Aulia, Ina (2021) Manajemen pembelajaran kitab kuning di Sekolah Tinggi Ilmu Kitab Kuning (STIKK) An-Nur 3 (putri) Bululawang Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
17170077.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji mengenai bagaimana manajemen pembelajaran kitab kuning (KK) yang diterapkan di STIKK An-Nur 3 yang meliputi (1) Bagaimana kegiatan perencanaan pembelajaran KK di STIKK An-Nur 3 Bululawang. (2) Bagaimana pelaksanaan kegiatan pembelajaran KK di STIKK An-Nur 3 Bululawang. (3) Bagaimana kegiatan evaluasi pembelajaran di STIKK An-Nur 3 Bululawang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Adapun pengumpulan datanya dilakukan dengan cara wawancara, dokumentasi dan observasi. Sedangkan teknik analisis data melalui tiga kegiatan yaitu reduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Pengujian terhadap kredibilitas pada penelitian ini dilakukan dengan triangulasi sumber dan data.
Temuan penelitian terkait manajemen pembelajaran KK di STIKK An-Nur 3 menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi telah dilaksanakan. Meskipun dari pelaksanaannya memiliki perbedan dengan pembelajaran pada lembaga formal ataupun pesantren lain. Hal tersebut dikarenakan pesantren sebagai lembaga pendidikan non formal memiliki kewenangan dalam mengatur pembelajarannya sendiri begitupun yang terjadi pada pembelajaran KK di STIKK. Kegiatan perencanaan pembelajaran dilakukan melalui rapat secara umum bersama pengasuh, ketua STIKK, ustadz ustadz pengajar STIKK, kepala madrasah dan semua ustadz dan ustadzah yang ada di An-Nur 3. Untuk persiapan ustadz sendiri dalam pembelajaran kitab kuning adalah dengan melakukan muthola’ah dan materinya berpedoman pada bab-bab yang ada dalam KK. Sedangkan dalam pelaksanaan pembelajarannya terdapat 3 tahap yaitu pembuka, isi dan penutup. Untuk metode pembelajaran yang digunakan beragam, yaitu metode sorogan, bandongan, tanya jawab, musyawarah dan presentasi. Untuk kegiatan evaluasi dilakukan dengan adanya ujian tiap semester. Ujian semester yang diberikan meliputi ujian tulis, lisan dan membaca KK. Selain evaluasi dengan ujian semester, para ustadz juga melakukan evaluasi setiap kali pembelajaran di kelas, baik evaluasi bacaan atau evaluasi metode pembelajaran yang mereka terapkan di kelas. Adapun evaluasi secara umum diadakan dalam forum rapat bulanan dan akhir tahun. Evaluasi bulanan dan akhir tahun ini dilakukan untuk memudahkan komunikasi antar pengajar. Selain untuk evaluasi, rapat bulanan juga terkadang membahas terkait kegiatan-kegiatan penting atau kegiatan penunjang pembelajaran. Hal ini terjadi karena tidak adanya kalender akademik di STIKK An-Nur 3 Bululawang.
ENGLISH:
This research was conducted to examine how the management of the Kitab Kuning learning (KK) is implemented in STIKK An-Nur 3 which includes (1) How is the KK learning planning activity at STIKK An-Nur 3 Bululawang. (2) How is the implementation of KK learning activities at STIKK An-Nur 3 Bululawang. (3) How is the learning evaluation activity at STIKK An-Nur 3 Bululawang.
The method used in this research is a qualitative research method with a case study approach. The data collection was carried out through interviews, documentation, and observation. While the data analysis technique uses three activities, namely data reduction, presenting data, and drawing conclusions. Testing of the credibility in this study was carried out by triangulating sources and data.
Research findings related to KK learning management at STIKK An-Nur 3 indicate that learning management from planning, implementation and evaluation has been implemented. Although from its implementation there are differences with learning at other formal institutions or boarding schools. This is because boarding schools as non-formal educational institutions have the authority to regulate their learning as well as what happens in KK learning at STIKK. Learning planning activities are carried out through general meetings with caregivers, the headmaster of STIKK, STIKK teachers, headmaster of STIKK, and all teachers in An-Nur 3. For the preparation of the teacher in learning the Kitab Kuning is to do muthola'ah and the material is guided by the chapters in the KK. While the implementation of learning there are 3 stages of opening, content and cover. Various learning methods are used, namely the sorogan, bandongan, question and answer, deliberation, and presentation methods. Evaluation activities are carried out with an exam every semester. The semester exams given include written, oral, and reading tests of KK. In addition to evaluation with semester exams, the teacher also evaluates each time learning in class, either reading evaluation or evaluating the learning methods they apply in class. The general evaluation is held in monthly and year-end meeting forums. Monthly and year-end evaluations are conducted to facilitate communication between teachers. In addition to evaluations, monthly meetings also sometimes discuss important activities or learning support activities. This happens because there is no academic calendar at STIKK An-Nur 3 Bululawang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Antariksa, Walid Fajar | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Manajemen Pembelajaran; Pembelajaran Kitab kuning; Learning Management; Kitab Kuning Learning ; الكلمات الرئيسة ؛ تديس ؛ إدارة التدريس ؛ تدريس كتب التراث. | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220406 Studies in Eastern Religious Traditions |
||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam | ||||||
Depositing User: | Ina Aulia | ||||||
Date Deposited: | 16 Apr 2021 09:20 | ||||||
Last Modified: | 16 Apr 2021 09:20 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/26489 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |