Penggunaan media audio visual untuk meningkatkan motivasi belajar tentang peristiwa proklamasi pada siswa kelas V mata pelajaran IPS di MI Al-Falah Pagu Wates Kediri

Estika Z, Nissa (2016) Penggunaan media audio visual untuk meningkatkan motivasi belajar tentang peristiwa proklamasi pada siswa kelas V mata pelajaran IPS di MI Al-Falah Pagu Wates Kediri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
10140104.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA:

Media audio visual adalah media instruksional modern yang sesuai dengan perkembangan zaman, meliputi media yang dapat dilihat, didengar dan yang dapat dilihat dan didengar. Misalnya rekaman video, berbagai rekaman film, slide suara, dan lain sebagainya. Kemampuan media ini dianggap lebih baik dan lebih menarik. Penekanan utama dalam pengajaran audio visual adalah pada nilai belajar yang diperoleh melalui pengalaman kongkret, tidak hanya didasarkan pada kata-kata belaka.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan proses perencanaan penggunaan media audio visual untuk meingkatkan motivasi belajar pada siswa kelas V mata pelajaran IPS di MI Al Falah Pagu Wates Kabupaten Kediri, (2) mendeskripsikan proses pelaksanaan penggunaan media audio visual untuk meningkatkan motivasi belajar pada siswa kelas V mata pelajaran IPS di MI Al Falah Pagu Wates Kabupaten Kediri, (3) mendeskripsikan proses penilaian penggunaan media audio visual untuk meningkatkan motivasi belajar pada siswa kelas V mata pelajaran IPS di MI Al Falah Pagu Wates Kabupaten Kediri

Untuk mencapai tujuan di atas, yang peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya yaitu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua kali penelitian. Dalam pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data dan menarik kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) proses perencanaan penggunaan media audio visual untuk meningkatkan motivasi belajar mata pelajaran IPS di MI Al Falah Pagu Wates Kediri, dilakukan kolaborasi dengan baik antara peneliti dengan guru sesuai dengan rencana, (2) proses pelaksanaan penggunaan media audio visual untuk meningkatkan motivasi belajar mata pelajaran IPS di MI Al Falah Pagu Wates Kediri, berjalan dengan baik, siswa merasa senang dan bersemangat selama proses pembelajaran berlangsung dan peneliti mendapat pengalaman baru, (3) proses evaluasi penggunaan media audio visual untuk meningkatkan motivasi belajar mata pelajaran IPS di MI Al Falah Pagu Wates Kediri, secara kualitatif mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dan secara kuantitatif mampu meningkatkan hasil belajar disetiap pertemuan.

ENGLISH:

Audio-visual media is a modern instructional media in accordance with the times, including the media can be seen and heard. For example video recording, various movies recording, sound slides, and etc. The ability of the media is better and more interesting. The main emphasis in audio-visual teaching is the value of learning gained through concrete experience, not just based on mere words.

The purpose of this study was to: (1) describe the process of planning of the use of audio visual media in increasing learning motivation in class V of social science subjects in Islamic elementary school of Al-Falah Pagu Wates Kediri, (2) describe the process of implementing the use of audio-visual media in increasing learning motivation in class V of social science subjects in Islamic elementary school of Al-Falah Pagu Wates Kediri, (3) describe the process of assessing the use of audio-visual media in increasing learning motivation in class V of social science subjects in Islamic elementary school of Al-Falah Pagu Wates Kediri

To achieve the purpose above, the researcher used a qualitative approach to the type of research was classroom action research that study was conducted twice. In collecting the data used interviews, observation and documentation. Data were analyzed by reducing irrelevant data, presenting data and drawing conclusions.

The results showed that, (1) the process of planning the use of audio visual media above, carried out in collaboration with both the researcher and teacher in accordance with the plan, (2) the process of implementing the use of audio visual media above, running well, students felt happy and excited during the learning process and researcher had new experiences, (3) the process of evaluation of the use of audio visual media above. Qualitatively was able to increase students' motivation and quantitatively was able to improve learning outcomes of each meeting.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Widodo, Bintoro
Keywords: Media Audio Visual; Motivasi Belajar; Learning Motivation
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ratih Novitasari
Date Deposited: 24 Jun 2016 02:25
Last Modified: 24 Jun 2016 02:25
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/2740

Actions (login required)

View Item View Item