Nuha, Liulin (2016) Implementasi pembelajaran team teaching di kelas I Sekolah Dasar Islam Terpadu Ahmad Yani Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10140055.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Usaha untuk meningkatkatkan dan mengembangkan proses pendidikan sudah dilakukan oleh pemerintah, misalnya perbaikan peningkatan kemampuan guru melalui perbaikan proses belajar mengajar. Dalam proses pembelajaran ini menjadi tanggung jawab guru, baik dalam merencanakan, melaksanakan, maupun mengevaluasi pembelajaran siswa ketika dihadapkan dengan tuntutan kurikulum yang sangat kompleks dan kondisi nyata yang kurang kondusif, guru sering tidak berdaya dan memiliki keterbatasan untuk mengimplementasikan kurikulum sesuai dengan apa yang diharapkan. Pembelajaran team teaching ini merupakan salah satu cara pembelajaran yang melibatkan dua orang guru atau lebih. Dengan ini diharapkan terjadi kerjasama antar guru dalam mengelola pembelajaran.
Berdasarkan latar belakang di atas maka di dalamnya terdapat rumusan masalah yaitu Bagaimana perencanaan pembelajaran team teaching?Bagaimana pelaksanaan pembelajaran team teaching?Bagaimana evaluasi pembelajaran team teaching? Serta bagaimanakah kendala dan solusi yang dihadapi dalam pembelajaran team teaching di kelas 1 SDIT Ahmad Yani Malang?
Penelitian ini dilakukan di kelas I SDIT Ahmad Yani Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian data yang terkumpul berupa kata-kata dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Perencanaan implementasi pembelajaran team teaching adalah berpedoman pada RPP dan silabus. Guru team teaching berkolaborasi atau bekerjasama dalam menyusun RPP, menentukan metode dan media yang sesuai dengan materi. Dalam perencanaan pembelajaran ini masing-masing guru harus bertanggung jawab terhadap peran atau tugasnya masing-masing sesuai dengan apa yang telah disepakati bersama. 2) Pelaksanaan implementasi pembelajaran team teaching adalah menggunakan jenis team teaching penuh yakni seluruh kegiatan pembelajaran dilakukan bersama - sama oleh guru team teaching. Dalam pelaksanaan team teaching di kelas I SDIT Ahmad Yani terdapat dua guru yang mengajar dalam satu kelas yakni guru utama dan guru pendamping. Selain itu pembelajaran team teaching di kelas I SDIT Ahmad Yani juga menggunakan kategoriSupported Instruction yakni salah seorang guru menyampaikan materi pelajaran, sedangkan guru lainnya melakukan kegiatan tindak lanjut dari materi yang disampaikan. Kategori lainnya yakni monitoring Teacher yaitu Salah seorang guru melakukan pembelajaran di kelas, sedangkan yang lainnya berkeliling untuk memonitor perilaku dan kemajuan siswa. 3) Evaluasi Implementasi pembelajaran team teaching yaitu ada 2 model yaitu evaluasi guru dengan cara memberi kritikan dan saran untuk perbaikan mengajar, evaluasi siswa menggunakan sumatif dan formatif. Evaluasi sumatif dilakukan dengan melakukan ulangan, Ujian Tengah Semester (UTS), dan Ujian Akhir Semester (UAS). Sedangkan evaluasi formatif biasanya digunakan oleh guru untuk mengulangi pembelajaran yang telah disampaikan oleh guru di akhir pembelajaran dengan memberikan pertanyaan langsung maupun memberikan test yang harus dikumpulkan hari itu juga. 4) Kendala implementasi pembelajaran team teaching yakni perbedaan pendapat antar guru dalam menentukan metode pembelajaran, solusinya yaitu meminta pendapat guru ketiga.Kecemburuan antar siswa dikarenakan guru hanya memperhatikan beberapa siswa saja, solusinya yakni membagi kelas menjadi dua sehingga guru akan lebih mudah dalam mengawasi siswa. Beberapa siswa menggantungkan kepada guru pendamping, solusinya dengan cara mendiamkan siswa selama beberapa menit untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk lebih mandiri dalam menyelesaikan tugas.
ENGLISH:
Efforts to improve and develop the educational process has been conducted by the government, such improvements teacher capacity building through improved teaching and learning process. In this learning process is the responsibility of teachers, both in planning, implementing, and evaluating student learning when faced with the demands of the curriculum that is highly complex and real conditions unfavorable, teachers are often helpless and limitations to implement the curriculum in accordance with what is expected. Learning team teaching is one way of learning which involves two or more teachers. This is expected to occur with the cooperation between teachers in managing learning.
Based on the background of study above, included a formulation of the problem is 1) What lesson planning team teaching? 2) How is the implementation of learning team teaching? 3) How learning evaluation team teaching? As well as how the challenges and solutions faced in the learning team teaching in thefirst grade in SekolahDasarIslam Terpadu (SDIT) Ahmad Yani of Malang?
This research was conducted in the first grade SDIT Ahmad Yani of Malang. The method used is descriptive qualitative. Data were collected by using interviews, observation and documentation. Then the data collected in the form of words were analyzed with descriptive qualitative techniques.
The results showed: 1) Planning learning implementation team teaching is guided by the RPP and syllabus. Team teaching teachers collaborate or cooperate in preparing lesson plans, determine methods and media appropriate to the material. In this lesson plan each teacher must take responsibility for the role or their respective duties in accordance with what has been agreed. 2) The implementation of team teaching is learning to use the kind of team teaching full throughout the learning activities carried out together - the same teacher teaching team. In the implementation of team teaching in the first grade SDIT Ahmad Yani there are two teachers who teach in a class that are the main teacher and teacher assistant. Besides learning team teaching in the first grade SDIT Ahmad Yani also use category Supported Instruction that one of the teachers delivering course material, while other teachers do a follow-up activity of the material presented. Other categories namely monitoring Teacher namely One teacher learning in the classroom, while others are around to monitor the behavior and progress of students. 3) Evaluation of the Implementation team teaching learning that there are two models, namely the evaluation of teachers by giving criticism and suggestions for improvement of teaching, student evaluations using summative and formative. Summative evaluation is done by repetition, Middle Semester Exam (UTS), and Final Examination Semester (UAS). While the formative evaluation is usually used by the teacher to repeat the learning that has been presented by the teacher at the end of the lesson by asking questions directly or provide a test that must be collected the same day. 4) Constraints learning implementation team teaching that is the difference in opinion between teachers in defining teaching methods, the solution is asking the third opinion. Jealously teacher among students because teachers only pay attention to some students only, the solution which is split into two classes so that teachers will be easier in supervising students. Some students hang the accompanying teachers, a solution by way of student silence for a few minutes to provide an opportunity for students to be more independent in completing the task.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sholeh, Ahmad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Implementasi; Pembelajaran; Team Teaching | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Ratih Novitasari | ||||||
Date Deposited: | 23 Jun 2016 12:23 | ||||||
Last Modified: | 12 Apr 2023 10:33 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/2737 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |