Sulaimah, Sulaimah (2021) Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial selama pandemi di MTs Miftahul Ulum Sukaoneng Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
17130161.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Dalam dunia pendidikan, guru merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan. Guru mempunyai peran yang penting karena mereka merupakan titik sentral dalam proses pembelajaran. Syarat mutlak dalam pembelajaran adalah motivasi karena dengan adanya motivasi siswa akan belajar dan mendapatkan hasil yang maksimal. Kondisi motivasi belajar di MTs Miftahul Ulum Sukaoneng, Kecamatan Tambak, Kabupaten Gresik, di masa pandemi mengalami penurunan karena harus beradaptasi dengan perubahan proses pembelajaran dari yang semulanya pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran daring (dalam jaringan). Hal tersebut membuat penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang lebih mendalam dengan mengangkat judul ” Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Selama Pandemi di MTs Miftahul Ulum Sukaoneng Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan upaya guru IPS dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik selama pandemi di MTs Miftahul Ulum Sukaoneng, Kecamatan Tambak, Kabupaten Gresik. Penelitian ini juga bertujuan untuk menjelaskan kendala apa yang dihadapi oleh guru IPS dalam meningkatkan motivasi belajar selama pandemi di MTs Miftahul Ulum Sukaoneng, Kecamatan Tambak, Kabupaten Gresik. Selain itu, penelitian ini berusaha untuk mendeskripsikan implikasi upaya guru IPS dalam meningkatkan motivasi belajar selama pandemi di MTs Miftahul Ulum Sukaoneng, Kecamatan Tambak, Kabupaten Gresik.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, alat pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan, analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa upaya yang telah dilakukan guru antara lain adalah: memperjelas tujuan yang ingin dicapai, menerapkan metode dan kegiatan yang beragam, membimbing dan mendukung, serta memberikan penghargaan. Kemudian, kendala yang didapat adalah kurangnya pemahaman siswa, kurangnya fasilitas, minimnya kuota internet dan sinyal. Sedangkan, Implikasi terkait upaya guru adalah semangat siswa untuk belajar mulai meningkat secara perlahan.
ENGLISH:
In education field, teachers are one of the determining factors for success. Teachers have an important role because they are the central point in learning process. The absolute requirement in learning is motivation because through giving motivation students will learn and get maximum results. The condition of learning motivation at MTs Miftahul Ulum Sukaoneng, Tambak District, Gresik Regency, during the pandemic experienced a decline because they had to adapt with the change of the learning process from what was originally face-to-face learning to online learning (on the network). This phenomena made the writer interested to conduct a more in-depth research with the title "Teachers' Efforts in Increasing Student Learning Motivation in Social Science Subjects During a Pandemic at Mts Miftahul Ulum Sukaoneng, Tambak District, Gresik Regency.
The purpose of this study was to understand and to describe the efforts of social studies teachers in increasing students's learning motivation during the pandemic at MTs Miftahul Ulum Sukaoneng, Tambak District, Gresik Regency. Gresik Regency. This research also functioned to describes the obstacles of social studies teachers's efforts in increasing learning motivation during the pandemic at MTs Miftahul Ulum Sukaoneng, Tambak District, Gresik Regency. Besides, this study tried to elaborate the implication of teachers’s effort in increasing learning motivation during the pandemic at MTs Miftahul Ulum Sukaoneng, Tambak District, Gresik Regency.
The research methods which used in this study were descriptive qualitative, data collection tools through observation, interviews and documentation. While, the data analysis used Miles and Huberman models.
The results of this study revealed that the efforts that have been made by the teacher include: clarifying the goals to be achieved, implementing various methods and activities, guiding and supporting, and giving awards. Then, the obstacles obtained were the lack of student understanding, the lack of facilities, the minimum of internet quota and signal. Meanwhile, the implication related to the teacher's efforts is the enthusiasm of students for learning begins to increase slowly.
ARABIC:
إن في عالم التعليم كان المعلم واحد من تحديد العوامل لنجاح الطلاب. إن المعلم له دور مهم في عملية التعلم. إن في التعلم كان تحفيز التعلم تكون شرط مطلق لأنه سيصبح الطلاب رغبة في التعلم والحصول على النتائج التعلم الجيدة. إن حال التحفيز الطلاب في المدرسة الثانوية مفتاح العلوم سوكاوونع حين الوباء تخفيض بسبب يجب أن تتكيف مع التغييرات عملية التعلم وهما التعلم اللقائي والتعلم عبر الإنترنيت. وهذا الحال يكون مشكلة التي تستفيد الباحثة للبحث العميق بعنوان البحث" جهود المعلم في ترقية التعلم الطلاب عن درس العلوم الاجتماعية حين الوباء في في المدرسة الثانوية مفتاح العلوم سوكاوونع.
إن الأهداف هذا البحث هي1) لمعرفة ولوصف الجهد المعلم العلوم الاجتماعية في ترقية التحفيز الطلاب حين الوباء في المدرسة الثانوية مفتاح العلوم سوكاوونع. 2) لتوضيح العقبات التي تواجه المعلم العلوم الاجتماعية في ترقية التحفيز الطلاب حين الوباء في المدرسة الثانوية مفتاح العلوم سوكاوونع، 3) ولوصف اآثار المرتبطة على الجهود المعلم العلوم الاجتماعية في ترقية التحفيز الطلاب حين الوباء في المدرسة الثانوية مفتاح العلوم سوكاوونع.
إن هذا البحث بحثا كيفيا. وطريقة جمع البيانات باستخدام الملاظة،والمقابلة والتوثي. وأما طريقة تحليل البيانات باستخدام نموذج ميلز وهولرمان
ومن نتائجهه المهمة يعني بود الكشف أن الجهد الذي تعلمها المعلم هي : لتوضيح الأهداف المقصود تحقيقها، تطبيق التقنيات، الأنشطة المتنوعة، والتوجيه والدعم حتى تعطي المكافأة. وكانت العقبات هي نقصان الفهم الطلاب، ونقصان المرافق، نقصان حصة الإنترنيت والإشارة. بدأت ترقية حماس الطلاب بسبب الجهد التي يعمله المعلم.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Nasith, Ali | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | upaya guru; motivasi belajar; teacher effort; learning motivation; الدافع للتعلم؛ جهد المعلم؛ | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | SULAIMAH SULAIMAH | ||||||
Date Deposited: | 06 Jul 2021 15:06 | ||||||
Last Modified: | 06 Jul 2021 15:06 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/28448 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |