Pengembangan media pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis autoplay untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran pada materi tatacara shalat siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 11 Rogojampi

Basid, Abdul Murat Hairul (2016) Pengembangan media pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis autoplay untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran pada materi tatacara shalat siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 11 Rogojampi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
09110143.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

PengembanganMedia Pembelajaran berbasis Autoplay pada Mata pelajaran PAI merupakan suatu proses pengembangan media yang dalam proses belajar mengajar dilakukan dengan cara menggunakan berbantuan computer sehingga pembelajaran tidak akan terkesan monoton. Untuk itu dalam pembelajaran PAI khususnya dalam materi shalat pengembangan media perlu dilakukan agar dapat berdampak baik terhadap peningkatan pemahaman materi PAI tentang tatacara shalat pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah11 Rogojampi.

Rumusan masalah penelitian ini antara lain; 1) Bagaimana desain media pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis autoplay pada materi tatacara shalat di kelas VII SMP Muhammadiyah 11 Rogojampi Banyuwangi? 2) Apakah media pembelajaran berbasis autoplay ini efektif pengunaanya bagi siswa pada materi tatacara shalat di kelas VII SMP Muhammadiyah 11 Rogojampi Banyuwangi? 3) Bagaimana pengembangan media pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis autoplay pada materi tatacara shalat dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran bagi siswa di kelas VII SMP Muhammadiyah 11 Rogojampi Banyuwangi?

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model pengembangan menggunakan model Borg&Gall.

Hasil validasi dari ahli materi menunjukkan angka 87,5, validasi konsultan ahli media menunjukkan angka 82,5 dan validasi praktisi lapangan menunjukkan angka 80. Hasil ujicoba menunjukkan prosentase rata-rata perolehan hasil belajar pada tes terakhir kelas eksperimen mencapai angka 87 dibanding kelas control dengan angka 69.

Dengan demikian, 1)Pengembangan yang dilakukan menghasilkan produk berupa media berbentuk CD interaktif berbasis Autoplay pada matapelajaran Pendidikan Agama Islam materi tatacara shalat untuk siswa SMP kelas VII 2) Kualitas produk termasuk kriteria “sangat baik” karena media ini memiliki tingkat keefektifan kemenarikan dan kemudahan yang tinggi berdasarkan hasil penilaian dari validator ahli yaitu dosen ahli materi, dosen ahli media dan guru pelajaran Pendidikan Agama Islam, 3) Perolehan hasil belajar siswa kelas VII B menunjukkan angka peningkatan 32,4.

ENGLISH:

Development of Learning Media with Autoplay-Based on the Islamic Education Lesson is a process of develop media in teaching and learning activities which is done by using computer-aided so that learning will not be monotonous. for that, in learning Islamic education, especially in the matter of pray shalat media development needs to be done that can impact both on improved understanding of Islamic religious education materials on the procedure for pray in class VII SMP Muhammadiyah 11 Rogojampi.

Formulation of the problem in This research is ; 1 ) How is design Islamic Education instructional media based autoplay the material procedures pray shalat in class VII SMP Muhammadiyah 11 RogojampiBanyuwangi ? 2 ) Is the learning media based autoplay is effective for students on the material procedures pray shalat in class VII SMP Muhammadiyah 11 RogojampiBanyuwangi ?

The research method used in this study is a research and development (Research and Development ). Model development using Borg & Gall models.

Results of the validation from matter expert figures show 87.5, validation media expert consultant figures show 82.5 and validation field practitioners shows the number 80. The test results show the average percentage of the acquisition of learning outcomes at the last test experimental class reached 87 compared to the control class with the number 69.

Thus, 1 ) Development is done in the form of media products in the form of an interactive CD Autoplay based on Islamic Education subject matter prayers procedures for junior high school students of class VII 2 ) Quality of products included in the category of " very good " because the media has a level of effectiveness and attractiveness and ease high based on the assessment results of the validation expert, materials expert lecturers consultants, media experts and teachers of Islamic education lessons , 3 ) Acquisition of learning outcomes of students of class VII B figures show an increase of 32.4.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Zuhdi, A
Keywords: Pengembangan; Media Pembelajaran; Tatacara Shalat; PAI; Development; Learning Media; Procedures Prayers; Shalat; Islamic Religious Education
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zulaikha Zulaikha
Date Deposited: 17 Jun 2016 07:01
Last Modified: 17 Jun 2016 07:01
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/2736

Actions (login required)

View Item View Item