Maharani, Tiara Putri (2020) Peran guru dalam meningkatkan kreativitas siswa Kelas IV melalui implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Sumberjo 2 Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15140139.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pengembangan pendidikan nasional saat ini masih dihadapkan pada berbagai masalah, khusunya pada peningkatan mutu pendidikan dalam upaya melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, yaitu manusia yang memiliki kreativitas dan kemandirian yang tinggi. Hadirnya SDM yang berkualitas diawali dengan hadirnya lulusan yang bermutu. Dalam mewujudkan mutu lulusan dari setiap lembaga pendidikan dapat diupayakan melalui proses pembelajaran yang dilaksanakan. Pelaksanaan pembelajaran tidak terlepas dari komponen-komponen yang harus dikembangkan guru, yaitu tujuan,materi, serta strategi pembelajaran. Dalam hal ini, strategi pembelajaran memegang peranan utama dalam melahirkan SDM yang bermutu dengan kreativitas yang tinggi. Strategi yang relevan adalah strategi pembelajaran kurikulum 2013 (K-13).
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru dalam meningkatkan kreativitas siswa kelas IV melalui implementasi kurikulum 2013 di SDN Sumberjo 2 kecamatan Kandat kabupaten Kediri.
Dalam penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan reduction, display, conclusion drawing and verication. Pengecekan keabsahan data menggunakan credibility, dependability, transferability, dan confirmability.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) strategi pembelaran yang diterapkan dengan melakukan beberapa tahapan serta menentukan model pembelajaran yang akan digunakan. Tahapan pembelajaran tersebut adalah perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada perencanaan guru menyusun silabus dan RPP, kemudian melaksanakan sesuai RPP. Adapun model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning), model pembelajaran berbasis proyek (project based learning), dan model pembelajaran penemuan (discovery learning). (b) Upaya yang dilakukan guru untuk menumbuhkan kreativitas melalui pembelajaran K-13 pada siswa kelas IV di SDN Sumberjo 2 Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri, yaitu dengan (1) menyediakan buku di perpustakaan sebagai literatur (2) memaksimalkan penggunaan teknologi (3) menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan K-13 (4) menggunakan audiovisual (4) memberi apresiasi pada siswa yang kreatif dan berprestasi.
ENGLISH:
The development of national education is currently faced with various problems, especially in improving the quality of education in an effort to produce quality Human Resources (HR), namely people who have high creativity and independence. The presence of quality of human resources begins with the presence of quality graduates. In realizing the quality of graduates from each educational institution, it can be pursued through the learning process carried out. The implementation of learning is inseparable from the components that must be developed by the teacher, namely the objectives, materials, and learning strategies. In this case, the learning strategy plays a major role in delivering quality human resources with high creativity. The relevant strategy is the 2013 curriculum learning strategy (K-13).
The purpose of this study is to describe teacher learning strategies and teacher efforts in fostering creativity in K-13 in at IV grade students of SDN Sumberjo 2, Kandat district of Kediri district.
In this study used a qualitative research design with a case study approach. Data collection techniques used observation, interviews, and documentation. The data analysis used reduction, display, conclusion drawing and verification. Checking the validity of the data used credibility, dependability, transferability, and confirmability.
The results showed that (a) the purchasing strategy applied by carrying out several stages and determining the learning model to be used. The stages of learning are planning, implementing and evaluating. In the teacher planning, the teacher prepares the syllabus and lesson plans, and then teacher implements teaching according to the lesson plans. The learning model used a problem based learning model, a project based learning model, and a discovery learning model. (b) the Efforts which is made by the teacher is to foster creativity through K-13 learning in fourth grade students at SDN Sumberjo 2 Kandat District Kediri Regency, namely by (1) providing books in the library as literature (2) maximizing the use of technology (3) using models learning in accordance with K-13 (4) using audio visual (4)giving appreciating to creative and accomplished students.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Kawakip, Akhmad Nurul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi Pembelajaran; Kurikulum 2013; Kreativitas; Learning Strategies; 2013 Curriculum; Creativity; الكلمات الرئيسية: استراتيجيات التعلم; منهج التعلم 2013; الإبداع | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | S. Pd Tiara Putri Maharani | ||||||
Date Deposited: | 01 Feb 2021 09:36 | ||||||
Last Modified: | 17 Jul 2023 08:37 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/25418 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |