Prakoso, Nogi Dwi Abdi (2020) Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pembelajaran untuk menghadapi era 4.0 di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
16170021.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
INDONESIA:
Skripsi ini membahas tentang Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan mutu pembelajaran. Strategi kepala Madrasah merupakan segala upaya, rencana yang akan dilakukan kepala madrasah untuk mencapai tujuan pendidikan, salah satunya meningkatkan mutu pembelajaran.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana peran dan kebijakan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MAN Bondowoso? (2) Bagaimana startegi kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MAN Bondowoso? (3) Bagaimana kendala yang dihadapi kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pembelajaran menghadapi era 4.0 di MAN Bondowoso?
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan tiga tahapan yaitu pertama dengan menggali data penelitian di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso, dalam hal ini peneliti sebagai instrumen kunci dengan mewawancarai informan kunci dan menggali beberapa dokumen, tahap kedua adalah menganalisis data yang didapatkan dalam penelitian sampai ditemukan sebuah kesimpulan, selanjutnya tahap ketiga adalah melakukan pengecekan keabsahan data dengan mengkonfirmasi kepada madrasah terkait hasil penelitian yang dilakukan apakah sesuai atau tidak.
Hasil Penelitian yang dilakukan menunjukkan beberapa kesimpulan yang didapat yaitu: (1) Kepala madrasah dalam konteks penyelenggaraan pendidikan mempunyai peran yang strategis sebagai pemimpin. kepala madrasah sudah berkompetensi dalam bidangnya dan bertanggung jawab terhadap segala tugas-tugasnya. Kepala madrasah sebagai pemimpin pendidikan juga bertindak sebagai manajer, motivator, administrator, dan supervisor bagi guru-guru dalam memecahkan permasalahan, kepala madrasah terus berusaha meningkatkan kemampuan guru dan staf untuk bekerja dan berpikir bersama. kepala madrasah terus membantu guru-guru untuk berpartisipasi dalam program pembelajaran. Kepala madrasah menerapkan kebijakan disiplin waktu 15 menit sebelum jam pembelajaran dimulai seluruh guru sudah berada di madrasah, serta membaca 1 juz Al-Quran bagi yang terlambat datang ke Madrasah. (2) Strategi yang dilakukan kepala Madrasah dalam meningkatkan mutu pembelajaran merupakan pilihan yang terbaik sesuai dengan situasi dan kondisi Madrasah yang dipimpinnya. Strategi yang ditetapkan oleh kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pembelajaran meliputi: peningkatan kemampuan mengajar guru, pendayagunaan media dan sarana pendidikan, pelaksanaan supervisi secara rutin, menjalin kerjasama dengan masyarakat dan penerapan disiplin waktu yang ketat, baik bagi guru maupun siswa. (3) Kendala yang dihadapi kepala Madrasah dalam meningkatkan mutu pembelajaran bersumber dari permasalahan kedisiplinan guru serta fasilitas pendidikan yang dimiliki Madrasah. kedisiplinan guru serta fasilitas dapat menghambat proses pembelajaran dan dapat mengakibatkan menurunnya kualitas pendidikan. Karena guru merupakan faktor yang paling utama dalam meningkatkan mutu pendidikan. Oleh sebab itu strategi yang diterapkan kepala madrasah di orientasikan kepada mutu guru dan pengoptimalan fasilitas pendidikan untuk menunjang proses pembelajaran.
ENGLISH:
This is reseach discuss about madrasah principal strategy in improving the quality of learning. The strategy of madrasah principal is all effort, the plane will do of the principal madrasah to education, one of them is improve the quality of them.
The research purpose to answer the problem: (1) how the role and policy of the principal madrasah to improving the quality of learning in the MAN Bondowoso? (2) how the strategy of madrasah principal to improving the quality of the learning in MAN Bondowoso? (3) how the obstacles encountered of principal madrasah improving the quality of learning era 4.0 in MAN Bondowoso?
This research used a qualitative type using three steps that is stage on is digging reseach data in MAN Bondowoso as a key instrument by interviewing key informant and digging up several document, stage two analyze the data abtained in the study to find conclusion, stage three that is checing the head of the madrasah regarding the results of the reseach conducted or not.
The results of research conducted show several conslusion, that can be obtained (1) the principal of madrasah in the delivery of education has a strategy role as a leader. A madrasah principal is competent in this field and responsible for all duties. The principal of the madrasah as a letter also acts as a manager, motivator, admi nistrator, and also supervisor for teachers in solving problems, the principal of the madrasah as a leader continues to improve the skills of the teacher and self to work and think together. Madrasah principal continue to assist teacher to participate in learning programs. A Madrasah Principal implementing a discipline policy of 15 minutes before learning begins all teachers are already in madrasah, as well as reading 1 juz Al-Qur’an for those who are late coming to the madrasah. (2) the strategy undertaken by the principal in improving learning is the best choise in accordance with the situation and condition of the school he leads. The strategies set by the principal in improving the quality of learning include : increase in the teachers teaching skills, utilization of media and educational facilities, implementation of routine supervision, cooperating with the community and applying strict tine discipline for teacher and students. (3) the obstacles faced by the principal of madrasah in improving the quality of learning stem from teacher discipline problems and the schools educational facilities. It can hinder the learning process and can lead to decreased quality of education. Because is the most important factor in improving the quality of the education therefore the strategy implemented is oriented towards quality and optimization of educational facilities to support the laerning process.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mulyono, Mulyono | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi; Kepala Madrasah; Mutu Pembelajan; strategy; principal; quality of learning | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam | ||||||
Depositing User: | Nogi Dwi Abdi Prakoso | ||||||
Date Deposited: | 28 Jan 2021 20:55 | ||||||
Last Modified: | 28 Jan 2021 20:55 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/25080 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |