Responsive Banner

Kompetensi guru dalam mengelola kelas VIII pada pembelajaran IPS di MTs Darullughah wal Karomah Probolinggo

Jailani, Abdul Bari (2020) Kompetensi guru dalam mengelola kelas VIII pada pembelajaran IPS di MTs Darullughah wal Karomah Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
15130064.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Kompetensi guru dalam pengelolaan kelas merupakan keterampilan guru untuk dapat membaca situasi kelas sangat penting agar yang dilakukan tepat sasaran. Dengan mengkaji atau mempelajari kompetensi guru dalam pengelolan kelas dan mencobanya dalam berbagai situasi kemudian dianalisi, akibatnya secara sistematis diharapkan agar setiap guru akan dapat mengelola proses belajar mengajar secara lebih baik dan kndusif.Penelititian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) Bagaimana kompetensi guru dalam mengelola kelas VIII pada pembelajaran IPS di MTs Darullughah Wal Karomah Probolinggo. (2) Bagaimana kendala dalam mengelola kelas VIII pada pembelajaran IPS di MTs Darullughah Wal Karomah Probolinggo. (3) Bagaimana solusi dalam mengelola kelas VIII pada pembelajaran IPS di MTs Darullughah Wal Karomah Probolinggo.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara tidak tersturtur, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan.Hasil peneliti menunjukan bahwa (1) kompetensi guru dalam mengelola kelas VIII pada pembelajarn IPS, yaitu: memahami karakter peserta didik dan metode dalam penyamapain materi mengunakan metode presentasi dan Tanya jawab (2) kendala dalam mengelola kelas VIII pada pembelajaran IPS ialah: kurangnya kedisiplinan terhadap peserta didik, kurangnya komunikasi Guru antar peserta didik, keluar masuk kelas, fasilitas yang kurang, tidur, berbicara atau guyon dengan teman sebelahnya. (3) solusi dalam mengelola kelas VIII pada pembelajaran IPS, sebagai berikut: mengubah metode pembelajaran dari ceramah menjadi presentasi dan Tanya jawab, psosis tempat duduk berbentuk U, pendekatan atau perhatian khusu kepada peserta didik yang sering buat ulah dalam kelas.

ABSTRACT

Teacher competence in management class is a teacher is skill to be able to read a class situations whioh are very important to get the point. By reviewing or studying the competence of teachers in management class and toying them out in various situations and analyzing them, the result is that is systematically expected that each teacher will be able to manage stress tealching and learning process better and conducive This study aims to explain: (1) How is the competence of teachers in managing class VIII in social studies learning at MTs Darullughah Wal Karomah Probolinggo. (2) What are the obstacles in managing class VIII in social studies learning at MTs Darullughah Wal Karomah Probolinggo. (3) What is the solution in managing class VIII in social studies learning at MTs Darullughah Wal Karomah Probolinggo.

This research uses a qualitative approach. Data collection methods in this study are observation, un structured interviews and documentation. Data were analyzed by seducing data, presenting data, and drawing conclusions. Research point of the result that (1) Teachers competence in managing class VIII in social studies learning, namely understand the character of students and methods of delivering material using the presentation and question and answer method. (2) The obstacle In managing class VIII in social studies learning are lack of disapline towards students, lack of teacher communication between students, going in and Out of class, lack of facilities, sleeping, talking to friends. (3) Solutions for managing class VIII in social studies learning are: Changing the learning method from lectures to presentations and questions and answer U shaped seating positions. Special approaches or attention to students who have problems

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Yunus, Muh
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDYunus, Muh.UNSPECIFIED
Keywords: Kompetensi Guru; Pengelolaan kelas; Teacher Competence; Managing Class
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Abdul Bari Jailani
Date Deposited: 26 Jan 2021 14:53
Last Modified: 15 Jun 2023 09:39
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/24996

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item