Mubarak, Nur Habibatusy Syauqil (2016) Pengaruh penerapan Kurikulum 2013 terhadap hasil pembelajaran fikih pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
11110025.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Kurikulum 2013 dapat diartikan sebagai suatu konsep kurikulum baru yang menekankan pada pengembangan kemampuan melakukan (kompetensi) dan mengedepankan karakter siswa. Namun, di dalam penerapannya, kurikulum ini menuai pro dan kontra di lapangan. Kurikulum sendiri merupakan seperangkat rencana keseluruhan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
Mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah adalah salah satu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang satu bidang ilmu dalam syari’at Islam yang secara khusus membahas persoalan hukum yang mengatur berbagai aspek kehidupan manusia, yang mana merupakan peningkatan dari Fikih yang telah dipelajari oleh peserta didik di Madrasah Tsanawiyah/SMP. Dan MAN 1 Kota Malang merupakan salah satu sekolah yang sudah menerapkan Kurikulum 2013 dalam pembelajarannya.
Dari latar belakang itulah muncul pertanyaan apakah Kurikulum 2013 berpengaruh terhadap hasil pembelajaran fikih pada siswa kelas x di MAN 1 Kota Malang. Kemudian penulis ingin membahasnya dalam skripsi dengan mengambil judul pengaruh Kurikulum 2013 terhadap hasil pembelajaran fikih pada siswa kelas x MAN 1 Kota Malang. Dengan mengungkap bagaimana penerapan Kurikulum 2013 dalam pembelajaran fikih, dan pengaruh Kurikulum 2013 terhadap hasil pembelajaran fikih pada siswa kelas x.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis inferensial menggunakan regresi sederhana. Untuk mendapatkan data yang diteliti maka peneliti mengambil sampel 45 responden dari populasi 222 siswa kelas x. Adapun metode yang digunakan adalah angket/ kuisioner, dokumentasi, observasi, dan wawancara. Kemudian data hasil dari kuisioner dianalisis dengan menggunakan media spss 20 for windows.
Dari hasil analisis penerapan kurikulum 2013 mendapatkan responden terbanyak masuk dalam kategori rendah dengan jumlah 33,3% responden. Dan pengaruh Kurikulum 2013 terhadap hasil pembelajaran fikih pasa siswa kelas x diperoleh t hitung > t tabel (2,234 > 2,017) dengan nilai signifikan 0,031 < 0,05.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa implementasi Kurikulum 2013 pada pembelajaran fikih kelas X di MAN 1 Kota Malang masih belum baik dan terdapat hubungan yang positif signifikan antara variabel Kurikulum 2013 (X) terhadap hasil Pembelajaran fikih (Y). Dengan demikian, semakin baik penerapan Kurikulum 2013 yang diterapkan maka semakin baik pula hasil pembelajaran fikih yang akan diperoleh oleh siswa.
ENGLISH:
Curriculum 2013 can be mean as a new concept of curriculum which emphasizes on developing ability to do (competition) and student’s character. But at the practice, there are some problematic including pro and contra about this curriculum in the field of application. This curriculum consist of integrative plans about purposes, content, and learning sources to reach the education purposes.
Fiqh subject at Islamic Senior High School is one of Islamic education subjects which focuses on Islamic law and sharia that especially that learn over all the aspects of the life of the human being which is continue from Fiqh subject at Islamic Junior High School. And Islamic Public Senior High School (MAN) 1 Malang is the one of School that applies Curriculum 2013 at the learning process.
These facts are the causes of many questions, Is curriculum 2013 influents the results of Fiqh subject from the grade X student in Islamic Public Senior High School (MAN) 1 Malang. And Islamic Public Senior High School (MAN) 1 Malang. Then the author wants to write over it on minithesis with the tittle The effect of curriculum 2013 application through learning result at fiqh subject grade X Islamic Public Senior High School (MAN) 1 Malang. With describing the application of curriculum 2013 at Fiqh learning, and the effect of curriculum 2013 through the result of Fiqh learning of the students grade X.
This research uses quantitative approach by analyzing inferential with uses simple regression. To get the data, the author takes sample from 45 respondent at the population among 222 students grade X. The method that used in this research is questioner, documentation, observation, and interview. Then the data are analyzed by media spss 20 for windows.
From the analyzing result of curriculum 2013 application gets most respondents includes at low category with the number 33,3% respondents and the effect of curriculum 2013 through the results of Fiqh learning at grade X Islamic Public Senior High School (MAN) 1 Malang gets t count > t table (2,234 >2,017) with significant value 0,031 < 0,05.
According to the result of this research can be knew that curriculum 2013 implementation grade X Islamic Public Senior High School (MAN) 1 Malang isn’t good yet. And there are some positive significant relation between variable curriculum 2013 (X) to the result of Fiqh Learning (Y). Then if curriculum 2013 application is going better so the result of Fiqh learning will be better.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mulyono, Mulyono | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kurikulum 2013; Pembelajaran Fikih; Curriculum 2013; Fiqh Learning | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 24 Jun 2016 09:29 | ||||||
Last Modified: | 24 Jun 2016 09:29 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/2753 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |