Khumairoh, Mufida Lailatul (2020) Implementasi pembelajaran baca Al-Qur'an dengan menggunakan metode Ummi untuk anak usia dini di TK Negeri Pembina 1 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
16160036.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pembelajaran baca Al-Qur‟an metode Ummi merupakan metode yang mengenalkan cara membaca Al-Qur‟an dengan model klasikal individual guru dan siswa membaca jilid atau Al-Qur‟an dengan halaman yang ditentukan oleh guru. Implementasi Pembelajaran Baca Al-Qur‟an metode Ummi ini dilakukan dengan melibatkan TK Negeri Pembina 1 Kota Malang sebagai subjek penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana proses pembelajaran baca Al-Qur‟an dengan menggunakan metode Ummi, (2) bagaimana hasil dari pembelajaran baca Al- Qur‟an dengan menggunakan metode Ummi, dan (3) apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pembelajaran baca Al-Qur‟an dengan menggunakan metode Ummi pada siswa TK Negeri Pembina 1 Kota Malang.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pengambilan data penelitian ini menggunakan metode kuisioner atau wawancara serta panduan metode yang digunakan oleh TK Negeri Pembina 1 Kota Malang.
Hasil penelitian adalah (1) proses pelaksanaan pembelajaran baca Al-Qur‟an dengan menggunakan metode Ummi di TK Negeri Pembina 1 Kota Malang sudah berjalan cukup lama, sudah baik dan lancar, hal ini dibuktikan dengan adanya rencana pembelajaran yang tertuang dalam bentuk jadwal pembelajaran. (2) hasil dari pembelajaran baca Al-Qur‟an dengan menggunakan metode Ummi dilakukan langsung oleh guru saat siswa membaca secara individu dengan mengisi buku prestasi anak atau biasa disebut dengan buku raport. (3) Faktor pendukungnya yaitu dengan adanya fasilitas yang sudah memadai dan pemilihan nada yang mudah dan dapat dicerna. Faktor penghambatnya adalah kurangnya tenanga pendidik Al-Qur‟an yang sudah memiliki sertifikasi guru metode Ummi, Selain itu kurangnya kerjasama orang tua yang juga seharusnya ikut serta dalam mendampingi kegiatan belajar anak ketika dirumah.
ENGLISH:
The Ummi method of learning to read Al-Qur'an is a method that introduces how to read the Al-Qur'an with the individual classical model of the teacher and students reading the volume or Al-Qur'an on the page specified by the teacher. The implementation of the Ummi method of learning to read Al-Qur'an was carried out by involving TK Negeri Pembina 1 Malang as the research subject.This study aims to determine (1) how the learning process to read the Koran using the Ummi method, (2) how the results of learning to read the Koran using the Ummi method, and (3) what are the supporting factors and factors. obstacles in learning to read the Koran by using the Ummi method for TK Negeri Pembina 1 Malang students.
The approach used in this research is a qualitative approach with qualitative descriptive research type. Retrieval of research data using a questionnaire or interview method as well as a method guide used by RA az-Zahra Sawojajar Malang.
The results of the research are (1) the process of implementing learning to read Al-Qur'an using the Ummi method in TK Negeri Pembina 1 Malang City has been running for a long time, has been good and smooth, this is evidenced by the existence of a learning plan set out in the form of a learning schedule. (2) the results of learning to read Al-Qur'an using the Ummi method are carried out directly by the teacher when students read individually by filling in children's achievement books or commonly known as report cards. (3) The supporting factors are the availability of adequate facilities and the selection of tones that are easy and digestible. The inhibiting factor is the lack of peace of Al-Qur'an educators who already have the Ummi method teacher certification. In addition, the lack of cooperation between parents who should also participate in accompanying children's learning activities at home.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ulum, Mohammad Samsul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pembelajaran Al-Qur’an; Metode Ummi; Anak Usia Dini; Learning Al-Qur'an; Ummi Method; Early Childhood | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||
Depositing User: | Mufida Lailatul Khumairoh | ||||||
Date Deposited: | 22 Jan 2021 15:19 | ||||||
Last Modified: | 12 May 2023 09:06 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/24962 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |