Fatimah, Anggur Nur (2021) Implementasi media pembelajaran e-book berbasis aplikasi android pada pelajaran Bahasa Jawa Kelas V di SD Negeri Junrejo 01 Kota Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
17140073.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Saat ini sekolah dilaksankan secara online dilaksanakan dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi karena mewabahnya virus COVID-19. Pelajaran bahasa Jawa merupakan pelajaran yang cukup sulit untuk dipahami. Pengimplementasian media pembelajaran e-book berbasis aplikasi android pada pelajaran bahasa Jawa merupakan alternatif penggunaan media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi yang dapat membantu siswa dalam belajar bahasa Jawa ketika belajar dari rumah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penyusnan media pembelajaran, pengimplementasian media media pembelajaran, serta kemenarikan media pembelajaran.
Jenis penelitian ini adalah Research an Development (R&D), dengan model penelitian Borg and Gall. Penelitian ini bersubjek pada kelas VA SD Negeri Junrejo 01 Kota Batu dengan jumlah siswa yang terdaftar 28 siswa. Penelitian ini menggunakan enam langkah prosedur pengembangan dari model Borg and Gall. Jenis data pada penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif, dengan intrumen pengumpul data berupa angket, observasi, wawancara, dan tes. Analisis data yang digunakan berupa analisis deskriptif dan analisis uji-t.
Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah media pembelajaran e-book berbasis aplikasi android mendapatkan kualifikasi baik dari ahli materi maupun ahli desain media. Dari ahli materi mendapatkan prosesntase 96% dan ahli desain media mendapatkan prosesntase 100%. Hal tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran ini sudah sangat baik, layak dan tidak perlu direvisi. Media pembelajaran e-book berbasis aplikasi android ini mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas VA SD Negeri Junrejo 01 Kota Batu. Hal ini dapat dilihat dari uji paired samples t-test secara rumus manual maupun menggunakan bantuan aplikasi SPSS 25. dapat dilihat bahwa thitung lebih besar dibanding ttabel maka H0 di tolak dan H1 diterima. Jadi hasil pada penelitian pengemabngan ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah pengimplementasian media pembelajaran e-book berbasis aplikasi android.
ENGLISH:
Bag orang outbreak the covid-19 virus.Lesson Javanese language is lessons quite difficult to understand. The Implementation media E-Book Learning on Android Application in Lesson javanese Language is alternative using media learning media that benefit technology that can help students learn Javanese when studying from home. The purpose this Research was to Know the implementation learning media, the benefits of learning media media, respons teacher and student about the implementation learning media.
This type of research is Research and Development (R&D), with a Borg and Gall research model. This research is subject to class VA SD Negeri Junrejo 01 Batu City with 28 students enrolled. This study uses a six-step development procedure from the Borg and Gall model. The types of data in this study are qualitative and quantitative data, with data collection instruments in the form of questionnaires, observations, interviews, and tests. Analysis of the data used in the form of descriptive analysis and t-test analysis.
The result of this development research is that the e-book learning media based on the Android application gets qualifications from both material experts and media design experts. Material experts get a 96% process and media design experts get a 100% percentage. This shows that this learning media is very good, feasible and does not need to be revised. This android application-based e-book learning media is able to improve the learning outcomes of grade VA students at SD Negeri Junrejo 01 Batu City. This can be seen from the paired samples t-test using manual formulas or using the SPSS 25 application. It can be seen that tcount is greater than ttable, so H0 is rejected and H1 is accepted. So the results of this development research are that there are significant differences between before and after the implementation of the android application-based e-book learning media.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Nulinnaja, Ratna | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | media pembelajaran; e-book; android; learning media | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Anggur Nur Fatimah | ||||||
Date Deposited: | 07 Jul 2021 11:42 | ||||||
Last Modified: | 07 Jul 2021 11:42 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/28386 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |