Choirunnisa, Cindy Septiana (2021) Pengaruh lingkungan pondok pesantren dan keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS siswa Kelas VIII SMP An-Nur Bululawang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
17130107.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan dapat didefinisikan sebagai suatu proses yang di dalamnya terdapat suatu proses pembelajaran agar peserta didik dapat memiliki pemahaman yang baik tentang suatu hal yang bertujuan agar peserta didik tersebut tumbuh menjadi seorang yang dapat berfikir kritis dan lebih baik. Baik dari segi afektif, kognitif maupun psikomotor peserta didik tersebut. Di Indonesia salah satu lembaga non formal yang ikut andil dalam pencapaian tujuan nasionaal adalah pesantren. Di pesantren siswa jauh dari pantauan orang tua, sehingga peran guru khususnya bagi siswa yang bertempat tinggal di pondok pesantren memiliki peran besar dalam menentukan hasil belajar.
Adapun penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh lingkungan pondok pesatren dan keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas VIII SMP An-Nur Bululawang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis analisis korelasi. Data pada penelitian ini diambil dengan menggunakan kuisioner yang disebarkan kepada siswa kelas VIII SMP An-Nur Bululawang dengan data pendukung berupa dokumentasi dan wawancara. Data yang diperoleh di oleh menggunakan SPSS dengan teknik analisis linier berganda.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada uji parsial pada variabel X1 menunjukkan bahwa adanya pengaruh variabel lingkungan pondok pesantren terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan besarnya thitung 3,163 > ttabel 1,97. pada uji parsial pada variabel X2 menunjukkan bahwa adanya pengaruh variabel keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan besarnya thitung 2,613 > ttabel 1,97.Sedangkan besaran Fhitung lebih besar daripada Ftabel (5,240>3,034). Kemudian jika dilihat dari besarnya nilai koefisien, maka kedua variabel yaitu pengaruh variabel lingkungan pondok pesantren (X1) dan variabel keterampilan mengajar guru (X2) sama-sama memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa SMP An-nur Bululawang kelas VIII pada mata pelajaran IPS secara signifikan. Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa, semakin tinggi kualitas lingkungan pondok pesantren dan semakin tinggi keteramplan mengajar guru, maka hasil belajar siswa yang diperoleh akan tinggi.
ENGLISH:
Education can be defined as a process in of learning process so that students can have a good understanding of something that aims to make these students grow to be person who can think critically and have better knowledge both in terms of affective, cognitive and psychomotor of learners. In Indonesia, one of the non-formal institutions that contribute to the achievement of national goals is Islamic boarding school. In Islamic boarding schools, students live far from their parents, so the role of teachers, especially for students who live in Islamic boarding schools, has a big role in determining learning outcomes.
This study aims to find the influence of boarding school environment towards and teacher teaching skills towards the student’s learning result of VIII SMP An-Nur Bululawang. The approach used in this study is a quantitative approach with the type of correlation analysis. The data in this study were taken using a questionnaire distributed to class VIII students of SMP An-nur Bululawang with supporting data in the form of documentation and interviews. The data obtained by using SPSS with multiple linear analysis techniques.
The results of this study indicate that the partial test on the X1 variable shows that there is an influence of the Islamic boarding school environment variable on learning outcomes as indicated by the magnitude of tcount 3.163 > ttable 1.97. the partial test on the X2 variable shows that there is an effect of the teacher's teaching skills variable on learning outcomes as indicated by the magnitude of tcount 2.613 > ttable 1.97. While the magnitude of Fcount is greater than Ftable (5.240> 3.034). Then when viewed from the magnitude of the coefficient value, the two variables, namely the influence of the Islamic boarding school environment variable (X1) and the teacher teaching skills variable (X2) both have a positive influence on the learning outcomes of students of SMP An nur Bululawang class VIII in social studies subjects in general. significant. From the results of the study, it can be concluded that, the higher the quality of the boarding school environment and the higher the teaching skills of the teachers, the higher the student learning outcomes obtained.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Kusumadyahdewi, Kusumadyahdewi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Lingkungan Pesantren; Keterampilan Mengajar Guru; Hasil Belajar; Boarding School Environment; Teacher Teaching Skills; Learning Result | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Cindy Septiana Choirunnisa | ||||||
Date Deposited: | 01 Jul 2021 14:17 | ||||||
Last Modified: | 01 Jul 2021 14:17 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/28321 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |