Dewi, Tri Utami (2020) Pengaruh kepercayaan nasabah terhadap pembiayaan rahn di BMT Mandiri Sejahtera Cabang Kranji Paciran Lamongan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
16540012.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Kepercayaan nasabah adalah suatu keyakinan pemberi kredit yang diberikan kepada nasabah (berupa uang, barang atau jasa) akan benar-benar diterima kembali di masa yang sudah ditentukan. Kepercayaan ini muncul dari persepsi yang sudah terjadi, dan adanya suatu pembelajaran dan pengalaman. Kepercayaan nasabah BMT Mandiri Sejahtera muncul karena adanya keamanahan dalam menjalankan tugas dan lebih khususnya bisa menjaga dan bertanggung jawab dalam penyimpanan barang berharga milik nasabah. BMT Mandiri Sejahtera mempunyai salah satu produk yang paling diminati oleh nasabah adalah pembiayaan rahn, pembiayaan rahn adalah perjanjian atau akad pinjam meminjam dengan menyerahkan barang sebagai tanggungan utang berlandaskan prinsip-prinsip syariah.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepercayaan nasabah terhadap pembiayaan rahn. Penelitian ini dilakukan pada BMT Mandiri Sejahtera Cabang Kranji Paciran Lamongan. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis data yang digunakan adalah data primer dengan menyebarkan kuesioner kepada 78 responden yang menjadi anggota pembiayaan rahn. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik randem sampling, teknik analisis datanya menggunakan regresi sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji hipotesis, memperoleh nilai thitung sebesar 2,814 yang mempunyai arti thitung > ttabel (2,814 > 1,665). Dapat disimpulkan bahwa variabel kepercayaan nasabah berpengaruh signifikan terhadap pembiayaan rahn di BMT Mandiri Sejahtera Cabang Kranji Paciran Lamongan.
ENGLISH:
Customer’s trust is a credit providers’ belief that given to the customer (in the form of money, goods or services) will be completely received back at the determined period of time. The trust comes up from the happened perception, study and experience. The customer’s trust of BMT Mandiri Sejahtera comes up because of responsibility for performing duty especially it can take care and take a responsibility for storage of customer’s values. BMT Mandiri Sejahtera has the most demanded product by the customer is rahn finance. Rahn finance is a loan and borrow agreement by handing over goods as a liability debt based on the principles of shari’ah.
The research purposes to determine and analyze the customer’s trust effect to the Rahn finance. The research held to BMT Mandiri Sejahtera Cabang Kranji Paciran Lamongan. The research uses Quantitative approach; the type of data used is a big data by distributing questionnaires to 78 respondents of Rahn finance member. Technique of sampling used is by sampling random technique, and the technique of analyzing data uses simple regression.
The result of research shows that hypothesis obtained thitung 2,814 that means thitung > ttabel (2,814 > 1,665). It can be concluded that customer’s trust variable effects significantly to Rahn finance in BMT Mandiri Sejahtera Cabang Kranji Paciran Lamongan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Khusnudin, Khusnudin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kepercayaan Nasabah; Pembiayaan Rahn; BMT Mandiri Sejahtera; Customer’s Trust; Rahn Finance | ||||||
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Perbankan Syariah | ||||||
Depositing User: | Tri Utami Dewi | ||||||
Date Deposited: | 28 Jan 2021 21:52 | ||||||
Last Modified: | 28 Jan 2021 21:52 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/25159 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |