Furqon, Khabib Ali (2016) Pengaruh kedisiplinan dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS kelas X, XI dan XII teknik komputer jaringan di SMK Hayam Wuruk Singosari Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09130085.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
INDONESIA:
Hasil belajar adalah tingkat penguasaan yang dicapai oleh siswa dalam belajar atau pencapaian dalam mengikuti proses belajar mengajar sesuai dengan tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.Untuk mencapai hasil belajar yang baik maka diperlukan kedisiplinan yang ada dalam diri siswa serta diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran, selain kedisiplinan, motivasi belajar yang dimiliki siswa juga akan menentukan tingkat keberhasilan dalam belajar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menjelaskan pengaruh kedisiplinan terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS kelas X, XI, XII SMK Hayam Wuruk Singosari Malang, (2) menjelaskan pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS kelas X, XI, XII SMK Hayam Wuruk Singosari Malang, (3) menjelaskan pengaruh kedisiplinan dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS kelas X, XI, XII SMK Hayam Wuruk Singosari Malang.
Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian explanatory dengan jenis penelitian kuantitatif. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, wawancara, observasi dan dokumen nilai siswa, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, wawancara dan dokumen. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linear berganda. Dimana analisis data ini untuk mengetahui keadaan (naik turunnya) variable dependen yang dapat diprediksi melalui variable independen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) terdapat pengaruh positif signifikan kedisiplinan terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS dengan nilai thitung sebesar 2,384 sedangkan ttabel sebesar 2,000 atau (2,000<2,384) dan nilai signifikansi 0,020 lebih kecil dari 0,05, koefisien regresi sebesar 0,105 (2) terdapat pengaruh positif signifikan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS ditunjukkan dengan nilai thitung sebesar 5.143 sedangkan ttabel sebesar 2,000.Dikarenakan ttabellebih kecil dari thitung (2.000<5.143) dan nilai signifikansi 0,000, koefisien regresi sebesar 0,212 (3) terdapat pengaruh positif signifikan kedisiplinan dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS ditunjukkan dengan nilai besarnya Fhitung sebesar 45.319 nilai ini lebih besar dari F tabel (45.319 >0,254), koefisien korelasi (R) sebesar 0,748.
ENGLISH:
A learning outcome is a level of mastery achieved by students in learning or achievement in following the process of teaching and learning in accordance with the educational objectives that have been set. To achieve good learning outcomes then it is needed a discipline that existed in students as well as implemented in the activity of learners, beside the discipline, motivation of learning owned by students will also determine the level of success in learning.
The purposes of this study are: (1) toexplain the influence of discipline to the learning outcomes of social science subject (IPS) class X, XI, XII SMK Hayam Wuruk Singosari Malang; (2) toexplain the influence of learning motivation of students towards learning out comes of social science subject (IPS) class X, XI, XII SMK Hayam Wuruk Singosari Malang; (3) to explain the influence of the discipline and students learning motivation toward learning outcomes of social science subject (IPS) class X, XI, XII SMK Hayam Wuruk Singosari Malang.
To achieve the above objectives, the research approach used explanatory with the kind of quantitative research. Instrument in this study using questionnaires, interviews ,observation and documents of the students score, the data collection techniques used questionnaires, interviews and documents. The analysis of the data that is used in this studyis a multiple linear regression analysis. Where the analysis of this data is to find out (up down) the dependent variable which can be predicted through the independent variable.
The results showed that, (1) there is a significant positive influence of discipline to the learning outcomes of social science subject (IPS) by the value of tcount in the amount of 2,384while ttable in the amount of 2,000 or (2,000<2,384) and the value of significance is smaller than 0,020, coefficients regresi 0,105 (2) There is a significant positive influence on the learning motivation of students towards learning outcomes of social science subject are shown with the value of tcount in the amount of 5,143where ttable is in the amount of 2,000. Because ttable is smaller than tcount (2,000<5.143) and significant value is 0,000, coefficients regresi 0,212 (3) There is a significant positive influence on discipline and learning motivation towards learning outcomes of students in social science subjects (IPS) shown with the value of the magnitude Fcount of 45,319,this value is larger than Ftable (45,319>0,254), coefficients correlations (R) 0,784.
ARABIC:
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Kusumadyahdewi, Kusumadyahdewi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kedisiplinan; Motivasi Belajar Siswa; Hasil Belajar; Discipline; Students learning motivation; Learning outcomes; | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 24 Jun 2016 09:50 | ||||||
Last Modified: | 24 Jun 2016 09:50 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/2800 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |