Pengaruh kebiasaan membaca al-Qur'an terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam kelas X di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Madiun

Amana, Fattich Alviyani (2015) Pengaruh kebiasaan membaca al-Qur'an terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam kelas X di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Madiun. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
11110160.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Al-Qur’an merupakan kitab suci yang dijadikan sebagai pegangan hidup umat Islam sedunia yang diturunkan kepada Rasulullah SAW untuk seluruh umat manusia. Membaca Al- Qur’an sekalipun kita belum memahami maknanya bukanlah perbuatan yang sia-sia karena mengulang-ulang membaca Al-Qur’an itu mempunyai banyak manfaat yang luar biasa terhadap kesehatan fisik maupun psikis. Membaca Al-Qur’an berulang-ulang bukan sekedar meningkatkan kerja otak saja, tetapi dapat menentramkan hati dan jiwa sehingga membuat pembacanya menjadi tenang. Dalam belajar pastilah seorang siswa membutuhkan ketenangan itu, baik ketenangan hati dan pikiran. Prestasi belajar banyak dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik faktor dari dalam diri individu (intern) maupun dari luar individu (ekstern). Faktor yang datang dari dalam umumnya memiliki pengaruh yang besar dan signifikan terhadap hasil belajar yang dicapai. Sebagaimana pernyataan Nana Sudjana bahwa hasil belajar siswa di sekolah 70% dipengaruhi oleh kemampuan dar diri siswa dan 30% dipengaruhi oleh lingkungan.

Penelitian ini dilakukan di MAN 2 Madiun yang bertujuan untuk mengetahui kebiasaan membaca Al-Qur’an siswa kelas X di MAN 2 Madiun tahun ajaran 2014/2015, tingkat prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas X di MAN 2 Madiun tahun ajaran 2014/2015, dan ada tidaknya pengaruh kebiasaan membaca Al-Qur’an terhadap prestasi belajar siswa kelas X di MAN 2 Madiun tahun ajaran 2014/2015.

Untuk melakukan penelitian ini, digunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan analisis Regresi Linear Sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di MAN 2 Madiun yang berjumlah 316 siswa. Maka dilakukan pengambilan sample penelitian menggunakan terknik cluster sampling dengan mengambil siswa kelas X Model, X IPA 3 dan X IPS 2 yang seluruhnya berjumlah 81 siswa.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variable kebiasaan membaca Al-Qur’an siswa terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam aspek kognitif dan afktif di peroleh nilai signifikansi 0,002 dan 0,025. Oleh karena nilai probabilitas 0,002 dan 0,025 lebih kecil dari 0,05 maka hipotesis alternative (Ha) diterima. Yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara kebiasaan membaca Al-Qur’an terhadap prestasi belajar PAI siswa pada aspek kognitif dan afektif. hasil analisis untuk variable kebiasaan membaca Al- Qur’an terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa aspek psikomotorik diperoleh nilai signifikansi 0,100. Oleh karena probabilitas (0,100) lebih besar dari 0,05 maka hipotesis alternative (Ha) ditolak. Artinya tidak ada pengaruh antara kebiasaan membaca Al-Qur’an terhadap prestasi belajar PAI siswa aspek psikomotorik.

ENGLISH:

The Qur'an is the holy book served as a lifeline Muslims worldwide were revealed to the Prophet Muhammad to all mankind. Reading the Qur'an though we do not yet understand its meaning is not a futile act because of repeated reading of the Qur'an has many amazing benefits to the physical and psychological health. Reading the Qur'an repeatedly not only improve the workings of the brain, but can be reassuring and soul so as to make the reader become calm. A learning must be a student needs peace, both sobriety and thinking. Achievement learn more influenced by various factors both factors from within the individual (internal) or from outside the individual (external). Some Factors that comes from within generally have a large and significant effect on learning out comes are achieved. As Nana Sudjana statement that results for students in the school 70% influenced by the ability of students and 30% are influenced by the environment.

This research was conducted at MAN 2 Madiun which aims to determine the habit of reading the Quran class X MAN 2 Madiun school 2014/2015, the level of learning achievement of Islamic Religious Education class X MAN 2 Madiun academic 2014/2015, and there is least influence the habit of reading the Qur'an on student achievement in class X MAN 2 Madiun academic 2014/2015

To conduct this research, quantitative research approach was used with Simple Linear Regression analysis. The population is all students of class X MAN 2 Madiun totaling 316 students. Sampling is carried out research using cluster sampling technique by taking a class X Model, X 3 and X IPS IPA 2 totaling 81 students.

These results indicate that a significant difference between the variable habit of reading the Qur'an students' learning achievement of Islamic education cognitive and affective aspects obtained significance value of 0.002 and 0.025. Therefore, the probability value of 0.002 and 0.025 less than 0.05 then the alternative hypothesis (Ha) is accepted. The meaning is there is influence which significantly between the habit of reading the Qur'an against PAI student learning achievement on cognitive and affective aspects. Analytical results for the variable habit of reading the Qur'an on the learning achievement of Islamic education psychomotor aspect significance value of 0.100. Therefore the probability (0.100) is greater than 0.05 then the alternative hypothesis (Ha) is rejected. The Meaning no there is influence amongst the habit of reading the Qur'an on the learning achievement of students PAI psychomotor aspects.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Zuhdi, A
Keywords: Kebiasaan Membaca Al-Qur’an; Prestasi Belajar; The Habit of Reading the Qur'an, Learning Achievement
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zulaikha Zulaikha
Date Deposited: 24 Jun 2016 02:33
Last Modified: 24 Jun 2016 02:33
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/2761

Actions (login required)

View Item View Item