Zulkarnain, Muhammad Zulmi (2021) Perbandingan prestasi belajar siswa Kelas V yang mengikuti bimbingan belajar dengan yang tidak mengikuti bimbingan belajar di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Kota Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15140052.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Untuk mencapai tujuan pendidikan diperlukan keselarasan, keserasian, dan keseimbangan ilmu pengetahuan agama dan ilmu pengetahuan umum. Ilmu pengetahuan agama dapat membentuk manusia yang beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa, sedangkan ilmu pengetahuan dapat meningkatkan kemampuan, keterampilan dan produktivitas manusia. Setiap manusia yang lahir didunia ini telah diberi bekal oleh Allah SWT sebagai modal yang harus dimaksimalkan untuk mencapai puncak prestasi. Modal tersebut berupa akal yang luar biasa, indera penglihatan, pendengaran bahkan seluruh organ tubuh manusia merupakan modal yang sangat besar untuk meraih kesuksesan dan prestasi. Penelitian ini yang bertujuan untuk, menjelaskan perbedaan prestasi belajar pada siswa kelas V Mi Miftahul Ulum Kota Batu yang mengikuti bimbingan belajar dengan siswa yang tidak mengikuti bimbingan belajar.
Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif. Penelitian komparatif adalah penelitian yang diarahkan untuk mengetahui apakah antara dua atau lebih dari dua kelompok ada perbedaan dalam aspek atau variabel yang diteliti.
Hasli penelitian setelah dihitung melalui pengujian hipotesis diketahui nilai thitung sebesar 0,645 dengan signifikasi 0,522. Dikarenakan ttabel dengan derajat bebas 47 sebesar 2,010, maka thitung kurang dari ttabel. Karena thitung lebih besar dari ttabel yaitu 2,010 pada konstanta 5%, maka H0 di terima dan Ha di tolak. Hal ini menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa kelas V Mi Miftahul Ulum Kota Batu yang mengikuti bimbingan belajar sama dengan siswa yang tidak mengikuti bimbingan belajar, walaupun dari segi prestasi belajar baik siswa yang mengikuti bimbingan belajar maupun siswa yang tidak mengkuti bimbingan belajar sama-sama memiliki nilai yang melebihi nilai KKM yang telah ditentukan.
ENGLISH:
To achieve educational goals, it is necessary to have harmony, suitability, and balance between religious knowledge and general science. Religious knowledge can form humans who believe and fear with Almighty God, while science can improve human abilities, skills and productivity. Every human being born in this world has been given provisions by Allah SWT as an asset that must be maximized to reach the peak of achievement. The assets are extraordinary intellect, the sense of sight, hearing and even all the organs of the human body is a great assets to achieve success and achievement. This study aims to explain the differences of learning achievement on MI Miftahul Ulum students in Batu City who follow tutoring and students who do not take tutoring.
To achieve this goal, a quantitative research approach is used with a comparative research type. Comparative research is a research that directed to find out whether between two or more than two groups had differences in some aspects or variables studied.
The results of the study after being calculated through hypothesis testing, it is known that the tcount value is 0.645 with a significance of 0.522. Because ttable with 47 degrees of freedom is 2.010, then tcount is less than ttable. Because tcount is greater than ttable, which is 2.010 at a constant 5% and the accompanying significance is 0.05, the hypothesis 0 is accepted. Thus, it shows that H0 is accepted and Ha is rejected. This shows that the learning achievement of the fifth grade students of MI Miftahul Ulum in Batu City who follows tutoring is the same as students who do not take tutoring, although in terms of learning achievement both students who take tutoring and students who don't take tutoring have the same score. that exceeds the specified KKM value.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sholeh, Ahmad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Prestasi Belajar; Siswa Yang Mengikuti Bimbingan Belajar; Siswa Yang Tidak Mengikuti Bimbingan Belajar; Learning Achievement; Students Who Take Tutoring; Students Who Don't Take Tutoring | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Muhammad Zulmi Zulkarnain | ||||||
Date Deposited: | 07 Jul 2021 17:25 | ||||||
Last Modified: | 07 Jul 2021 17:25 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/28446 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |