Megasari, Dyah Ayu (2012) Aplikasi manajemen rasiko pemberian kredit usaha rakyat pada PT. BRI (Persero) Tbk Kantor Cabang Kediri. Other thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Introduction)
08510093_Pendahuluan.pdf Download (592kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Indonesia)
08510093_Indonesia.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: English)
08510093_Inggris.pdf Download (138kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract: Arabic)
08510093_Arab.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 1)
08510093_Bab_1.pdf Download (358kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 2)
08510093_Bab_2.pdf Download (539kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 3)
08510093_Bab_3.pdf Download (244kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 4)
08510093_Bab_4.pdf Download (515kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 5)
08510093_Bab_5.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text (References)
08510093_Daftar_Pustaka.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text (Appendices)
08510093_Lampiran.pdf Download (148kB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Manajemen Risiko sangat penting bagi lembaga keuangan yang terkait untuk mengantisipasi risiko mulai dari penyaluran kredit sampai dengan pelunasan. Sehingga apabila manajemen dilakukan dengan maksimal maka risiko-risiko yang kemungkinan akan terjadi dapat dihindarkan. Dalam prakteknya, BRI Kantor Cabang Kediri menerapkan prinsip 5C dalam menganalisis kredit dalam penyaluran Kredit Usaha Rakyat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) risiko yang dihadapi BRI dalam menyalurkan Kredit Usaha Rakyat,2) aplikasi manajemen risiko yang dilakukan BRI dalam menyalurkan Kredit Usaha Rakyat, 3) cara BRI menangani risiko pemberian Kredit Usaha Rakyat.
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Dalam hal ini peneliti mendeskripsikan aplikasi manajemen risiko Kredit Usaha Rakyat. Oleh karena itu, peneliti melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian menganalisisnya dengan reduksi data, penyajian data dan pembuatan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Risiko-risiko yang dihadapi BRI Kantor Cabang Kediri berupa kecurangan nasabah, kebangkrutan nasabah yang dikarenakan oleh faktor eksternal yang disebabkan oleh karakter debitur, laju perekonomian debitur, kualitas SDM dan faktor internal yaitu kesalahan pihak bank. 2) Dalam aplikasi manajemen risiko pada BRI Kantor Cabang Kediri penyaluran terbesar adalah pada sektor perdagangan. Dalam pemetaan risiko sektor perdagangan merupakan risiko yang terjadi secara rutin karena berada pada kuadran III dengan solusi risiko ditahan. 3) penanganan BRI Kantor Cabang Kediri apabila terjadi kredit bermasalah atau debitur tidak dapat membayar kewajibannya dapat diselesaikan dengan cara restrukturisasi kredit yaitu menata ulang kredit debitur selama usaha d ebitur tersebut masih berjalan dengan cara menurunkan tingkat suku bunga atau memperpanjang jangka waktu peminjaman. Namun masih terjadi tunggakan maka bank akan mengeluarkan surat peringatan pertama sampai dengan ketiga. Apabila surat peringatan ketiga debitur tetap tidak bisa membayar kewajibannya maka bank akan melelang agunan debitur sebelum kemudian debitur diblacklist.
ENGLISH:
Risk management is critical for financial institutions to anticipate risks from lending to the settlement. Therefore, if risk management is committed maximally risks that are likely to occur can be avoided. BRI Branch of Kediri Office. In the practice, applies 5C principles in analyzing the distribution of Kredit Usaha Rakyat(KUR). This study aims to describe 1) the risks faced by BRI in distributing KUR, 2) the application of risk management applied BRI Branch Office Kediri, 3) the method of BRI in managing the risks of KUR.
This qualitative research uses a descriptive approach. In this case the researcher describes the application of the KUR risk management by conducting observations, interviews, documentation, and then analyze the data reduction, data presentation and making conclusions.
The research results show that 1) the risks faces by BRI of Kediri Branch Office are in the forms of custumers fraund, customers bankruptcy which are caused by external factors from fault. 2) in the risk management application, the largest sector in the distribution of KUR in BRI of Kediri Branch Office is in the trading sector. In the mapping, the risk of trading sector is the risk that accurs regularly because it is on a risk quadrant III. The solution is to be det ained. 3) the management of BRI Branch Office of the troubled credits occur or the debtors credits as long as the debtors business still run. It is through reducing interest rate or extending time loaning. However, if the arrears still occurs, the bank will issue warning letters one to three. If over the third warning letter the debtor is not able to pay his/her obligation, the bank will auction the debtor’s collateral at first before listing him/her on the blacklist.
Item Type: | Thesis (Other) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sucipto, Agus | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Risk Management; KUR; the principle of 5C; Manajemen Risiko; Kredit Usaha Rakyat (KUR); prinsip 5C; | ||||||
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150205 Investment and Risk Management | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Location: | 150205 | ||||||
Depositing User: | Annas Al-haq | ||||||
Date Deposited: | 28 Sep 2015 12:47 | ||||||
Last Modified: | 28 Sep 2015 12:47 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/2202 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |