Widiastutik, Insiyah (2020) Desain dan implementasi fitur peringkat yang bertanggung jawab di situs E-commerce menggunakan metode Analytical Hierarchy Process. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
15650096.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Abstrak:
Seiring berkembangnya pemenuhan kebutuhan manusia, banyak perusahaan yang membuat situs perdagangan online sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli yang dikenal dengan istilah marketplace. Marketplace merupakan tempat di mana penjual dan pembeli bertemu untuk melakukan transaksi dalam bentuk barang atau jasa yang dikelola oleh operator pasar itu sendiri. Dalam hal ini kepercayaan pelanggan merupakan faktor penting dikarenakan proses transaksi dalam jual beli online tidak melibatkan interaksi dan komunikasi yang dilakukan secara tatap muka atau bertemu langsung yang membuat konsumen merasakan akan adanya risiko yang terjadi, seperti risiko penipuan. Salah satu untuk mencegah adanya penipuan yaitu dengan merancang sebuah fitur rating yang bertanggung jawab untuk mempertahankan kepercayaan pelanggan. Pada sistem toko online yang telah dirancang , telah ada fitur rating yang bertanggung jawab dengan menggunakan metode AHP dengan beberapa kriteria dan bobot prioritas antara lain harga (0,26), kualitas barang (0,34), merk (0,05), kecepatan pengiriman (0,15), respon penjual (0,11), strategi promosi (0,03) dan kemudahan bertransaksi (0,08). Namun, untuk memperoleh rating yang diharapkan pelanggan diharuskan memberi nilai suatu produk dengan beberapa kriteria. Hasil pengujian terhadap sistem yang telah dirancang khususnya pada fitur rating menggunakan pengujian usability PPSUQ dengan responden sebanyak 50 orang untuk menu user dan 25 untuk menu admin yang menghasilkan menu user sebesar 5,82 (83,14%) untuk overall, 5,76 (82,28%) untuk system usefullness, 5,843 (83,47%) untuk information quality, dan 5,9 (84,28%) untuk interface quality. Sedangkan untuk menu admin diperoleh nilai rata-rata dan presentase usability testing sebesar 5,614 (80,2%) untuk overall, 5,753 (82,1%) untuk system usefullness, 5,532 (79,02%) untuk information quality, dan 5,523 (78,9%) untuk interface quality. Jadi berdasarkan klasifikasi kemudahan kegunaan sistem “mudah” untuk digunakan.
Abstrac:
As the evolve of human needs, many companies create an online trading sites, also know as marketplaces. Marketpace is a place that brings sellers and buyers together in one place to transaction like goods or services can managed by the market operator itself. In this case, customer trust is an important factor, because the transaction process on marketplace is online. Buying and selling does not involve interactions and communication conducted face-to-face, that will cause some risks, such a fraud. One of the way to prevent fraud by design a rating feature that responsible for maintaining customer trust. On the online store system that has been designed, there has been a responsible rating with the AHP methods with several criteria and priority weights, among others price (0.26), quality of goods (0.34), brand (0.05), speed of delivery (0.15), seller response (0.11), expected rating, customers are required to set a product with several criteria. Test results of the system using PPSUQ usability testing with 50 respondents user menu and 25 respondents user admin. which resulted in a user menu is 5.82 (83.14%) overalls, 5,76 (82,28%) for system usefulnes, 5,843 (83,47%) for information quality, and 5,9 (84,28%) for interface quality. Admin menu obtained average value and percentage of usability testing of 5,614 (80.2%) overalls, 5,753 (82.1%) for system usefullness, 5,532 (79.02%) for information quality, and 5,523 (78.9%) for interface quality. So based on the classification of ease of use the system is "easy" to use.
صخلم :
لإا ربع لوادت عقاوم تاكرشلا نم ديدعلا تأشنأ ، ةيرشبلا تاجايتحلاا ةيبلت ريوطت بناج ىلإ ناكمك نرتن امتجاقاوسلأا مساب نيفورعملا نيرتشملاو نيعئابلل ع .نوعئابلا هيف يقتلي ناكم وه قوسلا ءارجلإ نيرتشملاو اع ءلامعلا ةقث دعت ، ةلاحلا هذه يفو ، هسفن قوسلا لغشم اهريدي تامدخ وأ علس لكش يف تلاماعم ا ًمهم ًلام لع يوطنت لا نرتنلإا ربع عيبلاو ءارشلا يف تلاماعملا ةيلمع نلأاً هجو لصاوتلاو لعافتلا ى هجول . وأ لايتحلاا رطخ لثم ، ثدح دق اً رطخ كانه نأ نورعشي نيكلهتسملا لعجي امم ا ًيصخش ءاقتللاا .تت ىدحإ لثم اهيلع ةظفاحملل ليمعلا ةقث ميمصت يف لايتحلاا عنم قرط .رجتم ماظن ميمصت مت ةزيم كانهو ، نرتنلإا ربع رط مادختسا نع ةلوؤسم فينصتةقي AHP لا كلذ يف امب ةيولولأا تاذ نازولأاو ريياعملا نم ديدعلا عم رعس (62.0 ) عئاضبلا ةدوجو(62.0 ) ةيراجتلا ةملاعلاو(6260 ) ميلستلا ةعرسو (6210 ) عئابلا ةباجتساو ، (621 ) جيورتلا ةيجيتارتساو ،(626. ) ةلماعملا ةلوهسو(6260 .)عتي ، عقوتملا فينصتلا ىلع لوصحللي ن ريياعم ةدعب جتنملا مييقت ءلامعلا ىلع .ف صاخ لكشب هميمصت مت يذلا ماظنلا رابتخا جئاتن فينصتلا ةزيم ي مادختسلاا ةيلباق رابتخا مدختست PPSUQ عم06 و مدختسملا ةمئاقل ابيجتسم.0 تافينصتو ، ةمئاقلل ةرادلإا ةمئاق تازيم نع ةلوؤسملا فينصتلا (83,14%) مئاق جتنت يتلا ـل مدختسم ة020. (0.210٪ ) ، طارفلإل02.0 (0.2.0٪ ) ، ماظنلا ةدئافل0200. (0.20.٪ ) ، تامولعملا ةدوجل025 (002.0٪ ) ةدوجل
ةهجاولا . طسوتم غلب ، ةرادلإا ةمئاقل ةبسنلاب مادختسلاا ةيلباق رابتخا ةبسنو ةميق010،0 (062.٪ ) ماع لكشب ، .0.،0 ( 5.21٪ ) ، ماظنلا ةدئافل 0..،0 (.526.٪ ) ، تامولعملا ةدوجل0..،0 (.0 ،5٪ ) ةدوجل ةهجاولا . ماظنلا نإف مادختسلاا ةلوهس فينصت ىلعً ءانبو"لهس "مادختسلاا
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zaman, Syahiduz and Almais, Agung Teguh Wibowo | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Rating; Analytical Hierarchy Proces; Bertanggung Jawab; Pengujian Usability; PSSUQ; E-commerce; مييقتلا; مادختسلاا ةي ةراجتلا xvii ةينورتكللإا ; PSSUQ Rating; Analytical Hierarchy Process; responsible; Usability testing; PSSUQ; E-commerce | |||||||||
Subjects: | 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0803 Computer Software > 080309 Software Engineering 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services |
|||||||||
Departement: | Fakultas Sains dan Teknologi > Jurusan Teknik Informatika | |||||||||
Depositing User: | Insiyah Widiastutik | |||||||||
Date Deposited: | 03 Jun 2021 10:28 | |||||||||
Last Modified: | 05 May 2023 10:18 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/24082 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |