Maryam, Dawi (2016) Pengaruh konformitas dan kontrol diri terhadap perilaku konsumtif mahasiswi UIN Maliki Malang angkatan 2013. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
11410099.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA:
Perilaku konsumtif adalah suatu kecenderungan manusia yang melakukan konsumsitif tiada batas, dimana manusia lebih mementingkan keinginan dari pada kebutuhan. Faktor yang bisa menjadi penyebab terjadinya perilaku konsumtif yaitu faktor budaya, faktor kelas sosial, faktor kelompok anutan, faktor keluarga, faktor pengalaman belajar, faktor kepribadian, faktor sikap dan keyakinan. Mahasiswi menjadikan kelompok anutan sebagai usahanya untuk berkonformitas dengan kelompok tersebut. Konformitas adalah perilaku menyesuaikan diri dengan kelompok agar dapat diterima. Kondisi emosi remaja yang belum stabil membuat remaja menjadi konsumtif.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konformitas dan kontrol diri terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswi UIN Maliki Malang angkatan 2013. Adanya keinginan untuk diterima dalam kelompok menyebabkan mahasiswi mudah terpengaruh oleh kelompok. Selain itu, adanya kontrol diri yang lemah dalam diri mahasiswi menyebabkan mahasiswi lebih mudah terpengaruh untuk lebih berperilaku konsumtif.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswi UIN Maliki Malang angkatan 2013. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan sampling probabilitas yang diambil 10% dari setiap fakultas.
Skala konformitas terdiri dari 23 item valid dengan koefisien reliabilitas 0,906. Skala kontrol diri terdiri dari 19 item valid dengan koefisien reabilitas 0,838. Skala perilaku konsumtif terdiri dari 27 item valid dengan koefisien reliabilitas 0,913. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi berganda (Statistic Parametric Multiple Regression), diperoleh Fhitung5,744 dapat digunakan sebagai predictor untuk memprediksi atau mengukur perilaku konsumtif pada mahasiswi. Tingkat sifnifikansi P-value 0,004 (p<0,05) menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara konformitas dan kontrol diri terhadap perilaku konsumtif. Analisis ini menunjukkan nilai R2 (R Square) sebesar 0,065. Artinya bahwa prosentase pengaruh variabel independen (konformitas, kontrol diri) mampu menjelaskan 6,5% keragaman variabel perilaku konsumtif, sedangkan sisanya sebesar 93,5% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
ENGLISH:
Consumption is one of the phenomena that tend to consume or use something timeless, spaceless. The consumers (focus on female students) choose their own willingness rather than their necessity. Some factors which influence the consumption behavior are culture factor, stratification factor, imitation factor (Idol, as an actor or an actrees even community/group), family factor, experience factor, self factor, behavior factor, and their belief. Consumers tend to imitate the group/idol/community as their effeort to do same thing like what the community/group’s member do. In this situation, threason is in order to be accepted by the community/ group. On the other word, ‘’Do something to be accepted by others’’. In short, that is called by comformity.
The aim of this research is enhancing the knowledge about the influence of comformity and self control toward the Maliki State Islamic University class of 2013 (focus on female students) on their consumption behavior. The willingness to be same as the group/community and the weakness of self control are two points that very influence female students to be an over consumer.
This reseach uses quantitative method, whereas the sampling techniques uses probabilaty sampling method that focus on Maulana Malik Ibrahim State Islamic University Malang female students by taking 10 percents students per each faculty.
The result for this reseacrh are 23 valid items conformity scale with reability 0.0906. whereas the self control scale is 19 valid items with reability 0,838. Then, last but not least, there are 27 valid itemns of consumption behavior scale. The last is the data analysis. The data analysis for this research uses Statistic Parametric Multiple Regression. The result for the statistic comes from Fcount5,744 which is used as a predictor to the subject of the research. Then, the significance P-value 0,004 (p<0,05) shows that there is an effect/ influence of conformity and self control to consumption behavior. In short, The R2 (R Square) is 0,065. It means that the percentage variabel independent (conformity and self control) could illustrate 6,5% consumption behavior variable variety, and 93,5% factor that influence consumption behavior is could not be explained in this reseach.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Aziz, Rahmat | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Perilaku Konsumtif; Konformitas; Kontrol Diri; Consumption behavior; Conformity; Self Control | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 24 Jun 2016 10:15 | ||||||
Last Modified: | 24 Jun 2016 10:15 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/2814 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |