Rahmah, Mawaddah (2021) Diskon Gopay pada aplikasi online Gojek perspektif fikih muamalah. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
17220095.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Dengan kemajuan teknologi digital ini mengakibatkan proses transaksi yang dilakukan juga ikut mengalami kemajuan serta lebih praktis, aman, cepat dan efisien. Sistem pembayaran yang lebih praktis, aman, cepat dan efisien tersebut terdapat pada pelayanan GoPay yang disediakan oleh GoJek. Terdapat sebelas fitur transaksi GoPay pada aplikasi GoJek dan yang menjadi favorit konsumen adalah layanan GoFood. Beberapa waktu ini ramai pemberitaan yang menyebut bahwa jual beli pada fitur GoPay dan GoFood adalah riba. Riba terjadi akibat penempatan dana float di giro perbankan. Dana itu mendapatkan bunga bank sehingga promo atau diskon yang diterima konsumen dianggap sebagai keuntungan atau riba setelah meminjamkan uang kepada penyedia aplikasi. Penelitian ini fokus terhadap kandungan akad pada diskon GoPay pada fitur GoFood dan menelaah lebih mendalam tentang substansi transaksi ini ditinjau dari perspektif fikih muamalah yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk diskon GoPay pada aplikasi online Gojek serta untuk mengetahui bagaimana diskon GoPay pada aplikasi online Gojek perspektif Fikih Muamalah.
Penelitian ini merupakan penelitian normatif dengan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konseptual. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Data sekunder diperoleh dari kaidah dan prinsip dasar muamalah, Fatwa DSN MUI No. 116 tahun 2017 tentang Uang Elektronik, Peraturan Bank Indonesia Nomor 20/6/PBI/2018 Tahun 2018 tentang Uang Elektronik serta syarat dan ketentuan penggunaan GoPay, selanjutnya beberapa literatur berupa buku-buku, artikel, jurnal, website sebagai bahan perbandingan dan kajian dari penelitian. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi.
Hasil penelitian ini menyatakan strategi diskon yang digunakan GoJek untuk menarik perhatian pelanggan adalah diskon spesial liburan nasional, promo gratis, diskon terbatas, voucher atau kupon dan diskon media social. Dalam transaksi GoPay pada fitur GoFood tidak terdapat unsur riba. Ini dikarenkan akad yang digunakan adalah akad wadiah dan tidak diikuti oleh transaksi utang piutang karena saat konsumen menekan tombol pesan, saat itu dana pada GoPay milik konsumen akan berkurang sebanyak total pesanan beserta biaya pengantaran dan masuk ke gopay milik driver. Diskon harga makanan yang disebabkan imbalan dari deposit yang disimpan di dalam GoPay boleh diberikan atau digunkan oleh konsumen karena harga produk yang dijual sudah jelas. Diskon yang diberikan oleh restoran kepada pelanggan merupakan tanggungan 100 persen dari pihak restoran. Tidak ada subsidi dari GoFood.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Rofıq, Mahbub Ainur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Diskon; GoPay; Fikih Muamalah | ||||||
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified | ||||||
Departement: | Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Bisnis Syariah | ||||||
Depositing User: | Mawaddah Rahmah | ||||||
Date Deposited: | 08 Nov 2021 13:22 | ||||||
Last Modified: | 08 Nov 2021 13:22 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/28062 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |