتمع البحث باستخدام الاستبانات كادة في جمع البيانات. واما اجراء هذا البحث على 103 مراسلا الذين عم يستخدموا مسْتَحْضَرَات التَجْمِيْل (pond’s white beauty) جامعة مولانا مالك إبراهيم الإسلامية الحكومية بمالانج. واما الاسلوب المستخدمة في هذا البحث وهي (1) اختبار الصدق والثبات من الاستبانة، (2) انحدار الخطي المتعدد ثم باختبار الفرضية وهي باستخدام المتزامن اختبار F والجزئي و هو اختبار t من متغيرات المعظمة. واما الاهداف المرجوة في هذا البحث وهي لشرح العلاقة بين "celebrity endorser" مع تقرير الشراء الانتاجات مسْتَحْضَرَات التَجْمِيْل (pond’s white beauty) من اختبار الفرضية.

وانطلاقا من اختبار الاعلاه ان بصفة متزامن من"celebrity endorser" آثارا عظيما على تقرير الشراء حوالى 45،779 . واذا ننظر من adjusted R Square حوالى 56،8% واما انطلاقا من اختبار t ان المكونات celebrity endorser" التي تؤثر في تقرير الشراء وهو الثبات، موهبة ، قوة شائية. وبالنظر من

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Hasan, Irmayanti
Keywords: Celebrity Endorser; Keputusan Pembelian; Purchase Decision; قرير الشراء
Departement: Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen
Depositing User: Ratih Novitasari
Date Deposited: 25 Jun 2016 05:46
Last Modified: 25 Jun 2016 05:46
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/2865

Actions (login required)

View Item View Item