Pengembangan buku ajar tematik berbasis komik Islami pada materi “kebersamaan dalam keluarga” untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas 1 MI Nurul Hikmah Malang

Aisyah, Siti (2016) Pengembangan buku ajar tematik berbasis komik Islami pada materi “kebersamaan dalam keluarga” untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas 1 MI Nurul Hikmah Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
11140083.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (50MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Pembelajaran tematik adalah pembelajaran terpadu antar satu mata pelajaran terhadap mata pelajaran lain yang di ringkas dalam tema. Keberhasilan pembelajaran ini di rasa belum maksimal pada kelas 1 karena siswa kelas 1 masih belum mampu membaca tulisan panjang. Hasil wawancara guru tematik, didapatkan bahwa dalam pembelajaran tematik ada beberapa siswa yang belum mampu memahami isi buku dikarenakan buku masih dominan berisi tulisan panjang. Guru tematik berharap akan nada buku penunjang buku tematik yang dominan berisi gambar untuk memudahkan belajar siswa.

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Mengembangkan buku ajar tematik berbasis Komik Islami pada materi “Kebersamaan dalam Keluarga” untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas 1 MI Nurul Hikmah Malang, 2) Mengukur tingkat validasi buku ajar tematik berbasis Komik Islami, dan 3) Menghitung perbedaan hasil belajar siswa kelas I sebelum dan sesudah menggunakan pengembangan buku ajar tematik berbasis Komik Islami. Disamping itu, bahan ajar ini berfungsi untuk memfasilitasi siswa dalam belajar materi tematik.

Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan penelitian pengembangan Research and Development (R & D), dengan mengadaptasi model penelitian R & D milik Borg and Gall yang memiliki sepuluh langkah dalam prosedur pengembangannya. Sepuluh langkah tersebut adalah 1) meneliti dan mengumpulkan informasi, 2) perencanaan, 3) menyusun bahan ajar, 4) mengumpulkan opini dari para validator, 5) merevisi bahan ajar berdasarkan opini validator, 6) menguji bahan ajar pada 6 siswa sebagai kelompok kelas kecil, 7) merevisi bahan ajar, 8) menguji ulang bahan ajar pada 36 siswa sebagai kelompok kelas besar dan meminta pendapat guru tematik, 9) merevisi bahan ajar, dan 10) menulis hasil penelitian dalam bentuk skripsi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis Komik Islami tematik mendapat penilaian kualifikasi yang baik, hasil validasi dari guru tematik sebesar 80% berarti bahan ajar valid dan tidak revisi, dari ahli isi mendapat nilai 78% dan 92% berarti valid dan tidak revisi, dari ahli desain mendapat nilai 86% dan 78% berarti valid dan tidak revisi. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan uji t dengan tingkat kemaknaan 0,05 pada uji coba kelas kecil dengan jumlah sampel 9 orang siswa diperoleh hasil t2hitung ≥ t2tabel yaitu 2,5 ≥ 1,8 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga X2 > X1 (75 > 37,6) yang berarti post-test > pre-test. Sedangkan perhitungan menggunakan uji t pada uji coba kelas besar dengan populasi 36 orang siswa diperoleh hasil t2hitung ≥ t2tabel yaitu 3,5 ≥ 2,028 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga X2 > X1 (82 > 72) juga menunjukkan bahwa post-tes > pre-test.

Kesimpulannya terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar tematik siswa kelas I sebelum dan sesudah menggunakan bahan ajar berbasis Komik Islami Tematik. Jadi, bahan ajar ini terbukti secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I MI Nurul Hikmah Malang.

ENGLISH:

Thematic learning is an integrated learning between one material to another material which is conculated into theme. This learning fell has not maksimum yet for first grade students because the first grade students has not be able to read a long sentences. Based on the interview, the thematic teacher said that several students have not be able to understand the material inside the book because they can not reading yet and cannot understand well long sentences in a paragraph. The thematic teacher hope there will be a supported book with dominant picture inside the book to make students easy learning the book.

This research aims to 1) Produce the product in form of Islamic Comic based- thematic teaching material on “Togetherness in the Family” to improve first grade student’s achievement in MI Nurul Hikmah Malang, 2) determine the validity of Islamic Comic based- thematic teaching material on “Togetherness in the Family” for first grade students in MI Nurul Hikmah, and 3) know the first grade student’s learning achievement before and after using Islamic comic based-Thematic teaching material on “Togetherness in the Family”. Besides that, this thematic teaching material functioned to facilitate the students in learning thematic material.

To achieve the aims above, the researcher used Research and Development (R & D) research, by adapting the research model of Borg and Gall which is consist of ten procedures. Thus ten procedures are 1) research and collecting information, 2) planning, 3) develop preliminary form of the product, 4) preliminary field testing (validation test), 5) do revision based on the results of the validation test, 6) Small-scale group testing consist of six students as sample, 7) do revision to the product, 8) Big-scale group testing to the population subject (36 students) and asking the opinion to the thematic teacher, 9) do revision to the product developed, and 10) write down the result into thesis.

This research showed that Islamic Comic based- thematic teaching material got a valid qualification assessment, the result of thematic teacher expert was 80% means this product valid without revision, the result of contents expert were 78% and 92% means valid without revision, the result of designs expert 86% and 78% means valid without revision. By calculation using a t-test with significance level of 0.05 for small-scale test taken to nine students as sample was obtained results t2 ≥ t2table ie 2,5 ≥ 1,8 means that Ho is rejected and Ha accepted. So that X2 > X1 (75 > 37,6) means post-test > pre-test. It also happen to the Big-scale test using a t-test with significance level of 0.05 taken to thirty six students was obtained results t2 ≥ t2table ie 3,5 ≥ 2,028 means that Ho is rejected and Ha accepted. So that X2 > X1 (82 > 72) showed that post-tes > pre-test.

In conclusion there are significant differences in students’ achievement on thematic learning for first grade students before and after using Islamic comic based- thematic teaching material. Thus, Islamic comic based- thematic teaching materials shown to significantly improve the students’ achievement on first grade students of Nurul Hikmah Malang Islamic eelemntary school.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Yahya, Mokhammad
Keywords: Tematik; Bahan Ajar; Komik Islami Tematik; Hasil Belajar Siswa; Thematic Teaching Material; Islamic Comic; Student’s Achievement
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ratih Novitasari
Date Deposited: 23 Jun 2016 05:22
Last Modified: 23 Jun 2016 05:22
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/2746

Actions (login required)

View Item View Item