Rosi, M. Afandi (2016) Penerapan metode pembelajaran picture and picture untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas I MI Yaspuri Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
11140085.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Proses pembelajaran yang berkualitas melibatkan banyak hal, salah satunya adalah metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Metode pembelajaran yang diterapkan akan sangat mempengaruhi siswa dalam menyerap materi yang disampaikan oleh guru. Jika seorang guru menyampaikan materi menggunakan metode pembelajaran yang variatif dan menyenangkan, maka siswa akan lebih tertarik untuk menyimak materi yang disampaikan. Sebaliknya jika guru hanya mengajar dengan metode konvensional maka siswa akan bosan dan tidak tertarik menyimak materi yang sedang diajarkan. Maka dari itu, guru dituntut untuk mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan dapat membuat siswa belajar dengan sungguh-sungguh melalui metode pembelajaran yang diterapkan
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui perencanaan metode pembelajaran picture and picture pada mata pelajaran akidah akhlak siswa kelas 1 MI Yaspuri Kota Malang, (2) mengetahui pelaksanaan metode pembelajaran picture and picture pada mata pelajaran akidah akhlak siswa kelas 1 MI Yaspuri Kota Malang, (3) mengetahui hasil belajar siswa setelah penerapan metode pembelajaran picture and picture pada mata pelajaran akidah akhlak siswa kelas 1 MI Yaspuri Kota Malang.
Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data, memaparkan data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) prosedur penelitian tindakan kelas pada siswa kelas 1 MI Yaspuri Kota Malang terdiri 4 tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi, (2) penerapan metode pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak siswa kelas 1 MI Yaspuri Kota Malang, (3) hasil belajar siswa mengalami peningkatkan dari mulai pra tindakan, siklus I dan siklus II. Hasil belajar pre test siswa pada tahap pra tindakan adalah 56,3. Kemudian pada siklus I hasil belajar siswa sebesar 74,1 dan kemudian meningkat lagi menjadi 81,1 pada siklus II.
ENGLISH:
Quality learning process involves many things, one of which is learning methods applied by the teacher. Applied learning method will greatly affect students in the material presented by the teacher. If a teacher delivering materials teaching methods varied and fun, the students will be more interested in listening to the material presented. Conversely, if the teacher only taught with conventional methods, the students will be bored and not interested in listening to the material that is being taught. Therefore, teachers are required to be able to create an atmosphere of fun and learning can make students learn in earnest through applied learningmethod.
The purpose of this study was to: (1) determine the planning of learning methods of picture and picture on the subjects of theology morals graders 1 MI Yaspuri Malang, (2) determine the implementation of the learning method of picture and picture on the subjects of theology morals graders 1 MI Yaspuri City Malang, (3) determine student learning outcomes after the implementation of the learning method of picture and picture on the subjects of moral theology students in grade 1 MI Yaspuri Malang.
To achieve the above objectives, the study used a qualitative approach with classroom action research conducted by two research cycles. Data collection techniques used were observation, interviews, tests, field notes, and documentation. Data were analyzed by reducing the data, describing data,anddrawconclusions.
The results showed that, (1) the procedure classroom action research in class 1 MI Yaspuri Malang comprises four phases namely planning, implementation, observation, and reflection, (2) the application of learning methods of picture and picture can improve student learning outcomes in subjects Moral theology students in grade 1 MI Yaspuri Malang, (3) the results of student learning heightened ranging from pre-action, the first cycle and the second cycle. Pre-test learning outcomes of students at the pre-action stage is 56.3. Then on the first cycle of student learning outcomes by 74.1 and then increased again to 81.1 in the second cycle.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Padil, Moh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Pembelajaran Picture and Picture; Hasil Belajar | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Ratih Novitasari | ||||||
Date Deposited: | 23 Jun 2016 12:22 | ||||||
Last Modified: | 23 Jun 2016 12:22 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/2732 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |