Sa’diyah, Zumrotus (2015) Peningkatkan minat baca siswa di SDI Bani Hasyim Singosari Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13760011.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Berbagai penelitian tentang membaca menunjukan bahwa minat baca masyarakat Indonesia tergolong rendah, ditambah lagi dengan bekembangnya teknologi yang semakin canggih, terdapat berbagai media elektronik yang disuguhkan sebagai hiburan untuk anak-anak seperti gadget, hp, game online dll yang mengakibatkan anak kurang menyukai buku. Oleh sebab itu SDI Bani Hasyim ingin menumbuhkan rasa cinta terhadap buku dengan menerapkan beberapa upaya sehingga dapat menciptakan lingkungan membaca yang kondusif dan nyaman untuk membaca, yang mana jarang ditemui disekolah-sekolah lain khususnya tingkat Sekolah Dasar (SD).
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana cara sekolah untuk meningkatkan minat baca siswa di SDI Bani Hasyim Singosari Malang, dengan sub fokus penelitian: (1) upaya peningkatkan minat baca (2) implikasi peningkatkan minat baca siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi non partisipan, wawancara semi struktur, dan dokumentasi. Adapun subjek penelitian terdiri dari: kepala sekolah, waka kurikulum, guru kelas, dan siswa. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teori dari Miles B. dan Huberman Michael A yaitu, pengumpulan data, reduksi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian untuk menjaga keabsahan data maka dilakukan peningkatan ketekunan, triangulasi dan diskusi teman sejawat.
Hasil penelitian berdasarkan fokus penelitian yang pertama yaitu upaya peningkatkan minat baca siswa di SDI Bani Hasyim Singosari Malang dipetakan dalam tiga tahap yaitu tahap perencanaan meliputi; menyusun kegiatan membaca, menentukan target pencapaian, meningkatkan sumber daya guru, menciptakan lingkungan yang nyaman untuk membaca, memilih bacaan sesuai dengan usia, kemampuan dan minat, menempatkan buku pada tempat yang mudah dijangkau dan menyediakan perpustakaan yang memadahi. Tahap pelaksanaan meliputi; menerapkan jam wajib baca, memberi motivasi, mengajak siswa berkunjung ke toko buku atau perpustakaan umum, mengajarkan pada siswa untuk saling bertukar buku dengan teman, memberikan penghargaan (reward) untuk siswa yang gemar membaca, menjadikan buku sebagai pusat informasi dan membuat buku sendiri. Tahap evaluasi meliputi; ketika proses kegiatan membaca berlangsung, evaluasi berkala setiap bulan. Kemudian fokus penelitian kedua tentang implikasi peningkatkan minat baca siswa di SDI Bani Hasyim Singosari Malang adalah siswa mampu malaksanakan kegiatan membaca secara fokus, siswa mampu malaksanakan kegiatan membaca secara aktif di kelas, siswa mampu menggunakan waktu secara efektif untuk membaca, siswa mampu menyimpulkan hasil dari membaca, siswa mampu memberikan tanggapan terhadap buku yang dibaca, siswa mampu melaksanakan kegiatan membaca dengan rasa senang tanpa keterpaksaan, siswa gemar mengoleksi buku bacaan, siswa mampu meminjam buku bacaan, siswa mampu membuat karya tulis dan meningkatkan prestasi belajar.
ABSTRACT
Various studies about reading showed that the public interest in Indonesia is considered low, coupled with increasingly sophisticated technology, there are a variety of electronic media presented as entertainment for children such as gadgets, phone, online games etc. The resulting child does not like the book. Therefore, SDI Bani Hasyim wants to foster a love of books by implementing several measures that can create an environment conducive to read and comfortable to read, which rarely found in other schools especially elementary school (SD).
This research aims to reveal any attempt schools to improve students' reading interest in SDI Hasyim Singosari Malang, with sub focus of research includes: (1) the efforts to increase reading interest (2) implications for increase students' reading interest.
This research used a qualitative approach with data collection technique non-participant observation, semi-structured interviews, and documentation. As for the subject of the study consisted of: principal, waka curriculum, classroom teachers, and students. while data analysis technique using the theory of Miles B. and Huberman Michael A, namely, data collection, data reduction, exposure data, and drawing conclusions. Then to maintain the validity of the data then be increased persistence, triangulation and peer discussion.
The results based on first research focus is efforts to increase students' reading interest in SDI Bani Hasyim Singosari Malang mapped in three stages it is the planning stage include; compose reading, determine achievement targets, increase teacher resources, create a comfortable environment for reading, choose readings according to age, ability and interest, put the book in an accessible place and providing adequate library. The implementation stage include; apply hour required reading, motivate students, invites students to visit a bookstore or public library, teaches students to exchange books with friends, giving awards (reward) for students who love to read, makes books as the center of all the information and make the book itself. The evaluation stage Include; when the reading progresses, periodic evaluations of each month. Then second research focus about implications for increase students' reading interest in SDI Bani Hasyim Singosari Malang is students are able to implement the read focusly, students are able to implement read actively in the classroom, students are able to use the time effectively for reading, conclude the reading results, students are able to respond to the books has been read, students are able to implement reading with pleasure without compulsion, students love to collect books, students are able to implement borrow books, students are able to make writing and improving learning achievement.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hady, M. Samsul and Yasin, Ahmad Fatah | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Peningkatan; Minat Baca; School Effort; Interest in Reading | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | |||||||||
Depositing User: | Ratih Novitasari | |||||||||
Date Deposited: | 24 Jun 2016 09:48 | |||||||||
Last Modified: | 16 May 2023 13:59 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/2757 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |