Prasetyo, Adhe Putra (2020) Pengaruh lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII mata pelajaran IPS di MTs Ahmad Yani Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
16130046.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan dalam keluarga memiliki nilai yang strategis dalam membentuk kepribadian anak. Lingkungan keluarga adalah salah satu faktor ekternal prestasi belajar. Lingkungan keluarga adalah faktor yang sangat berpengaruh terhadap pretasi belajar. Motivasi belajar yang baik akan mencerminkan prestasi belajar yang baik pula. motivasi belajar adalah keinginan siswa untuk mengikuti kegiatan belajar yang di dorong oleh hasrat atau kemauan untuk mencapai prestasi atau hasil belajar yang baik.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh lingkungan keluarga dan motivasi belajar siswa kelas VIII mata pelajaran IPS di MTs ahmad yani malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif Hasil penelitian menunjukan secara parsial ada pengaruh antara lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa di MTs Ahmad Yani jabung malang, hal ini di tunjukan dengan koefisien korelasi secara parsial untuk variabel lingkungan keluarga sebesar 26,811.
Dari hasil penelitian penelitian di dapat siswa kelas VIII MTs Ahmad Yani Malang yang secara keseluruhan berjumlah 82 siswa, sedangkan untuk pengambilan semua sampel, peneliti mengambil semua sampel. Jadi bisa dikatakan peneliti menggunakan 82 sampel dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial ada pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII MTs Ahmad Yani malang hal ini ditunjukan dengan koefisien korelasi secara parsial untuk variabel motivasi belajar sebesar 0,593 > 0,05.
Berdasarkan hasil analisis agresi linier berganda dengan bantuan computer program SPSS for Windows Relase 16 menunjukan bahwa secara simultan lingkungan keluarga dan motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa MTs Ahmad Yani Malang di tunjukan dengan Fhitung sebesar 1,561 dengan sidnifikansi 0,05, karena signifikansi lebih dari 0,05 menunjukan bahwa nilai F hitung yang di peroleh signifikan.
ABSTRACT
Education in the family has strategic value in shaping the child's personality. The family environment is one of the external factors in learning achievement. The family environment is a factor that greatly influences learning achievement. Good learning motivation will also reflect good learning achievement. learning motivation is the desire of students to take part in learning activities that are driven by the desire or willingness to achieve good learning outcomes or results.
The purpose of this study was to explain the effect of the family environment and the learning motivation of grade VIII students in social studies at MTs Ahmad Yani Malang. The approach used in this research is a quantitative approach with descriptive research type. The results show partially there is an influence between the family environment on student achievement at MTs Ahmad Yani jabung Malang, this is shown by the partial correlation coefficient for the family environment variable of 26.811.
From the results of the research, there were 82 students of class VIII MTs Ahmad Yani Malang, while for taking all samples, the researcher took all the samples. So it can be said that the researcher used 82 samples in this study. The results showed that partially there was an effect of learning motivation on student achievement in class VIII MTs Ahmad Yani Malang. This was shown by the partial correlation coefficient for the learning motivation variable of 0.593> 0.05.
Based on the results of multiple linear aggression analysis with the help of the computer programs SPSS for Windows Relase 16, it shows that simultaneously the family environment and learning motivation have an effect on student achievement of MTs Ahmad Yani Malang, indicated by an Fcount of 1.561 with a significance of 0.05, because the significance is more than 0 , 05 shows that the calculated F value obtained is significant.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zuhroh, Ni’matuz | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Lingkungan Keluarga; Motivasi Belajar; Prestasi Belajar;Family Environment; Learning Motivation; Learning Achievement;: البيئة األسرية ; الدافعية التعليمية ; التحصيل الدراسي | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160809 Sociology of Education |
||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Adhe Putra Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2021 10:58 | ||||||
Last Modified: | 22 Jun 2023 14:07 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/25237 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |