Hakim, Rifki Nasrul (2019) Penanaman nilai-nilai karakter melalui musik gambus di Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Falah Cicalengka Bandung. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13110274.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK:
Seni musik gambus merupakan seni religius yang dapat digunakan sebagai sarana pendidikan dan dakwah, apabila kesenian tersebut memasukkan nilai-nilai Islam melalui syair (teks lagu, intonasi, not), penampilan (suara, dan tari). Kesemuanya dapat memainkan peran penting seni sebagai hiburan sekaligus sebagai media dakwah. Seni musik gambus itu mudah diterima dikarenakan musik gambus merupakan seni surgawi yang mampu menyentuh perasaan dan dalam syairnya berisi pesan, perintah dan isyarat tertentu. Musik gambus juga, bisa menjadikan seseorang mengetahui arti mahabbah kepada Allah, sehingga dapat meningkatan keimanan seseorang.
Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui Latarbelakang musik gambus di Pondok Pesanten Al-Qur’an Al-Falah. (2) Untuk mengetahui nilai-nilai agama Islam melalui musik gambus di Pondok Pesanten Al-Qur’an Al-Falah. (3) Untuk mengetahui seberapa besar dampak music gambus di Pondok Pesanten Al-Qur’an Al-Falah.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriftif kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan dengan mereduksi data yang berhasil dikumpulkan kemudian disajikan dalam bentuk narasi, dan hasilnya ditarik kepada simpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Latar belakang musik gambus di Pondok Pesanten Al-Qur’an Al-Falah untuk menjaga eksistensi kesenian Islam yang mulai redup, kemudian para santri dibekali dan ditanamkan rasa cinta terhadap seni Islam khususnya music gambus. (2) Menghayati nilai-nilai agama Islam melalui musik Gambus di Pondok Pesanten Al-Qur’an Al-Falah sudah cukup optimal, hal ini dibuktikan dengan diadakannya musik gambus di Pondok Pesanten Al-Qur’an Al-Falah para santri dibekali untuk menanamkan rasa cinta terhadap seni Islam khusnya musik gambus, kemudian dilafalkan dan dihayati dari setiap syair yang dipelajari. Karena dari setiap isi syair terdapat pesan-pesan tentang syair maddah (pujian kepada nabi), syair munajat (do’a) dan syair mahabbah (cinta). (3) Dampak music gambus sangatlah positif terhadap para santri. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian yaitu Program kegiatan musik gambus ini bertujuan untuk menyalurkan minat, bakat dan mengembangkan potensi para santri untuk meningkatkan kecerdasan dan menjadi santri yang berkarakter.
ABSTRACT:
Gambus is a religious art that can be used as a means of education and da'wah, if the art incorporates Islamic values through poetry (song text, intonation, and melody), appearance (sound and dance). All of them can play an important role in art as entertainment as well as a medium of propaganda. The musical instrument of Gambus is easily accepted because Gambus is a heavenly art that is able to touch feelings and in its verses containing certain messages, commands, and signs. Gambus also can make someone know the meaning of love to Allah, so that it can improve one's faith.
The aim of this study need to know: (1) to find out the puprpose of gambus music estracurricular in the Al-Quran Al-falah Islamic boarding school. (2) to find out the implementation of gambus extracurricular in the Al-Quran Al-falah Islamic boarding school. (3) to find out the student know and live with the values of Islam through the gambus estracurriculer.
The type of research used is qualitative research. The method of data collection is done by observation, interviews, and documentation. Data analysis was done by reducing the data that was successfully collected and then presented in narrative form, and the results were taken to conclusions.
The results of research showed: (1) The Purpose of Gambus extracurricular in Al Falah Qur’anic Boarding School were quite optimal and had goals that had a positive impact on the students. This is evidenced by the results of research that the Gambus extracurricular program aimed at channeling interests, talents and developing the potential of students who are love to Gambus and the school facilitating some tools and basecamp for students who want to learn Gambus. (2) The Gambus extracurricular implementation in Al-Falah Qur’anic Boarding School is quite optimal, this is evidenced by programmed activities, including: Efforts to foster students’ life skills in Al-Falah Qur’anic Boarding School. Furthermore, as efforts in creating professional students in their worships, that: Skill education through Gambus extracurricular activities aims to ensure that students will have abilities and talents after graduation. (3) Diving the values of Islam through Gambus in the Al Falah Qur’anic Boarding School is quite optimal, this is evidenced by the organizing of Gambus in Al Falah Qur’anic Boarding School, then pronounced and internalized from every verse that is learned. Because of the contents of each poem there are messages about madah (praise to the prophet), praying contents, and poetry of mahabbah (love).
مستخلص البحث:
الموسقى العربية هي الفنية الدينية التي تستخدم لوصائل التربية و الدعوة, إذ فيها نتائج الاسلامية كقصيدة الغنائية والاستعرادية. تلك عناصر تكون استعرادا وفى أحيان تكون وصائل الدعوة. الفن الغمبوسى مقبولة لانها كون من الفن الجنة التى تلمس بها القلوب بقصيدتها الرائعة. الموسقى العربية تكون وصائل إيضة لمعرفة الله, ليزداد ايمان الناس.
وإن من بيان ذالك قدم الكاتب مشكلات البحث فيما تالى : 1) ما أهداف الأنشطة الموسقى العربية بمعهد القران الفلاح؟, 2) كيف تنفيذ الأنشطة الموسقى العربية فى معهد القران الفلاح؟, 3) كيف ينشطوا بها الطلاب نتائج الأسلامية بالموسقى العربية ؟
هذا البحث على نوع التجريبي بمنهج الوصفى النوعى. ويليه استخدم هذا البحث الملاحظات والمقابلات والوثائق كطرق جمع البيانات. والتحليل حد البيانات كطرق تحليل البيانات.
وأما نتائج هذا البحث كما الاتية : (1) أنّ الأهداف من الأنشطة الموسقى العربية فى معهد القران الفلاح قد تكون جيدة و تعطيها الطلاب الآثار اللإيجابي. دلّ على ذلك هذه الأنشطة تهدف على التسهيل المواهب و الاهتمامات الطلاب فى هذه الأنشطة. (2) أنّ التنفيذ الأنشطة الموسقى العربية فى معهد القران الفلاح قد تكون جيدة. دلّ على ذلك هذه الأنشطة تنفذ على الجهود المبذولة لتعزيز المهارات الحياتية. (3) النشاط على نتائج الإسلامية بالموسقى العربية بمعهد القران الفلاح وتكون جيدة, دلّ على ذلك تنصر هذه الأنشطة رسالة الدينية منها : قصيدة المادة, وقصيدة المناجة, وقصيدة المحبة.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Fitriah, Nurlaeli | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Musik Gambus; Pendidikan Karakter Gambus Music; Islamic education الموسقى العربية; التربية الإسلامية | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Purdiono Purdiono | ||||||
Date Deposited: | 12 Nov 2020 09:41 | ||||||
Last Modified: | 12 Nov 2020 09:41 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/22469 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |