A’yunin, Qurrota (2020) Self-efficacy pada mahasiswa aktivis organisasi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
![]() |
Text (Fulltext)
15410067.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
INDONESIA:
Mahasiswa merupakan generasi penerus bangsa yang diharapkan akan mampu terjun ke masyarakat. Sebagai bentuk pembelajaran, mahasiswa perlu memiliki bekal agar bisa berkontribusi dalam kemajuan bangsa. Pembelajaran dapat diperoleh mahasiswa dari prestasi akademik dan non akademik melalui kegiatan perkuliahan di ruang kuliah serta menambah pengalaman dengan mengikuti kegiatan organisasi. Namun kenyataannya masih banyak mahasiswa yang tidak bisa menjalankan perkuliahan dan organisasi secara seimbang. Dalam pengambilan sebuah keputusan, perlu adanya keyakinan diri atau self-efficacy. Oleh sebab itu, sebelum menjalankan peran sebagai mahasiswa sekaligus aktivis dibutuhkan adanya self-efficacy agar seorang individu dapat mengambil sebuah keputusan. Mahasiswa sekaligus seorang aktivis dihadapkan dengan berbagai tugas yang ada baik itu dari tugas kuliah maupun tugas organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keadaan self-efficacy mahasiswa terhadap penyelesaian tugas-tugas sebagai mahasiswa aktivis.
Metode yang digunakan merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi melalui subjek penelitian yang berjumlah tiga mahasiswa aktivis. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam semi terstruktur dan observasi partisipan kepada subjek penelitian baik dalam kegiatan perkuliahan maupun kegiatan organisasi. Penelitian yang dilakukan menggali aspek-aspek self-efficacy yaitu kognisi, motivasi, afeksi hingga seleksi yang dimiliki mahasiswa akademis sekaligus seorang aktivis organisasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan memperoleh hasil yaitu ketika memiliki self-efficacy yang kuat maka mahasiswa dapat memenuhi aspek-aspek tersebut dengan baik seperti menggunakan kemampuan berpikir untuk perencanaan, kekuatan motivasi untuk mendorong mahasiswa melakukan perannya, kemampuan terhindar dari emosi yang tidak stabil hingga pemilihan tugas-tugas yang akan diselesaikan. Selain faktor lingkungan, self-efficacy muncul dari diri sendiri bahwa individu yakin akan mampu menyelesaikan tugas-tugas. Pembagian peran yang baik akan membuat porsi antara kuliah dan organisasi menjadi seimbang demi tercapainya tujuan yang maksimal dari kedua hal tersebut.
ENGLISH:
Students are the next generation of the nation who are expected to be able to join the society. As a form of learning, students need to have provisions so they can contribute to the progress of the nation. Learning can be obtained by students from academic and non-academic achievements through in-room lecture activities and add experience by participating in organizational activities. But in reality there are still many students who cannot running lectures and organizations in a balanced way. In making a decision, it is necessary to have self-efficacy. Therefore, before carrying out the role of a student as well as an activist, self-efficacy is needed so that an individual can make a decision. Students and activists are faced with a variety of existing tasks both from college assignments and organizational assignments. This study aims to determine the state of students' self-efficacy in completing assignments as activist students.
The method used is a qualitative research with a phenomenological approach through a research subject of three activist students. Data collection uses semi-structured in-depth interviews and participant observation for research subjects both in lectures and organizational activities. Research conducted explores aspects of self-efficacy, namely cognition, motivation, affection to selection of academic students as well as an organizational activist. Based on research conducted to get results that is when having strong self-efficacy, students can meet these aspects well such as using thinking skill for planning, motivational power to encourage students to perform their role, the ability to avoid emotions that are not stable to the selection of tasks to be completed. In addition to environmental factors, self-efficacy appear from oneself that individuals believe will be able to complete tasks. A good division of roles will make the portion between lecture and organization balanced to achieve the maximum goals of both.
ARABIC:
الطلاب شبّان الوطن الذين يرجون ان يقعوا في المجتمع. تعليما ، الطلاب لا بدّ لهم علوم لكي يفيدوا بها في ترقية الوطن. وجد الطلاب علوما و تعليما من الجامعة و غيرها بإتباع التعليم فيها و يزيدوا خبرة بإتباع عملية جمعية. ولكن في الواقع ، كثير من الطلاب لا يستطيعون ان يقوموا بينهما متعادلا. في تقرير الأمور ، لا بد لهم اعتقاد النفس. ولهذا ، لا بدّ لهم اعتقاد النفس قبل ان يقرّروا أمورهم لكي يأخذوا تقريرا عادلا. الطلاب، لهم الوظائف من الجامعة. و من الجمعية والهدف من هذا البحث ، ليعلم اعتقاد نفس الطلاب علي إنهاء وظائفهم.
الطريقة المستعملة بحث نوعيّ بتقرّب تقدّم الشعور التي تقوم ثلاثة طلاب. إجماع البيانات بطريقة المقابلة التركيبية و تفقّد المشتركين علي المبحوث سوا كان من الجامعة و من الجمعية. البحوث المستعملة ليعلم الجوانب من اعتقاد النفس وهي العملية ، التشجيع ، الرحمة حتي المنوّعات التي يملك بها الطلاب جامعيّ و الطلاب جمعيّي. بالنسبة هذا البحث الذين يستعملون الطلاب يعنى نيل الحصول وهي اذا كان لديهم اعتقاد النفس القويّ ، اذًا سيجد الطلاب ذلك الجوانب جيدًا يعني استعمال الفكر للتنظيم ، التشجيع كي يقوم بها الطلاب، و يذهب عنه الغضب حتي اختيار الوظائف التي سينتهي. بخلاف عن جانب البيئة ، اعتقاد النفس ينبت من نفسهم ، ويعتقدون إنهاء وظائفهم، و تقسيم العملية الصحيحة ستجعل عملية الجامعة و عملية الجمعية متعادلا و حصول أقصى المقاصد من بينهما.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Astutik, Fuji | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Self-efficacy; Self-efficacy; اعتقاد النفس | ||||||
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Depositing User: | Qurrota A'yunin | ||||||
Date Deposited: | 28 Oct 2021 14:05 | ||||||
Last Modified: | 28 Oct 2021 14:05 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/26494 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |