Malna, Moh. Agra Afrizal (2020) Nilai-nilai teori pembelajaran konstruktivistik dalam novel Dunia Shopie karya Jostein Gaarder. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
14110218.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan sebagai upaya perbaikan kualitas manusia yang berkarakter. Pendidikan dalam hal ini menemui sebuah tantangan dalam perubahan zaman. Tantangan tersebut adalah perubahan paradigma pendidikan yang sebagian besar dikritik oleh pakar pendidikan, salah satunya Paulo Freire sebagai pendidikan gaya bank. Maka solusi untuk menjawab masalah ini adalah model pendidikan konstruktivisme adalah perspektif dan filosofis yang memandang bahwa masing-masing individu membentuk atau membangun sebagian besar dari apa yang mereka pelajari dan pahami. Novel Dunia Sophie sebagai sebuah novel filsafat memiliki muatan tentang pendidikan konstruktivistik ini. Adapun secara sistematis, rumusan masalah dalam penelitian ini antara lain: 1. Apa karakterisitik teori pembelajaran konstruktivistik. 2. Bagaimana nilai-nilai teori pembelajaran konstruktivistik dalam novel Dunia Sophie karya Jostein Gaarder.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi dengan cara mengumpulkan sumber data berupa literatur-literatur primer maupun sekunder. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan metode analisis konten.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai teori pembelajaran konstruktivistik antara lain, nilai berpikir kritis, mandiri, demokratis, tanggung jawab, percaya diri, menghargai prestasi, rasa ingin tahu dan kreatif. 8 nilai ini pun memiliki relevansitas terhadap mashadir al-islam yaitu terdapat dalam Al-Quran dan As-Sunnah. Hal ini diharapkan memberikan sumbangsih terhadap dunia pendidikan.
ENGLISH:
Education as an effort to improve the characteristics of human quality. Education in this case encountered a challenge in the changing times. The challenge is an educational paradigm change largely criticized by education experts, one of which is Paulo Freire as a bank-style education. Then the solution to answer this problem is the model of constructivism education is perspective and philosophical which sees that each individual forms or builds most of what they learn and understand. Sophie's world novel as a philosophy novel has a charge about this constructivistic education. As for the systematic, formulation of problems in this research include: 1. What are the characterisitics of constructivistic learning theory. 2. How are the values of constructivistic learning theory in the Sophie World novel by Jostein Gaarder.
This research uses a qualitative approach with a library research. The data collection techniques in this study use documentation by collecting data sources in the form of primary and secondary literature. The analytical methods in this study use the methods of content analysis.
The results show that the values of constructivistic learning theory are among others, the value of critical thinking, independent, democratic, responsible, confident, rewarding achievement, curiosity and creative. 8 This value also has a relevance to the Mashadir al-Islam is contained in the Qur'an and As-Sunnah. It is expected to contribute to the world of education.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hambali, Muh. | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Nilai; Pendidikan Konstruktivistik; Dunia Sophie; value; constructivistic education; Sophie's world | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moh. Agra | ||||||
Date Deposited: | 01 Feb 2021 08:32 | ||||||
Last Modified: | 01 Feb 2021 08:32 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/25377 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |