Rizkya, Rista Anifathur (2020) Implementasi manajemen kelas dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran Kelas 4 di MI Bahrul Ulum Bumiaji. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
16170070.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Manajemen kelas sangat penting dalam proses pembelajaran, diperlukan berbagai perencanaan dan startegi untuk bisa mencapai tujuan yang diharapkan. Dalam penelitian ini akan mengenai (1) Bagaiaman Implementasi manajemen kelas dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran, (2) bagiaman strategi yang digunakan dalam melakukan implementasi manajemen kelas. Dimana pemeran utama dalam pelaksanaan ini adalah seorang guru kelas itu sendiri, yang mampu memahami karakter siswa hingga cara untuk interaksi yang baik dengan siswa supaya tercipta suasana pembelajaran yang kondusif, namun juga ditunjang dengan guru yang kompeten dan berkualitas agar mampu menciptakaan pengelolaan kelas dengan efektif dan efisien.
Jenis penelitian ini adalah metode deskriptif, dimana peneliti akan mendeskripsikan peristiwa-peristiwa yang ada yang masih terjadi saat sekarang atau waktu yang lalu. Penelitian ini dilakukan di MI Bahrul Ulum Bumiaji dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, dan menggunakan jenis penelitian dengan metode deskriptif dimana peneliti akan akan menuturkan pemecahan masalah yang ada sekarang. Penelitian dilakukan dkurang lebih 2 bulan lamanya, namun karena terhalang oleh pandemi covid-19 yang untuk sementara meliburkan seluruh kegiatan pendidikan formal, maka disini peneliti mengalami hambatantidak dapat melakukan observasi secara maksimal dengan melakukan pengamatan secara langsung ke lapangan.
Salah satu tujuan dari diadakanya penelitian ini adaah untuk berbagi ilmu kepada guru betapa pentingnya melakukan manajemen kelas untuk efektivitas pembelajaran yang lebih baik, perencanaan-perencanaan yang harus dilakukan dalam manajemen kelas mulai dari merancang silabus, kemudian pembuatan program tahunan, program semester, hingga rancangan pembelajaran pembelajaran yang menjadi pedoman seorang guru untuk kegiatan belajar mengajar.
Manajemen kelas di MI Bahrul Ulum Bumiaji sudah melakukan implmentasi dengan cukup baik, merencanakan pembelajarn sesuai dengan apa yang diinginkan dan dirancang oleh guru. hal ini akan mempermudah guru serta siswa untuk belajar dan mengajar.
ENGLISH:
Class management is very important in the learning process, various planning and strategies are needed to be able to achieve the expected goals. In this research will be about (1) How the implementation of classroom management in improving the effectiveness of learning, (2) how the strategies used in implementing classroom management. Where the main actor in this implementation is a class teacher himself, who is able to understand the character of students to ways for good interaction with students to create a conducive learning atmosphere, but also supported by competent and qualified teachers to be able to create effective and effective classroom management efficient.
This type of research is a descriptive method, in which the researcher will describe the events that still occur now or in the past. This research was conducted at MI Bahrul Ulum Bumiaji using qualitative research methods, and using this type of research with descriptive methods where researchers will tell the current problem solving. The study was conducted for less than 2 months, but because it was obstructed by the covid-19 pandemic which temporarily closed all formal education activities, so here researchers experienced obstacles unable to make maximum observations by making observations directly to the field.
One of the objectives of this research is to share knowledge with teachers how important it is to do classroom management for better learning effectiveness, plans that must be done in class management starting from designing a syllabus, then making annual programs, semester programs, to learning designs learning that guides a teacher for teaching and learning activities.
Class management at MI Bahrul Ulum Bumiaji has implemented quite well, planned learning in accordance with what is desired and designed by the teacher. this will make it easier for teachers and students to learn and teach.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Tharaba, M. Fahim | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Imlementasi Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran; Classroom Management Implications in Increasing Learning Effectiveness | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam | ||||||
Depositing User: | Rista Anifathur Rizkya | ||||||
Date Deposited: | 18 Sep 2020 11:02 | ||||||
Last Modified: | 18 Sep 2020 11:02 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/22167 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |