Hasanah, Uswatun (2020) Pengaruh lingkungan sekolah dan kinerja guru terhadap motivasi belajar siswa Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Tarbiyatut Tholabah Lamongan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
16130079.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Motivasi Belajar adalah usaha atau dorongan yang muncul pada diri siswa yang dipengaruhi oleh faktor dari dalam maupun dari luar diri siswa yang membuat siswa bersemangat dalam belajar. Lingkungan sekolah dan kinerja guru termasuk salah satu faktor dari luar diri siswa yang dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa. Motivasi belajar siswa sangat mempengaruhi proses pembelajaran, lingkungan sekolah dan kinerja guru yang baik dapat membantu menumbuhkan serta meningkatkan motivasi belajar siswa. Sehingga dengan adanya motivasi belajar pada diri siswa, diharapkan siswa mampu mengikuti proses pembelajaran dengan maksimal dan tujuan pembelajaran bisa tercapai secara optimal.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan besarnya pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa0kelas VIII0di MTs Tarbiyatut Tholabah Lamongan, untuk mengetahui dan menjelaskan besarnya pengaruh kinerja guru terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di MTs Tarbiyatut Tholabah Lamongan, dan mengetahui serta menjelaskan besarnya pengaruh lingkungan sekolah0dan Kinerja0Guru terhadap0motivasi belajar siswa kelas VIII MTs Tarbiyatut Tholabah Lamongan.
Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII di MTs Tarbiyatut Tholabah Lamongan dengan metode pengambilan data yang menggunakan kuisioner (angket) dengan skala likert. Sedangkan untuk pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah dan kinerja guru terhadap motivasi belajar siswa baik secara parsial maupun secara simultan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif yang signifikan lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di MTs Tarbiyatut Tholabah Lamongan. (2) terdapat pengaruh positif yang signifikan kinerja guru terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di MTs Tarbiyatut Tholabah Lamongan. (3) terdapat pengaruh positif yang signifikan lingkungan sekolah dan kinerja guru terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di MTs Tarbiyatut Tholabah Lamongan. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa variabel lingkungan sekolah dan kinerja guru secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di MTs Tarbiyatut Tholabah Lamongan.
ENGLISH:
Learning Motivation is the effort or encouragement that arises in students who are influenced by factors from within, and from outside students, they make students excited in learning. School environment and teacher performance are among the factors outside of students that can affect student motivation. Student learning motivation dramatically influences the learning process, the school environment, and excellent teacher performance can help foster and increase student motivation. So with the Motivation to learn in students, students are expected to follow the learning process to the maximum, and learning objectives can work optimally.
The purpose of this study was to determine and explain the magnitude of the influence of the school environment on students' Motivation in class VIII in MTs Tarbiyatut Tholabah Lamongan, to find out and tell the importance of the power of teacher performance on class VIII student motivation in MTs Tarbiyatut Tholabah Lamongan, and to know and explain the influence of school environment and Teachers 'performance towards students' learning motivation for grade VIII MTs Tarbiyatut Tholabah Lamongan.
The approach taken in this research is quantitative. The population in this study were students of class VIII MTs Tarbiyatut Tholabah Lamongan with a data collection method using a questionnaire (questionnaire) with a Likert scale. Whereas for sampling using random sampling techniques. Analysis of the data used in this study is multiple linear regression analysis to determine the effect of the school environment and teacher performance on student motivation both partially and simultaneously.
The results showed that (1) there was a significant positive effect on the school environment on students' Motivation in class VIII MTs Tarbiyatut Tholabah Lamongan. (2) there is a significant positive effect of teacher performance on student motivation in class VIII MTs Tarbiyatut Tholabah Lamongan. (3) there is a significant positive effect on the school environment and teacher performance on eighth-grade students' learning motivation at Tarbiyatut Tholabah Lamongan MTs. From the results of the study, it can that the school environment and teacher performance variables partially and simultaneously affect the learning motivation of eighth-grade students of MTs Tarbiyatut Tholabah Lamongan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Susilawati, Samsul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Lingkungan Sekolah; Kinerja Guru; Motivasi Belajar; School Environment; Teacher Performance; Learning Motivation | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Uswatun Hasanah | ||||||
Date Deposited: | 09 Nov 2020 14:07 | ||||||
Last Modified: | 09 Nov 2020 14:07 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/23016 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |