Responsive Banner

Pengaruh penggunaan media pembelajaran prezi terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII materi permintaan, penawaran di SMP Al Lathifi Gondanglegi Malang

Yulianti, Tika (2020) Pengaruh penggunaan media pembelajaran prezi terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII materi permintaan, penawaran di SMP Al Lathifi Gondanglegi Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
16130072.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)yaitu komponen perangkat pembelajaran terpadu dari berbagai ilmu sosial. Salah satu tujuan IPS yakni memberikan persiapan kepada siswa agar menjadi masyarakat yang teladan pada berbagai aspek kehidupan bermasyarakat. Keberhasilan untuk mencapai tujuan tersebut mulai terganggu karena adanya pendemi Covid-19 yang menyebabkan segala bidang terutama bidang pendidikan dialihkan dirumah atau study from home. Berbagai kendalamulaimuncul salah satunya guru harus menyampaikan materi pembelajaran seperti apa jika berada di rumah, yang artinya terdapat keterbatasan dalam menggunakan media pembelajaran. Sehingga guru membutuhkan media pembelajaran yang mudah dan menarik saat melaksanakan pembelajaran daring. Salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran prezi.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh penggunaan media pembelajaran prezi terhadap hasil belajar pada matapelajaran IPS, kemudian untuk menjelaskan hasil belajar IPS kelas VII A (kelas eksperimen) kelas VII B (kelas kontrol) materi Permintaan, Penawaran di SMP Al-Lathifi Gondanglegi Malang kemudian untuk menjelaskan perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII A (kelas eksperimen) dan B (kelas kontrol) materi Permintaan, Penawarandi SMP Al-Lathifi Gondanglegi Malang.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif menggunakan jenis penelitian Quasi Experimental Design dengan desain penelitian pre test-post test control group design.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal pilihan ganda dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil analisis data terbukti bahwa media pembelajaran prezi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Hal ini terbukti dengan nilai rata rata akhir kelas eksperimen sebesar 88,33 dan nilai rata rata akhir kelas control sebesar 81. Dari hasil tersebut menyatakan bahwa nilai rata rata kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol dan juga dibuktikan pada hasil uji hipotesis yang menujukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,038 < dari 0,05 (taraf signifikan), maka dapat dinyatakan bahwa Ha diterima Ho ditolak yang artinya ada perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

ENGLISH:

IPS (Social Sciences) is a component of integrated learning tools from various social sciences. One of the goals of social studies is to provide students with preparation to become exemplary societies in various aspects of social life. The success in achieving this goal began to be disrupted due to the Covid-19 epidemic which caused all fields, especially education, to be transferred to home or study from home. Various obstacles have begun to emerge, one of which is the teacher having to deliver learning materials like what if they are in a room, which means there are limitations in using learning media. So that teachers need easy and attractive learning media when implementing online learning. One of them is by using Prezi learning media.

The purpose of this study was to explain the effect of using Prezi learning media on learning outcomes in social studies subjects, then to explain the social studies learning outcomes for class VII A (experimental class) class VII B (control class) material on Demand, Supply at SMP Al-Lathifi Gondanglegi Malang. then to explain the differences in student learning outcomes in social studies class VII A (experimental class) and B (control class) material Demand, Supply at SMP Al-Lathifi Gondanglegi Malang.

The approach used in this research is a quantitative approach using a Quasi Experimental Design research type with a pre-test-post-test control group design research design. The instrument used in this study was multiple choice questions with the aim of knowing student learning outcomes in the experimental class and the control class.

The results showed that the results of data analysis proved that Prezi learning media had an effect on student learning outcomes in social studies subjects. This is evidenced by the final average value of the experimental class of 88.33 and the final average value of the control class of 81. From these results it is stated that the average value of the experimental class is higher than the control class and it is also proven in the results of hypothesis testing which shows that the value significance of 0.038.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Pusposari, Luthfiya Fathi
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDPusposari, Luthfiya FathiUNSPECIFIED
Keywords: Media Pembelajaran Prezi; Hasil Belajar; Prezi learning media; Learning Outcomes
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Tika Yulianti
Date Deposited: 04 Mar 2025 11:32
Last Modified: 04 Mar 2025 11:32
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/23068

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item