Maisyaroh, Siti (2016) Hubungan harga diri dan gaya hidup hedonis terhadap kecenderungan pembelian kompulsif pada mahasiswa Fakultas Ekonomi UIN Maliki Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12410027.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Mahasiswa merupakan salah satu elemen masyarakat yang sedang melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Dalam penelitian ini mahasiswa termasuk dalam masa remaja yang merupakan kelompok sasaran pemasar yang potensial, karena remaja mudah sekali terbujuk oleh rayuan iklan. Remaja akan sangat mudah untuk berbelanja sehingga muncul perilaku pembelian kompulsif. Perilaku pembelian kompulsif ini didasari oleh beberapa factor salah satunya yaitu harga diri. Harga diri merupakan suatu evaluasi atau penilaian yang dilakukan oleh seseorang terhadap dirinya sendiri. Dengan adanya perkembangan zaman bagi sebagian orang mengikuti gaya hidup tren masa sekarang merupakan suatu hal yang penting karena dianggap sebagai sebuah ekpresi diri yang ditunjukkan dengan perilaku membeli pakain/ produk. Gaya hidup hedonis merupakan pola perilaku yang dapat diketahui dari aktifitas, minat maupun pendapat seseorang yang mengarah pada kesenangan hidup yang menggambarkan bagaimana ia hidup, bagaiamana ia membelanjakan uangnya dan bagiaman ia mengalokasikan waktu yang dimilikinya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan harga diri dan gaya hidup hedonis terhadap kecenderungan pembelian kompulsif Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UIN Maliki Malang.
Dalam penelitian ini terdapat 110 sampel dengan teknik random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga skala, yaitu, skala harga diri, skala gaya hidup hedonis dan skala pembelian kompulsif. Skala harga diri terdiri dari 12 aitem valid dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,775. Skala gaya hidup hedonis terdiri dari 11 atem valid dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,806. Skala pembelian kompulsif terdiri dari 10 aitem valid dengan koefisien reliabiltas sebesar 0,842
Hasil kategorisasi menunjukkan bahwa tingkat harga diri mahasiswa fakultas ekonomi UIN Maliki Malang berada pada kategori tinggi dengan prosentase 50%. Tingkat gaya hidup hedonis berada pada kategori sedang dengan prosentase 46%. Tingkat kecenderungan pembelian kompulsif berada pada kategori sedang dengan prosentase 41%.
Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa ada hubungan harga diri dan gaya hidup hedonis terhadap kecenderungan pembelian kompulsif, menghasilkan nilai koefisien jalur sebesar 0,083 untuk hubungan langsung harga diri dengan kecenderunagn pembelian kompulsif dengan signifikansi 0,000 sedangkan nilai koefisien jalur sebesar 0,430 untuk hubungan tidak langsung harga diri dengan kecenderungan pembelian kompulsif yang dimediasi oleh gaya hidup hedonis dengan signifikansi 0,000.
ENGLISH:
The students can be defined as an element of communities pursuing university’s degree. In this research the students are included in the stage of adolescent. They are potential market target because adolescents can be easily impressed by advertisement. The will buy something without any consideration so that they can fall into compulsive buying. Several factors influence on the compulsive buying behavior one of which is self-esteem, an evaluation made by someone to see him or herself. With the development of the era, for some people following the trend of today's lifestyle is important because it is an expression of self which is shown through buying clothes / products. Hedonistic lifestyle is a pattern of behavior which can be viewed from the activities, interests and opinions of a person who leads to the pleasures of life which illustrate how people live, and spend their own money and time. This study was intended to determine the relationship between self-esteem and hedonistic lifestyle toward the tendency of compulsive buying among the students of Faculty of Economics at UIN Malang.
This study involved 110 samples which were defined by random sampling techniques. The data were collected using three scales, namely, self-esteem scale, hedonistic lifestyle scale and compulsive buying scale. Self-esteem scale consisted of 12 valid items with the reliability coefficient of 0.775. Hedonistic lifestyle consisted of 11 valid items with the reliability coefficient of 0.806. Meanwhile, compulsive buying scale consisted of 10 valid items with the reliability coefficient of 0.842.
The results of data categorization showed that the level of self-esteem of students of faculty of economics of UIN Maliki was high with the percentage of 50%. On the other hand, the level of hedonistic lifestyle was medium with the percentage of 46% while the level of compulsive buying tendencies was also medium with the percentage of 41%.
The results of path analysis showed that there was a significant relationship between self-esteem and hedonistic lifestyle toward the tendency of compulsive buying with the value of path coefficient of 0.083 for the direct relationship between self-esteem and compulsive buying with a significance of 0.000 while the value of path coefficient was 0.430 the indirect relationship between self-esteem and the tendency of compulsive buying mediated by the hedonistic lifestyle with the significance of 0.000.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Aziz, Rahmat | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Harga Diri; Gaya Hidup Hedonis; Kecenderungan Pembelian Kompulsif; Self-esteem; Hedonistic Lifestyle; Tendency of Compulsive Buying; | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 24 Jun 2016 10:23 | ||||||
Last Modified: | 24 Jun 2016 10:23 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/2829 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |