Responsive Banner

Pengaruh media pembelajaran macromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XII di MA Mambaul Ulum Tumpang

Firdaus, Waldi Maftuhul (2020) Pengaruh media pembelajaran macromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XII di MA Mambaul Ulum Tumpang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
13130019.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Media pembelajaran adalah teknologi atau alat yang digunakan mengkomunikasikan sebuah pesan atau informasi yang dapat merngsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa untuk belajar. Macromedia Flash merupakan sebuah media aplikasi yang sudah terkenal dalam hal komputer grafis. Aplikasi software program grafis yang mampu menyajikan pesan audiovisual secara jelas kepada siswa untuk mempermudah penyampaian suatu konsep yang bersifat abstrak dan materi yang bersifat nyata dan dilengkapi dengan script untuk programming (action script) dengan program ini memungkinkan pembuatan animasi media interaktif.

Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Mengetahui hasil pembelajaran sejarah kelas kontrol dan kelas eksperimen di kelas XII IPS MA Mambaul Ulum Tumpang, (2) Mengetahui perbedaan dalam menggunaan media pembelajaran Macromedia Flash terhadaphasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XII di Ma Mambaul Ulum Tumpang.

Jenis Penelitian ini termasuk Kuantitatif.pendekatan ini digunakan untuk menganalisis pengaruh penggunaan maromedia flash terhadap hasil belajar siswa. Pada jenis penelitian yang akan digunakan yaitu penelitian eksperimensejati dengan desain pretes dan postes menggunakan kelompok kontrol, karena dalam penelitian ini, peneliti akan melakukan kontrol dari kelompok variable yang telah ditentukan dengan memanipulasi salah satu kelompok terebut. Adapun kelompok dilakukan dengan pretes (O_1). Kepada kelompok eksperimen diberi perlakuan (X), sedangkan pada kelompok kontrol tidak diberi perlakuan (tanpa X).setelah pemberian perlakuan pada kedua kelompok tersebut dilakukan postes (O_2).

Hasil penelitian ini adalah : (1). setelah dilakukannya perlakuan terhadap ke dua kelas tersebut kelas kontrol dengan nilai post-test 68,75 dan kelas eksperimen dengan nilai 78,75. (2). Adanya kenaikan nilai rata-rata di kelas eksperimen yang tidak terjjadi pada kelas control membuktikan bahwa melalui penggunaan Macromedia Flash membantu dan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Pengaruhnya bersifat positif yaitu kenaikan nilai rata-rata siswa yang signifikan pada kelas kontrol dan kelas eksperimen.

ENGLISH:

Learning media are technology or tools used to communicate a message or information that can stimulate students' thoughts, feelings, concerns and willingness to learn. Macromedia Flash is a media application that is well-known in terms of graphic commenters. A graphic program software application that is able to present audiovisual messages clearly to students to facilitate the delivery of abstract concepts and real material and is equipped with scripts for programming (action scripts) with this program allowing the creation of interactive media animations.

The purpose of this study are : (1) knowing learning outcome of control class and exspriental class history in XII social major senior high school Mambaul Ulum Tumpang, (2) knowing the differens in use Macromedia Flash to the purpose student study class history in XII social major senior high school Mambaul Ulum Tumpang.

This type of research is quantitative. This approach is used to analyze the effect of using maromedia flash on student learning outcomes. The type of research that will be used is experimental research with pretest and posttest design using a control group, because of in this case, the researcher will control the groups of variables that have been determined by manipulating one of these groups. The groups are carried out with pretest (O_1). The experimental group was given treatment (X), while the control group was not given treatment (no X). after giving treatment to both groups, posttest was done (O_2).

The results of this study are : (1) after the treatment of the two classes the control class with a post-test value of 68.75 and the experimental class with a value of 78.75. (2) An increase in the average value in the experimental class that did not occur in the control class proves that through the use of Macromedia Flash helps and influences student learning outcomes. The effect is positive, namely a significant increase in the average value of students in the control class and the experimental class.

ARABIC:

التربية هي برنامج تتضمن فيه بعض العوامل يشد بعضهم بعضا، التربية هي العمل يعمل الإنسان بقصد ليحصل إلى هدف ما. في قانون UU رقم 20 سنة 2003 عن "sisdiknas" فقرة 3، "أهداف التربية الوطنية هي تطوير كفاءة الطلاب حتى تكون مؤمنا بالله الأحد ويتخلق بأخلاق الكريمة وصحة وعالما وخلاقا ومستقلا". ذلك الأهداف التكامل من جميع العوامل التربية، لذلك نقول بأن التربية هي نظام. التربية تتضمن من بعض العوامل المؤثر، حتى تحصل الطلاب على نتائج التعلّم الجيدة.

الأهداف لهذا البحث كما يلي: (1) معرفة نتائج التعلم الطلاب درس التاريخ في فصل الضابط والتجريبي فصل 7 في مدرسة المتوسطة منبع العلوم تمفنق. (2) معرفة إختلاف في استخدام وسائل التعليم "Elektronik Macromedia Flash " عند نتائج التعلّم الطلاب درس التاريخ فصل 7 في مدرسة المتوسطة منبع العلوم تمفنق.

مدخل البحث لهذا البحث هو البحث الكمي، هذا المدخل لتحليل تأثير استخدام وسائل التعليم " Elektronik Macromedia Flash " عند نتائج التعلّم الطلاب. هذا البحث عو البحث التجريبي وباختبار قبلي وبعدي في فصل الضابط. لأن الباحث سيبحث وسيعمل التجربة في فرقة متغير المعين بمهالجة إحدى تلك الفرقة. تعمل الفرقة بالاختبار القبلي (O_1). تعامل فرقة الضابط بمعاملة (X) ولا تعامل فرقة التجربة بمعاملة (X). وبعد أن تعامل الباحث هذه الفرقة تعمل الباحث الاختبار البعددي.

وأما نتائج البحث لهذا البحث كما يلي: (1) t حساب x2 5،006 ≤ tجدوال x2 7،814 إذا تكون البيامات مقبولة. (2) نظرا من نتائج الحساب والبيانات السابق الفرقة الأولى أو f حساب 1،724017 > الفرقة الثاني أو f جدوال، ونتائج الحساب مقبولة كذاك.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Pusposari, Luthfiya Fathi
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDPusposari, Luthfiya FathiUNSPECIFIED
Keywords: Media Pembelajaran; Learning Media; Macromedia Flash; العدّة وارتكاب الزنا ويوسف قرضوي وجامع الأحكام الإسلامية
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Waldi Maftuhul Firdaus
Date Deposited: 27 Apr 2021 09:24
Last Modified: 27 Apr 2021 09:24
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/25937

Downloads

Downloads per month over past year

Loading...

Actions (login required)

View Item View Item