Mustofa, Bisri (2016) Nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam al-Qur'an surat al-Isra ayat 23-24. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09110091.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Kepribadian dapat terbentuk melalui semua pengalaman dan nilai-nilai yang diserap dalam pertumbuhan dan perkembangannya, terutama pada tahun- tahun pertama dari umurnya. Apabila nilai-nilai agama banyak masuk kedalam pembentukan kepribadian seseorang, maka tingkah laku orang tersebutakan banyak diarahkan dan dikendalikan oleh nilai-nilai agama. Disinilah letak pentingnya pengalaman dan pendidikan pada masa-masa pertumbuhan dan perkembangan seseorang. Betapapun sederhananya pendidikan yang dilaksanakan dalam keluarga tetaplah sangat berpengaruh pada pembentukan kepribadian anak. Karena dari keluargalah pertumbuhan fisik dan mental anak dimulai. Bahkan dalam Islam, sistem pendidikan keluarga ini dipandang sebagai penentu masa depan anak.
Fokus penelitian ini adalah Pengertian Nilai-Nilai Pendidikan Agama islam Dalam A1-Quran Surat Al-isra’ ayat 23-24 Menurut Mufassir dan Nilai- nilai Pendidikan Agama islam dalam Surat Al-Isra’ ayat 23 – 24.
Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (library research), sedangkan Sumber Data tafsir al-Maraghi, tafsir Ibnu Kastir, tafsir al-Qur’anul Majid an-Nuur, tafsir al-Misbah. sedangkan sumber data sekunder: sumber data yang diperoleh dari sumber-sumber lain yang berkaitan, memberi interpretasi terhadap sumber primer,seperti pengatar studi akhlak pengantar mengartikulasikan pendidikan nilai (pengantar kangan prof. Dr. Dedi supardi) ilmu pendidikan islam dalam persepektif islam pengantar Dr. Ahmad tafsir. seperti hadist Sahih Muslim, etika mendidik anak menjadi sholeh (karangan Ust. Labib Mz), anak sholeh (karangan Umar Hasyim), kitab taisirul kholaq, kitab attarbiyah wat tahdhib dan pola komunikasi orang tua dan anak dalam keluarga (karangan Syaiful Bahri Djamarah). Teknik Pengumpulan Data pertama pengambilan data primer yaitu data lansung dikumpulkan peneliti dari sumber pertama. Kedua, pengambilan data sekunder, yaitu data yang telah disusun dalam bentuk dokumen, Metode Analisis Data 1. Metode tafsir ibnu katsir, al-quranul karim, 2. Metode Interpretatif, 3. Metode komparasi. 4. Metode deduksi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Nilai-Nilai pendidikan Agama Islam dalam al-Qur’an Surat Al-Isra’ ayat: 23 – 24. a. Nilai Pendidikan Aqidah (Keimanan) diantaranya meliputu: 1). memperkenalkan nama Allah SWT dan Rasul-Nya 2). memberikan gambaran tentang siapa pencipta alam raya ini melalui kisah-kisah teladan. 3). memperkenalkan keMaha Agungan Allah SWT .4). perintah bertauhid kepada allah. 5). Taat kepada Allah dan Rasul-Nya b. Nilai Pendidikan Akhlak yang meliputi: 1). berbakti kepada orang tua 2). saling menolong 3). mendoakan dalam kebaikan 4). menepati janji 5). jujur 6). ikhlas 7). bersikap terbuka untuk menghargai bahkan menampung pendapat akal pikiran, adat istiadat dan sebagainya yang dibuat oleh manusia. 8). berbuat baik terhadap kedua orangtua 9). perkataan yang baik, pantas, mulia,serta lemah lembut terhadapnya. 10). Allah SWT melarang hambanya mengelurkan perkataan yang menyakitkan hati kedua orangtua seperti membentak, memaki, menghardik serta mengeruhkan perasaan keduanya. 11). bertawadu’. Kepada orangtua. 12). Kasih sayang 13). Birullwalidain 14). Menghormati kedua orag tua 15). Bekata yang baik 16). Rendah hati.
ENGLISH:
Personality can be formed through all the experiences and values that are absorbed in the growth and development, especially in the first of age. If the religious values come into the formation of one's personality, then the behavior is directed and controlled by religious values. Therein the importance of experience and education is in times of a person's growth and development. However simplythe education that carried out in the family is still very influential in the formation of the child's personality. Because of that family,the physical and mental growth of children is begun. Even in Islam, family education system is seen as a determinant of a child's future.
The focus of this research is the Definition of Values of Islamic Education In A1-Quran Surah Al-Isra 'verse 23-24 According Mufassirand values of the Islamic Education in Surat Al-Isra' verse 23-24.
This study used library research (library research), while the Data Source Tafseer al-Maraghi, Tafsir Ibn Kastir, tafsir al-Majid Qur'anul an-Nuur, tafsir al- Misbah. while secondary data sources: the sources of the data obtained from other sources related, gave interpretations of the primary sources, such as an (pengantar studi akhlak) moral study indroductionof values education articulate introduction (introductory by prof. Dr. Dedi Supardi) (ilmu pendidikann islam dalam persepektif islam) Education science in Islamic perspectives of Dr. Ahmad Tafsir. such as the hadith of Sahih Muslim, (etika mendidikan akhlaq menjadi sholeh) Ethic to educate the pious child (created by Ust. Labib Mz), (anak sholeh) Pious child (created by Umar Hashim), the book taisirul kholaq, book (attarbiyah wat Tahdhib dan pola komunikasi orang tua dan anak dalam keluarga) attarbiyah wat Tahdhib communication patterns of parents and children in the family (essay Saiful Bahri Djamarah). First Data Collection Techniques were making primary data collected directly from the first source of the researcher. Second, the taking of secondary data, was data that has been compiled in the form of documents, Data Analysis Method 1. Method of tafsir Ibn Kathir, Al-Quranul karim 2.Interpretative Method, 3.Method of comparison. 4. The method of deduction.
The results of this study indicated that, Values of Islamic education in the Qur'an Surat Al-Isra 'verse: 23 - 24. a. Aqidah Education Values (Faith) of which included: 1). introducing the name of Allah and His Messenger 2). Giving an idea of who the creator of the universe through the stories of exemplary. 3). Introducingthe greatness of Allah SWT .4). Commandingthe tauhidof the God. 5). Obeying Allah and His Messenger b. Values of Moral Education which included: 1). filial to parents 2). Help each other 3). Pray in goodness 4). Keep promises 5). Honest 6). ikhlas 7). Opening mindto appreciate even accommodate opinions minds, customs and so on which were made by humans. 8). Good act to parents 9).a kind word, worthy, noble, and gentle against him. 10). Allah forbid servants put out words that offended parents like yell, scold, scold and muddying the feelings of both. 11). Humble to parents. 12) Affection 13).Birullwalidain14). Respect both parents 15). Say good 16). Humble.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mujtahid, Mujtahid | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Nilai-nilai pendidikan agama Islam; Islamic education values | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 17 Jun 2016 14:02 | ||||||
Last Modified: | 17 Jun 2016 14:02 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/2733 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |