Nurvitasari, Lusiana Indah (2012) Analisis manajemen risiko kredit untuk penyelesaian kredit bermasalah: Studi kasus pada PT. BPR Kharisma Kusuma Lawang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Introduction)
08510148_Pendahuluan.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Indonesia)
08510148_Indonesia.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: English)
08510148_Inggris.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Arabic)
08510148_Arab.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 1)
08510148_Bab_1.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 2)
08510148_Bab_2.pdf Download (618kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 3)
08510148_Bab_3.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 4)
08510148_Bab_4.pdf Download (437kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 5)
08510148_Bab_5.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text (References)
08510148_Daftar_Pustaka.pdf Download (12kB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Saat ini fasilitas pemberian kredit dapat dijadikan alternatif oleh masyarakat untuk meningkatkan taraf hidupnya. Akan tetapi kredit yang disalurkan kepada nasabah dapat membawa dampak buruk bagi bank apabila tidak adanya manajemen risiko saat proses permohonan kredit berlangsung serta kurangnya pengawasan yang dilakukan oleh bank. Mengingat penyaluran ini membawa risiko maka untuk meminimalkan risiko diperlukannya manajemen risiko oleh bank. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen risiko yang diterapkan PT BPR Kharisma Kusuma Lawang untuk menyelesaikan kredit bermasalah.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, dokumentasi, serta observasi. Data-data informasi yang diperoleh akan dianalisis dengan deskriptif kualitatif dengan menggambarkan keadaan atau status fenomena.
Dari hasil penelitian diketahui bawasannya PT BPR Kharisma Kusuma Lawang sudah menerapkan prosedur perkreditan yang sehat sesuai dengan peraturan yang ditetapkan. PT BPR Kharisma Kusuma menerapkan manajemen risiko pemberian kredit dengan 5C dalam penilaian layak atau tidaknya kredit disalurkan. Untuk meminimalkan terjadinya kredit macet maka bank melakukan pengawasan dengan cara on the spot serta pengawasan secara berkesinambungan pada saat debitur melakukan proses permohonan kredit. Untuk menangani kredit bermasalah yang timbul teknik penyelesaian kredit bermasalah pada PT BPR Kharisma Kusuma dilakukan dengan penyelamatan melalui restrukturisasi dengan penyelesaian secara damai dapat berupa : SP, penagihan langsung, penagihan hutang melalui pihak ketiga, penagihan dengan melalui jasa iklan/ mass media, penagihan kepada penjamin, penyitaan jaminan, sedangkan penyelesaian dengan jalur hukum melalui pengadilan negeri dan pengadilan niaga.
ENGLISH:
The current of credit facilities can be used as an alternative by the community to improve their living standards. However, loans which is extended to customers can bring harm to the bank if the absence of risk management at the credit application process takes place and the lack of supervision carried out by the bank. This distribution of the risk takes took to minimize the risk of the need for risk management by banks. This study aims to determine how risk management is applied PT BPR Kharisma Kusuma Lawang to resolve problem loans.
This study is a qualitative descriptive study. The type of data is primary data and secondary data collection techniques using interviews, documentation, and observation. The data information obtained will be analyzed by qualitative descriptive to describe the phenomenon of state or status.
From the survey results revealed PT BPR Kharisma Kusuma Lawang is implementing a sound lending procedures in accordance with the regulations set. It implements credit risk management by 5C in the assessment of whether or not worthy of credit disbursed. To minimize noan performing loan the bank supervise the way on the spot and continuous supervision of the debtor at the time of loan application process. To deal with problem loans arising from non-performing loans in the techniques of PT BPR Kharisma Kusuma conducts a rescue through a restructuring with a peaceful settlement such as: SP, direct billing, collecting a debt through third-party billing services through advertising / mass media, billing the guarantor , seizure of collateral, while the settlement with the law through the courts and commercial courts.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Khasanah, Umrotul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kredit Bermasalah; Manajemen Risiko; Loans; Risk Management | ||||||
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150205 Investment and Risk Management | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Location: | 150205 | ||||||
Depositing User: | Indar Erdiana | ||||||
Date Deposited: | 07 Jun 2016 20:41 | ||||||
Last Modified: | 07 Jun 2016 20:41 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/2593 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |