Yulaida, Dewi (2016) Pengaruh metode praktikum terhadap motivasi dan hasil belajar IPA Kelas IV SDN Kemiri I Puspo Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
11140113.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA:
Telah dimaklumi bersama bahwa kegiatan manajemen pengajaran, guru mempunyai kedudukan sentral, sebab dialah yang berperan sebagai sutradara dan sekaligus sebagai aktor. Berhasil tidaknya suatu pembelajaran sangat ditentukan oleh usaha guru dalam memberikan motivasi kepada peserta didik. Oleh karena itu, seorang guru harus pandai dalam memotivasi anak didiknya, salah satunya dengan menggunakan metode pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif, salah satunya adalah metode praktikum.
Dalam pembelajaran IPA dibutuhkan metode yang tepat dalam penyampaiannya. Salah satu metode yang paling tepat digunakan dalam pembelajaran IPA adalah metode praktikum, karena metode praktikum membuat para siswa menjadi aktif dalam proses pembelajaran. Sebagaimana uraian diatas peneliti mengamati jika guru menggunakan metode praktikum dalam pembelajaran IPA maka akan memberikan pengaruh positif terhadap motivasi dan hasil belajar siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, karena peneliti ingin menguji keefektivan penggunaan metode praktikum terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 30 siswa dari siswa kelas 4A dan 4B SDN Kemiri I Puspo Pasuruan. Pengumpulan data menggunakan kuisioner, tes, wawancara, dan dokumentsi. Analisa data untuk mengetahui motivasi siswa dengan melakukan penskoran terhadap masing- masing kelas. Untuk mengukur pengaruh terhadap hasil belajar menggunakan uji t ( independent sample t- test).
Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan yang signifikan penggunaan metode praktikum terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Untuk motivasi belajar diperoleh nilai t hitung sebesar 2.45 kemudian dibandingkan dengan t tabel 1.701, t hitung lebih besar dari t tabel. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya ada perbedaan yang signifikan terhadap motivasi belajar. Untuk hasil belajar, ditemukan t hitung sebesar 2,77, kemudian dibandingkan dengan ttabel dengan dk = n1 + n2 – 2 = 28. Dengan dk 28 dan taraf kesalahan 5 %, maka ttabel1,701. Dengan ketentuan jika thitung>ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima.Ternyata thitung lebih besar dari pada ttabel( 2,77> 1,701 ) dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Kemiri I Puspo Pasuruan.
ENGLISH:
Understood together that in the management activities of teaching, teachers have a central position, namely as a director as well as actor. Success or failure is determined by a learning effort of teachers in motivating the students. Therefore, a teacher must be good at motivating their students, one of them by using teaching methods that actively involve students, one of which is the Practice method.
In natural science needed the proper method of delivery. One of the most precise methods used in natural science learning is a practical method, since the practical method to get active students in the learning process. As the above description researchers observed if the teacher uses practical methods in science learning will have a positive influence on motivation and student learning outcomes.
This research was an experimental research, because researcher wanted to test the effectiveness of the use of practical methods on motivation and student learning outcomes. The research sample included 30 students from classes 4A and 4B students of SDN Kemiri I PuspoPasuruan. Collecting data used questionnaires, tests, interviews, and documentation. Analysis of data was to determine the students' motivation by scoring against each class. To measure the effect on learning outcomes used the t test (independent sample t-test).
The results showed that was no significant difference in the use of practical methods on motivation and student learning outcomes. For motivation to learn t value calculated at 2.45 then compared with t table 1,701, t count was greater than t table. Thus Ho was rejected and Ha was accepted. In conclusion there were significant differences on motivation to learn. For learning outcomes, it was found tcount was 2.77, and compared with ttable with dk = n1 + n2 – 2 = 28. With dk of 28 and standard error was 5%, then ttable1,701. With the provision that if tcount> t table, then Ho was rejected and Ha was accepted. It turned out that t countwas greater than t table (2.77> 1.701) so Ho was rejected and Ha was accepted. In conclusion there was a significant difference towardlearning outcomes of class IVstudents of SDN Kemiri I PuspoPasuruan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wibowo, Agus Mukti | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Praktikum; Motivasi Belajar; Hasil Belajar; Practical Methods; Learning Motivation; Learning Outcomes | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Ratih Novitasari | ||||||
Date Deposited: | 24 Jun 2016 09:25 | ||||||
Last Modified: | 24 Jun 2016 09:25 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/2749 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |